Bahasa Indonesia | English

Adobe Hentikan Flash Professional dan Luncurkan Animate CC

06 October 2022 2385


Adobe telah mengumumkan masa berakhirnya software Flash Professional dan meluncurkan Animate CC, sebuah “tool animasi web untuk mengembangkan konten HTML5” sebagai penggantinya.

Pada tulisan dalam blog Welcome Adobe Animate CC, a new era for Flash Professional, Senior Manajer Marketing Produk Adobe, Rich Lee, menyebutkan “Karena kemunculan HTML5 dan permintaan animasi yang mempengaruhi web sekarang ini, kami telah membuat ulang tool selama beberapa tahun, agar dapat mendukung HTML5 Canvas dan WebGL”. Lee juga menyatakan bahwa Adobe’s Animate CC akan tetap mengutamakan dukungan untuk file dalam format Flash (SWF) dan AIR.

Beberapa keunggulan Adobe Animate CC antara lain:

Multiplatform support : HTML5 Canvas, WebGL, Flash (SWF), AIR, video, dan custom platforms (seperti SVG) melalui ekstensi.

4K+ video export : Ekspor video dengan resolusi untuk tampilan Ultra HD dan Hi-DPI terkini.

Custom resolution export : Revitalisasi konten lama dengan penyesuaian untuk segala resolusi, seperti Ultra HD dan Hi-DPI.

Kebijakan Adobe untuk tetap mengakomodasi Flash menegaskan bahwa perusahaan tersebut meyakini Flash sangat cocok untuk pasar game, video dan teknologi berbasis standar, seperti HTML5 dan CSS3. Adobe juga berniat untuk terus bekerja untuk memastikan bahwa konten Flash dapat ditampilkan pada lebih banyak sistem operasi.

Masa depan Flash sempat diragukan pada awal tahun 2015 ini, ketika Mark Schmidt, salah satu pimpinan Firefox, mengumumkan bahwa “seluruh versi Flash telah diblok by default” menyusul pengumuman dari Adobe mengenai dua kerentanan kritis di plug-in Flash pada browser. Dalam minggu yang sama, Alex Stamos, pimpinan keamanan Facebook, menulis kicauannya yang berbunyi, “saatnya Adobe mengumumkan tanggal kematian Flash”.

Peluncuran Animate CC telah menjawab antusiasme dari komunitas developer, dengan banyak pengakuan bahwa Flash masih dapat diandalkan untuk membuat animasi.

Adobe juga akan segera merilis HTML5 video player untuk desktop browser, melengkapi dukungannya untuk HTML5 on mobile. (bpptik/fm/rie/hdn)

Sumber: infoq.com