Bahasa Indonesia | English

Menyambut Tahun 2024, Teknologi ini yang akan Tren dan Perlu Dipersiapkan oleh Semua Orang

27 December 2023 3830


BPPTIK - Menjelang tahun 2024, transformasi digital tidak hanya menjadi suatu kebutuhan, tetapi juga suatu kenyataan yang tidak dapat dihindari. Transformasi digital adalah proses yang berkelanjutan dan tren terobosan. Tahun 2023 merupakan tahun inovasi yang luar biasa dan mengubah dunia kita dengan berbagai cara yang menarik.

Kecerdasan mesin, tipisnya batasan antara dunia maya dan dunia nyata, serta evolusi internet berdampak besar pada kehidupan kita. Namun, yang paling penting adalah mencari cara untuk meminimalkan kerusakan yang kita lakukan terhadap lingkungan.

Berikut ini tren-tren transformasi dan prediksi tentang dampaknya kepada masyarakat, kehidupan dan planet ini :

Generatif AI – Everyday Automation

Pada tahun 2023, AI generatif menjadi popular, dan pada tahun 2024 nanti dunia akan menyadari betapa kuat dan bermanfaatnya teknologi tersebut dalam kehidupan kita. Saat ini, bila kamu bukan ahli teknologi, istilah kecerdasan buatan (AI) mungkin untuk beberapa orang menimbulkan keresahan. Mereka khawatir teknologi ini dapat mengganti pekerjaan mereka, apalagi sudah semakin banyak aplikasi sehari-hari kita terintegrasi dengan AI generatif mulai dari website mesin pencari, perangkat lunak perkantoran, alat desain, dan platform komunikasi. Orang-orang akan mulai sadar akan potensi kegunaannya. Jika AI digunakan dengan benar, kita seperti memiliki asisten pribadi pintar yang siap sedia 24 jam membantu membuat pekerjaan menjadi lebih efisien, cepat dan produktif. Yang paling penting, dengan memberikan pekerjaan sehari-hari kita kepada AI, kita akan mempunyai lebih banyak waktu untuk memanfaatkan keterampilan kita yang lain, menghabiskan lebih banyak waktu untuk berkreasi, mengeksplorasi ide-ide baru, atau berkomunikasi lebih intens dengan manusia daripada mesin pemrograman meskipun akan ada banyak tantangan mulai dari etika dan regulasi yang harus menyesuaikan. Pada tahun 2024, semua orang akan mulai memahami betapa bermanfaatnya AI generatif terhadap kehidupan kita.

Phygital Convergence

Dunia nyata dan digital semakin saling terkait. Teknologi seperti augmented reality (AR), virtual reality (VR), dan internet yang imersif meruntuhkan penghalang antara dunia nyata dan digital. Teknologi sebelumnya kita hadir sebagai avatar digital dalam lingkungan virtual kemudian berkembang kita bisa berkolaborasi secara jarak jauh melalui platform digital seperti Zoom, Teams, dan Slack kemudian tidak ketinggalan juga pengalaman bermain game terutaman game online dan e-sports menjadi lebih popular dari sebelumnya. Kita menggunakan aplikasi media sosial seperti Instagram dan TikTok untuk menciptakan ruang virtual tempat berbagi momen dari kehidupan nyata yang dibuat dan disaring untuk menciptakan kepribadian digital pada dunia virtual. Konsep ini juga terlihat dalam ide kembaran digital, yang mereplikasi objek, sistem, atau proses dunia nyata menggunakan data dari objek fisiknya. Pada tahun 2024, perbedaan antara dunia nyata dan dunia maya akan terlihat sangat sedikit sehingga dunia digital akan menjadi semakin realistis dan dunia nyata menjadi fleksibel dan mudah dibentuk seperti dunia digital.

Sustainable Technology

Teknologi berkelanjutan akan terus menjadi pusat perhatian pada tahun 2024, seiring dengan upaya negara dan perusahaan untuk memenuhi komitmen net-zero. Pada saat yang sama, individu akan semakin memanfaatkan teknologi untuk meminimalkan dampak pribadi mereka terhadap lingkungan. Teknologi berkelanjutan mencakup cara-cara yang lebih ramah lingkungan dalam melakukan hal-hal yang sudah kita lakukan – seperti mobil listrik, sepeda, dan angkutan umum yang akan terus meningkatkan pangsa pasarnya pada tahun 2024.

Ekonomi sirkular akan menjadi konsep yang semakin penting karena ketahanan, kemampuan daur ulang, dan penggunaan kembali sudah tertanam langsung dalam produk pada tahap desain. dunia teknologi akan semakin merangkul ide-ide seperti komputasi awan ramah lingkungan (green cloud computing), dimana infrastruktur dan layanan memprioritaskan pengurangan konsumsi energi dan emisi karbon.

Cyber Resilience

Menghadapi ancaman siber yang semakin meningkat, ketahanan siber menjadi pusat perhatian. Ini mencakup langkah-langkah untuk pemulihan dan kelangsungan bisnis selain aspek keamanan siber. Protokol kerja jarak jauh, otomatisasi melalui kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin dalam pertahanan siber, kerangka kerja yang menggabungkan langkah-langkah keamanan dengan protokol kelangsungan, serta kesadaran akan serangan rekayasa sosial akan menjadi sangat penting. Seiring dengan semakin canggihnya serangan siber, ketahanan siber akan menjadi tren yang semakin menonjol pada tahun 2024, memengaruhi teknologi bisnis dan konsumen.

Quantum Computing

Ada antusiasme yang meningkat seputar komputasi kuantum, tahun 2024 akan menjadi waktu di mana manfaat nyata dari teknologi ini mulai terwujud. Komputer kuantum mampu melakukan sejumlah besar perhitungan secara bersamaan dengan memanfaatkan prinsip-prinsip fisika kuantum, seperti entanglement dan superposisi kuantum. Hal ini memungkinkan penggunaan kubit kuantum yang dapat berada dalam beberapa keadaan secara bersamaan, bukan hanya keadaan 1 atau 0 seperti bit komputer tradisional. Pihak-pihak awal yang berinvestasi dalam teknologi kuantum termasuk bank dan lembaga keuangan yang berharap dapat meningkatkan kekuatan sistem kecerdasan buatan yang telah dikembangkan dalam beberapa tahun terakhir untuk deteksi penipuan, manajemen risiko, dan perdagangan berfrekuensi tinggi. Komputasi kuantum tidak mempercepat setiap pekerjaan yang melibatkan komputer, tetapi pada tahun 2024, kita akan mulai melihat manfaatnya saat diterapkan dalam berbagai bidang yang memerlukan perhitungan intensif, seperti penemuan obat, sekuensing genom, kriptografi, meteorologi, ilmu material, optimisasi sistem kompleks seperti arus lalu lintas di kota besar, dan bahkan pencarian kehidupan di luar bumi. Semua bidang ini memiliki potensi besar.

(bpptik/Anf/Ah)

Sumber : https://www.forbes.com/sites/bernardmarr/2023/09/11/the-top-5-tech-trends-in-2024-everyone-must-be-ready-for/?sh=3ce21ef09a6b