Bahasa Indonesia | English

BPPTIK Menyelenggarakan Pelatihan Associate Data Engineer bagi Calon Asesor dan Calon Pengajar secara Offline Tahun 2022

Nasional 02 January 2023 202



BPPTIK – Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPPTIK) menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Associate Data Engineer bagi Calon Asesor dan Calon Pengajar secara Offline Tahun 2022.

Kegiatan Pelatihan Associate Data Engineer secara Offline diselenggarakan pada tanggal 19 – 23 Desember 2022. Kegiatan dilaksanakan secara langsung melalui tatap muka di Atanaya Hotel - Kuta, Bali dengan peserta berjumlah 15 orang. Para peserta berasal dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) dan Mitra Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo. Pelatihan dilaksanakan selama 40 JP dengan pengajar berasal dari Ikatan Ahli Informatika Indonesia (IAII), Hariyono Kasiman, S.T.


Laporan ketua panitia oleh Kepala Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPPTIK), Dr. Nusirwan, S. Ag., M. Si.


Pembukaan diawali dengan laporan ketua panitia oleh Kepala Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPPTIK), Dr. Nusirwan, S. Ag., M. Si. Dalam laporannya, Kepala BPPTIK menyampaikan tujuan kegiatan ini adalah pemenuhan kebutuhan pengajar dan calon asesor Pelatihan dan Sertifikasi Teknis bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi bagi ASN Tahun 2022 di BPPTIK Kominfo.  


Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kepala Badan Litbang SDM Kominfo, Dr. Eng. Hary Budiarto M. Kom.  

Kemudian, kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Badan Litbang SDM Kominfo, Dr. Eng. Hary Budiarto, M.Kom. melalui video conference pada hari Senin tanggal 19 Desember 2022. Pembukaan turut dihadiri oleh Kepala BPPTIK Kementerian Kominfo, para Sub Koordinator di Lingkungan BPPTIK Kominfo, dan tenaga pengajar. Dalam pemaparannya, beliau menyampaikan untuk menjadi seorang Asesor yang terpenting adalah integritas karena memiliki tanggung jawab secara vertical maupun horizontal. 


Suasana Pelatihan Associate Data Engineer

Peserta yang lulus pelatihan akan mendapatkan Surat Tanda Tamat Pelatihan (STTP) yang teregistrasi oleh Lembaga Administrasi Negara (LAN) dan direncanakan menjadi asesor di LSP BPPTIK dan tenaga pengajar di lingkungan BPPTIK pada tahun 2023.  (bpptik/nfm/ars)