Bahasa Indonesia | English

Network Administrator Tingkat Dasar (Tahun 2020)

06 December 2019 235


INFORMASI KEGIATAN
PELATIHAN NETWORK ADMINISTRATION
TINGKAT DASAR ANGKATAN I TAHUN 2020
(Kode: KEG-2020-001)

 

10 – 15 FEBRUARI 2020
DI BPPTIK KEMENTERIAN KOMINFO

 

 

Status:
Terakreditasi Lembaga Administrasi Negara (LAN)
Berdasarkan SK Kepala LAN Nomor 489/K.1/PDP.10.4

 

 

BALAI PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA
KEMENTERIAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA RI

Jl. Sekolah Hijau Kav. 2 Jababeka, Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat 17530
2020

 

 

1.         

Nama Kegiatan

:

Pelatihan Network Administration Tingkat Dasar Angkatan I Tahun 2020

2.         

Kode Kegiatan

:

KEG-2020-001

3.         

Tanggal

:

10 -15 Februari 2020

4.         

Status

:

Terakreditasi Lembaga Administrasi Negara (LAN)

Berdasarkan SK Kepala LAN Nomor 489/K.1/PDP.10.4

5.         

Nama Program Pelatihan

:

Network Administration Tingkat Dasar

6.         

Kode Program Pelatihan

:

P-2017-011

7.         

Jenis Pelatihan Teknis

:

Pelatihan Teknis Pengelola

8.         

Jenjang Pelatihan Teknis

:

Pelaksana

9.         

Jenjang KKNI

:

Tidak ada

10.     

Sub Bidang Pelatihan / Area Fungsi

:

Jaringan dan Infrastruktur

11.     

Standar Kompetensi Acuan

:

1.      Standar Khusus

12.     

Pengemasan

:

Klaster

13.     

Tujuan Pelatihan

:

Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta dapat meningkatkan kompetensi tingkat dasar dalam mengadministrasikan jaringan secara profesional.

14.     

Sasaran Pelatihan

:

Terwujudnya SDM yang memiliki kompetensi teknis tingkat dasar dalam mengadministrasikan jaringan.

15.     

Unit Kompetensi yang ditempuh

:

1.      Menggunakan Personal Komputer dan Aplikasi

2.      Menggunakan Sistem Operasi

3.      Mengelola Koneksi Jaringan

4.      Menggunakan ISP untuk Koneksi ke Internet

5.      Mengelola Pengalamatan Jaringan

6.      Menggunakan Layanan Jaringan

7.      Mengaplikasikan Teknologi Nirkabel

8.      Menerapkan Dasar Keamanan Jaringan

9.      Mengelola Troubleshooting Jaringan

16.     

Perkiraan Waktu Pelatihan

:

40 Jam Pelatihan (6 hari)

17.     

Lokasi

:

BPPTIK Kementerian Kominfo, Jl. Sekolah Hijau No. 2 Jababeka, Cikarang, Kab Bekasi, Jawa Barat (https://bpptik.kominfo.go.id/lokasi/)

18.     

Ruang Kelas/Lab

:

107

19.     

Jumlah Peserta

:

30 orang

20.     

Penyelenggara

:

BPPTIK Kementerian Kominfo

21.     

Sumber Dana

:

PNBP

22.     

Pembiayaan

:

Biaya Pelatihan: Rp. 1.150.000,- / per orang

1.      Biaya Pelatihan, uang harian, biaya perjalanan dinas ditanggung oleh Instansi Pengirim.

2.      Biaya akomodasi dan konsumsi ditanggung oleh BPPTIK Kementerian Kominfo

23.     

