Bahasa Indonesia | English

Profil Singkat

Image

Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPPTIK) adalah sebuah Unit Pelaksana Teknis (UPT) di lingkungan Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Balitbang SDM) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia, yang mempunyai tugas melaksanakan pelatihan (vocational training), uji kompetensi dan sertifikasi, serta pelayanan produk jasa di bidang keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Paragraf kedua

Paragraf ketiga


Tentang BPPTIK
13.05 KB | 18 downloads
Download

Booklet BPPTIK
13.05 KB | 11 downloads
Download

Sejarah

2019

LSP BPPTIK RESMI MENERIMA LISENSI DARI BNSP

Setelah berhasil melewati proses...

2022

Terbentuknya BPPTIK

Terbentuknya BPPTIK pada awalnya adalah karena...

2022

Divisi Baru

Terbentuknya Divisi Baru pada awalnya adalah karena...

Tugas dan Fungsi

Berdasarkan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 4 Tahun 2018 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Tugas dan Fungsi BPPTIK adalah sebagai berikut: Tugas BPPTIK mempunyai tugas melaksanakan pelatihan, uji kompetensi, sertifikasi dan akreditasi lembaga pelatihan pemerintah, serta pelayanan produk jasa di bidang teknologi Informasi dan Komunikasi. Fungsi Dalam melaksanakan tugas, BPPTIK menyelenggarakan fungsi: Penyusunan rencana, program, anggaran, kerja sama, pemasaran, pengolahan data dan informasi, evaluasi, pengawasan dan penjamin mutu serta pelaporan dibidang pelatihan, uji kompetensi, sertifikasi dan akreditasi lembaga pelatihan pemerintah, serta pelayanan produk jasa teknologi informasi dan komunikasi; Penyiapan pelaksanaan pelayanan produk jasa bidang teknologi informasi dan komunikasi; Penyiapan penyusunan dan pengembangan bahan kurikulum, standar, sistem, metode, perencanaan tenaga pengajar dan asesor, pelaksanaan pelatihan kerja, uji kompetensi dan sertifikasi masyarakat bidang teknologi informasi dan komunikasi; Penyiapan penyusunan dan pengembangan bahan kurikulum, standar, sistem, metode, perencanaan tenaga pengajar dan asesor, pelaksanaan pelatihan teknis, uji kompetensi dan sertifikasi aparatur, serta akreditasi lembaga pelatihan teknis bidang teknologi informasi dan komunikasi; dan Pelaksanaan urusan tata usaha, kepegawaian, keuangan, perlengkapan dan rumah tangga, dokumentasi dan perpustakaan. Diklat Teknis Bidang TIK dan Akreditasi Lembaga Diklat Teknis Bidang TIK Selanjutnya, berdasarkan SK Kepala LAN Nomor 489/K.1/PDP.10.4, Balitbang SDM Kementerian Kominfo diberikan status Akreditasi sebagai Instansi Pengakreditasi Lembaga Diklat Teknis di Bidang TIK. Dengan akreditasi tersebut, maka BPPTIK yang berada di bawah Balitbang SDM Kementerian Kominfo memiliki kewenangan menyelenggarakan Diklat Teknis di Bidang TIK untuk ASN di seluruh Indonesia, dan memiliki kewenangan untuk memberikan dan mencabut Akreditasi Lembaga Diklat di seluruh Indonesia yang menyelenggarakan Diklat Teknis di bidang TIK.



Struktur Organisasi

Berdasarkan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 4 Tahun 2018 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPPTIK).

Prestasi

Tanggal Posisi Nama Penghargaan Ruang Lingkup Penyelenggara Nama Staff
2022-09-12 Olimpiade Matematika Juara 1 Tingkat Nasional Nasional Olimpiade Sains Indonesia Beduls
2019-07-26 Juara ke - 3 Kompetisi Keterampilan Instruktur Nasional (KKIN) VII Tingkat Regional Jawa Barat Tahun 2019, Bidang Solusi Perangkat Lunak Teknologi informasi untuk Bisnis (IT Software Solution for Business) Provinsi Jawa Barat Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Muhammad Lutfi Sulthon A.S.

Web BPPTIK

Website BPPTIK merupakan media online yang dikelola oleh BPPTIK Kementerian Kominfo dengan Tujuan dan Susunan Redaksi sebagai berikut: Tujuan Menyebarluaskan informasi publik yang terkait dengan pelayanan publik yang diselenggarakan oleh BPPTIK. Mempromosikan pelayanan publik yang diselenggarakan oleh BPPTIK. Mendukung penyelenggaraan pelayanan publik oleh BPPTIK. Mempublikasikan artikel bermanfaat yang terkait dengan bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Redaksi Penanggung Jawab: Dr. Nusirwan Redaktur: Hendratno, MTI. Editor: Hary Yudhanto, SKom. Luhur Pidekso Arif, MEng Web Admin: Maulia Jayantina Islami, MT. Pembuat Artikel: Andry Rivan Sumara, MSi. Dea Rachman, MSc. Dyah Puspito Dewi Widowati, MKom. Eddo Fajar Nugroho, MT. Fourida Masruroh, AMd. (Sumber: SK KPA BPPTIK Nomor 09/KOMINFO/BPPTIK.32/KEP/II/2017 tentang Pembentukan Tim Pengelola dan Pengembangan Website BPPTIK Tahun Anggaran 2017)