Bahasa Indonesia | English

Sejarah Komputer Pribadi Pertama

Teknologi 06 October 2022 5043


Komputer pribadi pertama di dunia Altair 8800 berbentuk kit yang harus dirakit sendiri, dan dibuat oleh perusahaan bernama MITS dipimpin oleh Henry Edward Roberts. Robert ingin membuat computer berbasis Intel 8080 dan prototype pertama telah siap pada bulan Oktober 1974. Pada saat itu telah banyak komputer berbasis Intel 8008, tetapi tidak cukup kuat untuk menjalankan program tingkat tinggi seperti BASIC. Altair 8800 memiliki performa yang cukup kuat dan didesain dengan sistem yang dapat dikembangkan yang memungkinkan semua aplikasi untuk digunakan.

Pada bulan Januari 1975, dua orang mahasiswa Universitas Harvard bernama Bill Gates dan Paul Allen tertarik untuk menulis bahasa pemrograman BASIC untuk Altair 8800. Awalnya proses pemrograman Altair adalah proses yang sangat melelahkan, karena tidak adanya keyboard. Pengguna harus mengaktifkan switch untuk menyesuaikan instruksi 8080 mikroprosesor atau opcode dalam biner, kemudian menggunakan tombol enter untuk beralih memuat kode ke memori mesin, dan kemudian mengulangi langkah ini sampai semua opcodes lengkap.

Pada saat pertama kali dijalankan, Altair 8800 memunculkan pesan Altair Basic tapi kemudian crash. Program pertama yang diketik adalah “10 print 2+2” dan setelah mengetik “run” muncul jawaban yang benar “4”. Allan mendapat tawaran sebagai director of software sedangkan Bill Gates bekerja paruh waktu di MITS setelah dia selesai kuliah. Keduanya, kemudian berhenti dari MITS dan mendirikan perusahaan sendiri bernama Microsoft. (BPPTIK/555)

Sumber : americanhistory.si.du