Bahasa Indonesia | English

Pembukaan Kegiatan Pelatihan Thematic Academy (TA) Bagi Guru dan Tenaga Kependidikan Gelombang ke-3 Secara Online Tahun 2023

Nasional 28 March 2023 535


BPPTIK - Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPPTIK) menyelenggarakan “Pelatihan Thematic Academy (TA) bagi Guru dan Tenaga Kependidikan Gelombang ke-3 Secara Online Tahun 2023” dengan tema Aplikasi Perkantoran dan Desain Grafis secara daring/online. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 27 Maret – 3 April 2023.

Pembukaan diawali dengan laporan panitia penyelenggara, Luhur Pidekso Arif. Jumlah peserta yang mengikuti pelatihan ini adalah sebanyak 422 orang yang merupakan Guru dan Tenaga Kependidikan. Jumlah tenaga pengajar berjumlah 9 orang, yang berasal dari Politeknik Negeri Jakarta dan Universitas Pamulang. Pembukaan turut dihadiri oleh Kepala Badan Litbang SDM Kominfo,  para tenaga pengajar, serta para peserta pelatihan.

Laporan Ketua Panitia oleh Luhur Pidekso Arif

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kepala Badan Litbang SDM Kominfo, Hary Budiarto, pada hari Senin, 27 Maret 2023. Dalam pemaparannya, beliau menyampaikan bahwa program Thematic Academy (TA) bertujuan untuk menciptakan tenaga kerja terampil di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan daya saing bangsa di era industry 4.0 seperti saat ini. Pada pelaksanaannya, Kementerian Kominfo melibatkan beberapa pihak terkait mulai dari akademisi, industri, hingga beberapa komunitas sesuai masing-masing tema, termasuk dari kalangan Guru dan Tenaga Kependidikan.

Keberhasilan proses pembelajaran tidak terlepas dari keberadaan seorang guru dalam melakukan pengajaran. Indikatornya adalah persentase guru yang memenuhi kualifikasi sesuai dengan standar nasional menurut jenjang pendidikan. Indikator ini memberikan informasi terkait kualitas guru serta memantau upaya peningkatan kualitas guru yang telah diatur baik di tingkat pusat maupun daerah. Berdasarkan Statistik Pendidikan BPS Tahun 2022, jumlah Guru dari jenjang SD s.d. SMA/SMK sebanyak 2.946.611 orang. Untuk menunjang pengajaran yang dilakukan oleh para guru tersebut, diperlukan keterampilan TIK, khususnya tema Aplikasi Perkantoran dan Desain Grafis bagi Guru dan Tenaga Kependidikan, yang dilaksanakan pada Program Thematic Academy ini.

(bpptik/zai/lpa)