Bahasa Indonesia | English

Multimedia 3D (Intermediate Animator)

06 December 2019 366


INFORMASI KEGIATAN

PELATIHAN IN TERMEDIATE ANIMATOR ANGKATAN  I TAHUN  2020

(Kode: KEG-2020-005)

 

 

24 – 29 FEBRUARI 2020

DI BPPTIK KEMENTERIAN KOMINFO

 

Status:

Terakreditasi Lembaga Administrasi Negara (LAN) Berdasarkan SK Kepala LAN Nomor 489/K.1/PDP.10.4

 

 

BALAI PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA

KEMENTERIAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA RI

 

Jl. Sekolah Hijau Kav. 2 Jababeka, Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat 17530 2019

 

1.         

Nama Program Pelatihan

:

Intermediate Animator

2.         

Kode Kegiatan

:

KEG-2020-005

3.         

Tanggal

:

24 – 29 Februari 2020

4.         

Status

:

Terakreditasi Lembaga Administrasi Negara (LAN) berdasarkan SK Kepala LAN Nomor 489/K.1/PDP.10.4

5.         

Nama Program Pelatihan

:

Intermediate Animator

6.         

Kode Program Pelatihan

:

P.2019.006

7.         

Jenis Pelatihan Teknis

:

Pelatihan Teknis Pengelola

8.         

Jenjang Pelatihan Teknis

:

Pengawas

9.         

Jenjang KKNI

:

4

10.     

Sub Bidang Pelatihan / Area Fungsi

:

IT Multimedia

11.     

Standar Kompetensi Acuan

:

1.         SKKNI (Kepmenaker No. 400 Tahun 2014) Tentang Penetapan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Kategori Informasi dan Komunikasi Golongan Pokok Produksi Gambar Bergerak, Video dan Program Televisi, Perekaman Suara dan Penerbitan Musik Bidang Pembuatan Animasi.

2.         SKKNI (Kepmenaker No. 107 Tahun 2018) Tentang Penetapan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Kategori Informasi dan Komunikasi Golongan Pokok Produksi Gambar Bergerak, Video dan Program Televisi, Perekaman Suara dan Penerbitan Musik Bidang Multimedia.

12.     

Pengemasan

:

Okupasi Nasional

13.     

Tujuan Pelatihan

:

Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta dapat meningkatkan kompetensi mendesain solusi komunikasi visual melalui program identitas, informasi dan persuasi yang sesuai tujuan penyedia kegiatan kepada khalayaknya.

14.     

Sasaran Pelatihan

:

Terwujudnya SDM yang memiliki kompetensi teknis dalam mendesain komunikasi visual secara profesional.

15.     

Unit Kompetensi yang ditempuh

:

1.

J.591120.019.01

Membuat Komposisi Teknik Layer 2 Dimensi (2D Compositing)

2.

J.59MTM00.011.1

Membuat Aset Visual Berdasarkan Langkah Kerja yang Telah Ditetapkan

3.

J.591120.004.01

Membuat Gerak Digital Non Character

 

4.

J.591120.008.01

Membuat Model Digital Hardsurface 3 Dimensi

5.

J.591120.012.01

Membuat Pencitraan Gambar Digital (Rendering)

6.

J.591120.020.01

Membuat Pencitraan Cahaya Digital

7.

J.591120.021.01

Membuat Pencitraan Sifat Permukaan (Shading)

8.

J.591120.022.01

Membuat Komposisi Teknik Layer 3 Dimensi (3D Compositor)

9.

J.591120.031.01

Membuat Sudut Pandang Kamera Digital

16.     

Perkiraan Waktu Pelatihan

:

40 Jam Pelatihan (6 hari)

17.     

Lokasi

:

BPPTIK Kementerian Kominfo, Jl. Sekolah Hijau No. 2 Jababeka, Cikarang, Kab Bekasi, Jawa Barat (https://bpptik.kominfo.go.id/lokasi/)

18.     

Ruang Kelas/Lab

:

215

19.     

Jumlah Peserta

:

30 orang

20.     

Penyelenggara

:

BPPTIK Kementerian Kominfo

21.     

Sumber Dana

:

PNBP

22.     

Pembiayaan

:

Biaya Pelatihan: Rp. 950.000,- / per orang

Biaya Pelatihan, uang harian, biaya perjalanan dinas ditanggung oleh Instansi Pengirim.

Biaya akomodasi dan konsumsi ditanggung oleh BPPTIK Kementerian Kominfo

23.     

Persyaratan Peserta Pelatihan

:

1.      Pendidikan/Kompetensi :

a.      Minimal lulusan SMA/SMK sederajat di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, atau

b.      Bidang Desain Komunikasi Visual atau memiliki kompetensi pada sub bidang  IT Multimedia dengan jenjang KKNI minimal 3

2.      Profesi :

a.      Aparatur Sipil Negara (ASN), atau

b.      Non Aparatur Sipil Negara (Non-ASN)