Persyaratan Peserta Pelatihan

:

Persyaratan Khusus:

1.        Aparatur Sipil Negara (ASN).

2.        Pendidikan: Minimal lulusan SLTA sederajat

3.        Jenis Kelamin : Laki-Laki / Perempuan

4.        Usia: minimal 18 tahun

5.        Kesehatan :

a.      Sehat jasmani dan rohani

b.      Tidak buta warna

6.        Jenjang Jabatan : Minimal Pelaksana atau jenjang Fungsional yang sederajat, dan

7.        Mendapatkan surat penugasan dari atasan langsung

8.        Diutamakan :

a.      Pernah mengikuti pelatihan komputer,

b.      Dapat mengoperasikan komputer dan aplikasinya pada tingkat dasar

Persyaratan Umum (Administrasi):

1.        Pas foto berwarna berlatar belakang merah ukuran 4x6. Laki-Laki kemeja putih lengan panjang berdasi. Perempuan kemeja/blouse putih lengan panjang, jilbab warna putih (bagi yang memakai jilbab). Scan diunggah pada formulir pendaftaran, dan foto asli harus dibawa pada saat Pelatihan.

2.        Kartu Tanda Penduduk (KTP). Scan diunggah pada formulir pendaftaran dan aslinya harus dibawa pada saat pelatihan.

3.        Surat Izin Instansi (template dapat diunduh di sini: https://bpptik.kominfo.go.id/?wpdmdl=6574), diunggah pada formulir pendaftaran dan aslinya harus  dibawa pada saat pelatihan.

4.        Surat Keterangan Sehat dari dokter Rumah Sakit pemerintah atau puskesmas. Bagi perempuan tidak dalam keadaan hamil. Fotocopy/scan diunggah pada formulir pendaftaran dan aslinya harus dibawa pada saat Pelatihan.

5.        Bagi PNS: SK PNS/CPNS terakhir. Fotocopy/scan diunggah pada formulir pendaftaran.

6.        Bukti pembayaran Biaya Pelatihan (scannya dikirim melalui email bpptik@kominfo.go.id, dan aslinya dibawa pada saat Pelatihan)

7.        Surat Tugas asli dibawa pada saat Pelatihan.

24.     

Pendaftaran

:

1.        Tahap Pendaftaran: Pendaftaran hanya melalui formulir online (klik di sini: https://bpptik.kominfo.go.id/?p=6576), paling lambat tanggal: 13 Januari 2020 pukul 09.00 WIB.

2.        Tahap Pembayaran Biaya Pelatihan: 06/01/2020 s.d 03/02/2020.

3.        Tahap Pemanggilan Peserta: 04/02/2020 (dilakukan melalui surat/email dan situs web BPPTIK).

25.     

Sarana dan Prasarana

:

1.        Ruang Kelas/Laboratorium (1 orang 1 PC)

2.        OS Ubuntu / Windows

3.        Software Libre Office / Microsoft Office

4.        Software Thunderbird

5.        Software Antivirus free

6.        Software Packet Tracer

7.        Software Virtual Box

8.        Perangkat Crimmping

9.        Perangkat Access Point

10.    Kabel UTP

11.    RJ 45

12.    Switch

13.    Komputer Ujicoba

14.    Fluxe Tester

15.    Local Area Network (LAN)

16.    Akses Internet

17.    Learning Management System (LMS) / E-Learning

18.    Ruang Kantin

19.    Asrama Penginapan

20.    Ruang Perpustakaan

21.    Mushalla

22.    Area Parkir

23.    Klinik

26.     

Surat Keterangan Pelatihan

:

Peserta yang telah selesai mengikuti kegiatan pelatihan akan diberikan “Surat Keterangan Pelatihan” dengan ketentuan sbb:

1.        Surat Tanda Tamat Pelatihan (STTP), bagi peserta yang dinyatakan lulus Pelatihan.

2.        Surat Keterangan, bagi peserta yang dinyatakan tidak lulus Pelatihan.

27.     

Kontak Keluhan Sarpras

:

Melalui Aplikasi Pelaporan Infrastruktur (API) via intranet BPPTIK: http://192.168.100.10/api

28.     

Kontak Sekretariat

:

Kontak di hari kerja pukul 08.00 – 16.00 WIB

Telepon:

1.        021-28645000 (Aji Wirawan)

2.        021-28645055 (Rini Kurniawati)

3.        021-28645036 (Ramadhan Febri)

4.        021-28645060 (Naf’a Syarifa)

WA/SMS: 0811-1166-784 (BPPTIK Contact Center)

Email: bpptik [at] kominfo.go.id