Bahasa Indonesia | English

Evaluasi Layanan Publik BPPTIK : Menuju Standar Pelayanan yang Lebih Baik di Tahun 2024

Nasional 14 November 2024 60


Cikarang, 14 November 2024 – BPPTIK menerima Tim Evaluator Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Publik (PEKPPP) pada Senin (7/10). Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan bahwa pelayanan publik yang diberikan oleh BPPTIK terus meningkat sesuai dengan harapan masyarakat. Evaluasi ini dilakukan secara mandiri dengan melibatkan berbagai metode untuk menilai kualitas pelayanan publik yang ada dengan menggunakan aplikasi www.eyanlik.kominfo.go.id. Aplikasi ini dirancang untuk mempermudah pengumpulan data dan analisis hasil evaluasi secara lebih efisien dan terstruktur. 

Berbagai unit kerja yang menjadi Unit Lokus Evaluasi (ULE) meliputi Sekretariat Jenderal, Direktorat Jenderal Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika (Ditjen SDPPI), Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika (Ditjen PPI), Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika (Ditjen Aptika), Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Ditjen IKP), Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) serta BAKTI. Proses pendampingan dan observasi lapangan PEKPPP Mandiri dilakukan sesuai jadwal yang telah ditentukan, mulai dari 23 September hingga 10 Oktober 2024, dengan melibatkan Tim Evaluator.

  

Hadir sebagai Tim Evaluator adalah Doddy Setiadi selaku ketua Tim Evaluator serta Randy Dwi Pranaputra dan M. Virginia Hidayat selaku anggota Tim Evaluator. Agenda visitasi tim evaluator ini merupakan bentuk validasi data atas dokumen bukti dukung yang telah diunggah melalui laman Evaluasi Mandiri PEKPPP. Adapun aspek penilaian meliputi Kebijakan Pelayanan, Profesionalisme SDM, Sarana Prasarana, Sistem Informasi Pelayanan Publik (SIPP), Konsultasi dan Pengaduan serta Inovasi. Evaluasi ini memberikan gambaran yang jelas tentang area yang perlu ditingkatkan agar BPPTIK dapat terus memberikan pelayanan yang lebih baik dan memenuhi kebutuhan masyarakat. Hasil dari evaluasi ini sangat penting sebagai acuan dalam pengambilan kebijakan dan langkah-langkah perbaikan di masa depan. 

Melalui kegiatan evaluasi pelayanan publik mandiri ini, BPPTIK  menunjukkan komitmennya untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan publik. Evaluasi ini menjadi contoh yang baik tentang bagaimana transparansi, akuntabilitas, dan evaluasi mandiri dapat membantu organisasi dalam memperbaiki dan mengoptimalkan kinerja pelayanan publik. Dengan perbaikan yang terus-menerus, BPPTIK berupaya memberikan layanan yang semakin responsif, efisien, dan memuaskan masyarakat. (aab/ah).