3.      Pelatihan : -

4.      Pengalaman Kerja : -

5.      Jenis Kelamin : Laki-Laki / Perempuan

6.      Usia : Minimal 18 tahun

7.      Kesehatan : Sehat jasmani dan rohani

8.      Persyaratan Khusus untuk Aparatur Sipil Negara :

a.      Jenjang Jabatan : Minimal Pelaksana atau jenjang Fungsional yang sederajat, dan

b.      Mendapatkan surat penugasan dari atasan langsung

9.      Diutamakan memiliki kompetensi:

a.      J.591120.007.01 Membuat kumpulan aset digital (layout 3 dimensi)

b.      J.591120.006.01 Melakukan penyuntingan suara dan gambar bercerita (animatic /previsualisation)

10.  Diutamakan memiliki pengetahuan tentang :

a.      Prinsip dasar komunikasi

b.      Prinsip dasar animasi 2 Dimensi dan 3 Dimensi

c.      Memahami proporsi dan persepsi ruang 3 Dimensi

d.      HAKI (Hak Cipta dan kekayaan Intelektual)

e.      Memahami dan mengetahui karakteristik produk multimedia sebagai medium komunikasi, produk kreatif, dan produk dagang

f.       Memahami dan mengetahui proses pembuatan aset visual berdasarkan langkah kerja yang telah ditetapkan

11.  Diutamakan memiliki keterampilan :

a.      Penyuntingan suara, gambar dan video

b.      Terampil berdiskusi, mengemukakan gagasan, mempertahanan argumentasi dan mengungkapkan keunggulan produk yang dimiliki

c.      Terampil berkomunikasi dua arah, menerima gagasan orang lain dan menyimpulkan sebagai bahan perbaikan produk

d.      Terampil mengorganisisr data, informasi, dan fakta-fakta yang terjadi untuk mengambil keputusan secara cepat dan tepat

e.      Mampu mengoperasikan komputer baik untuk perluan olah data, penulisan, maupun presentasi

Persyaratan Umum (Administrasi):

1.       Pas foto berwarna berlatar belakang merah ukuran 4x6. Laki-Laki kemeja putih lengan panjang berdasi. Perempuan kemeja/blouse putih lengan panjang, jilbab warna putih (bagi yang memakai jilbab). Scan diunggah pada formulir pendaftaran, dan foto asli harus dibawa pada saat Pelatihan.

2.       Kartu Tanda Penduduk (KTP). Scan diunggah pada formulir pendaftaran dan aslinya harus dibawa pada saat pelatihan.

3.       Surat Izin Instansi (template dapat diunduh di sini: https://bpptik.kominfo.go.id/?wpdmdl=6574), diunggah pada formulir pendaftaran dan aslinya harus dibawa pada saat pelatihan.

4.       Surat Keterangan Sehat dari dokter Rumah Sakit pemerintah atau puskesmas. Bagi perempuan tidak dalam keadaan hamil. Fotocopy/scan diunggah pada formulir pendaftaran dan aslinya harus dibawa pada saat Pelatihan.

5.       Bagi PNS: SK PNS/CPNS terakhir. Fotocopy/scan

diunggah pada formulir pendaftaran.

6.       Bukti pembayaran Biaya Pelatihan (scannya dikirim melalui email bpptik@kominfo.go.id, dan aslinya dibawa pada saat Pelatihan)

7.       Surat Tugas asli dibawa pada saat Pelatihan.

24.     

Pendaftaran

:

1.     Tahap Pendaftaran: Pendaftaran hanya melalui formulir online (klik di sini: https://bpptik.kominfo.go.id/?p=6576), paling lambat tanggal: 13 Januari 2020 pukul 12.00 WIB.

2.     Tahap Pembayaran Biaya Pelatihan: 6/1/2020 s.d

17/2/2020.

3.     Tahap Pemanggilan Peserta: 18/2/2020

(dilakukan melalui surat/email dan situs web BPPTIK).

25.     

Sarana dan Prasarana

 

1.        Ruang Kelas/Laboratorium (1 orang 1 PC)

2.        Software Photoshop CS4

3.        Software CorelDraw X4

4.        Software Flash CS4

5.        Software GIMP

6.        Software Inkscape

7.        Software Adobe Illustrator

8.        Software Adobe Premier

9.        Sublime Text

10.    Adobe Muse

11.    Local Area Network (LAN)

12.    Akses Internet

13.    Learning Management System (LMS) / E-Learning

14.    Ruang Kantin

15.    Asrama Penginapan

16.    Ruang Perpustakaan

17.    Mushalla

18.    Area Parkir

19.    Klinik

26.     

Surat Keterangan Pelatihan

 

Peserta yang telah selesai mengikuti kegiatan

pelatihan akan diberikan “Surat Keterangan

Pelatihan” dengan ketentuan sbb:

1.        Surat Tanda Tamat Pelatihan (STTP), bagi peserta yang dinyatakan lulus Pelatihan.

2.        Surat Keterangan, bagi peserta yang dinyatakan tidak lulus Pelatihan.

27.     

Kontak Keluhan Sarpras

:

Melalui Aplikasi Pelaporan Infrastruktur (API) via intranet BPPTIK: http://192.168.100.10/api

28.     

Kontak Sekretariat

:

Kontak di hari kerja pukul 08.00 – 16.00 WIB Telepon:

1.    021-28645000 (Aji Wirawan)
2.    021-28645055 (Rini Kurniawati)
3.    021-28645036 (Ramadhan Febri)
4.    021-28645060 (Naf’a Syarifa)

WA/SMS: 0811-1166-784 (BPPTIK Contact Center)

Email: bpptik [at] kominfo.go.id