Bahasa Indonesia | English

Pembukaan Kegiatan Pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) Tema Pemasaran Digital Dasar (PDD) Batch 5 Secara Online Tahun 2023

Nasional 28 March 2023 317


BPPTIK - Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPPTIK) menyelenggarakan pelatihan “Digital Entrepreneurship Academy (DEA) Tahun 2023” dengan tema Pemasaran Digital Dasar (PDD) Batch 5 Secara Online. Kegiatan Pelatihan dilaksanakan pada tanggal 10 – 13 April 2023 dan Pendampingan pada tanggal 14 April – 4 Mei 2023.

Pembukaan diawali dengan laporan panitia penyelenggara, Nusirwan. Jumlah peserta yang mengikuti pelatihan ini sebanyak 62 orang, yang merupakan pelaku UMKM di daerah Jawa Barat, DKI Jakarta dan Banten. Jumlah tenaga pengajar berjumlah 2 orang, yang berasal dari Universitas Pendidikan Indonesia Bandung. Pembukaan turut dihadiri oleh Kepala Puslitbang APTIKA-IKP Kominfo,  para tenaga pengajar, serta para peserta pelatihan.

Laporan Ketua Panitia oleh Kepala BPPTIK, Nusirwan

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kepala Puslitbang APTIKA-IKP Kominfo, Said Mirza Pahlevi, pada hari Senin, 10 April 2023. Dalam pemaparannya, beliau menyampaikan, dalam rangka mewujudkan transformasi digital di Indonesia, Pemerintah telah menyusun Peta Jalan Indonesia Digital tahun 2021 sampai dengan 2024, mengenai Kerangka Pelaksana Transformasi Digital Nasional. Terdapat 4 (empat) sektor strategis pada Kerangka Pelaksana Transformasi Digital Nasional, yaitu Infrastruktur Digital, Pemerintahan Digital, Ekonomi Digital, dan Masyarakat Digital. Untuk mewujudkan Masyarakat Digital, Badan Litbang SDM Kominfo melaksanakan program Digital Talent Scholarship, untuk mempersiapkan seluruh elemen masyarakat dalam transformasi digital di Indonesia.

Pada saat ini, pemanfaatan ruang digital atau digital ecosystem, memiliki keterkaitan yang erat antara infrastruktur digital (digital infrastructure), SDM digital (digital society), dan ekonomi digital (digital economy). Pemanfaatan digital ecosystem ini merupakan keharusan, agar kita sanggup bersaing di era revolusi industri 4.0. Pemanfaatan ruang digital secara optimal, perlu dilakukan oleh para talenta digital yang memiliki berbagai macam keahlian dan kompetensi, khususnya di bidang-bidang teknologi informasi dan komunikasi.