Bahasa Indonesia | English

Graphic Design Tingkat Dasar (Tahun 2020)

06 December 2019 301


INFORMASI KEGIATAN
PELATIHAN GRAPHIC DESIGN TINGKAT DASAR
ANGKATAN I TAHUN 2020
(Kode: KEG-2020-003)

 

10 – 15 FEBRUARI 2020
DI BPPTIK KEMENTERIAN KOMINFO

 

Status:
Terakreditasi Lembaga Administrasi Negara (LAN)
Berdasarkan SK Kepala LAN Nomor 489/K.1/PDP.10.4

BALAI PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA
KEMENTERIAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA RI

Jl. Sekolah Hijau Kav. 2 Jababeka, Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat 17530
2020

 

1.         

Nama Kegiatan

:

Pelatihan Graphic Design Tingkat Dasar Angkatan I Tahun 2020

2.         

Kode Kegiatan

:

KEG-2020-003

3.         

Tanggal

:

10 – 15 Februari 2020

4.         

Status

:

Terakreditasi Lembaga Administrasi Negara (LAN) berdasarkan SK Kepala LAN Nomor 489/K.1/PDP.10.4

5.         

Nama Program Pelatihan

:

Graphic Design Tingkat Dasar

6.         

Kode Program Pelatihan

:

P-2016-001

7.         

Jenis Pelatihan Teknis

:

Pelatihan Teknis Pengguna

8.         

Jenjang Pelatihan Teknis

:

Pelaksana

9.         

Jenjang KKNI

:

Tidak ada

10.     

Sub Bidang Pelatihan / Area Fungsi

:

IT Multimedia

11.     

Standar Kompetensi Acuan

:

1.      SKKNI

12.     

Pengemasan

:

Klaster

13.     

Tujuan Pelatihan

:

Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta dapat meningkatkan kualitas dan kompetensi tingkat dasar dalam membuat desain grafis tingkat dasar secara profesional.

14.     

Sasaran Pelatihan

:

Terwujudnya SDM yang memiliki kompetensi teknis dalam membuat desain grafis tingkat dasar secara profesional.

15.     

Unit Kompetensi yang ditempuh

:

1.      Menerapkan pengetahuan dasar desain (M.74100.001.02)

2.      Mengoperasikan perangkat lunak desain (M.74100.009.02)

3.      Menerapkan teori dasar desain grafis (TIK.DG01.006.01)

4.      Menyusun dokumentasi lengkap untuk menjaga Hak Atas Kekayaan Intelektual terhadap karya yang dihasilkan (TIK.DG01.007.01)

5.      Menyusun brief teknis spesifikasi cetak (TIK.DG01.008.01)

6.      Membentuk dummy (TIK.DG02.002.01)

7.      Mengerjakan final artwork (TIK.DG02.003.01)

8.      Menentukan material karya desain (TIK.DG02.007.01)

9.      Membuat Dan Memanipulasi Gambar-Gambar Digital (TIK.MM02.053.01)

10.  Mengoperasikan aplikasi multimedia dasar (TIK.PR05.001.01)

16.     

Perkiraan Waktu Pelatihan

:

40 Jam Pelatihan (6 hari)

17.     

Lokasi

:

BPPTIK Kementerian Kominfo, Jl. Sekolah Hijau No. 2 Jababeka, Cikarang, Kab Bekasi, Jawa Barat (https://bpptik.kominfo.go.id/lokasi/)

18.     

Ruang Kelas/Lab

:

217

19.     

Jumlah Peserta

:

30 orang

20.     

Penyelenggara

:

BPPTIK Kementerian Kominfo

21.     

Sumber Dana

:

PNBP

22.     

Pembiayaan

:

Biaya Pelatihan: Rp. 1.150.000,- / per orang

1.      Biaya Pelatihan, uang harian, biaya perjalanan dinas ditanggung oleh Instansi Pengirim.

2.      Biaya akomodasi dan konsumsi ditanggung oleh BPPTIK Kementerian Kominfo

23.     

Persyaratan Peserta Pelatihan

:

Persyaratan Khusus:

1.        Aparatur Sipil Negara (ASN).

2.        Pendidikan: Minimal lulusan SLTA sederajat

3.        Jenis Kelamin: Laki-Laki / Perempuan

4.        Usia: minimal 18 tahun

5.        Kesehatan:

a.      Sehat jasmani dan rohani

b.      Tidak buta warna

6.        Jenjang Jabatan : Minimal Pelaksana atau jenjang Fungsional yang sederajat, dan

7.        Mendapatkan surat penugasan dari atasan langsung

8.        Diutamakan:

a.      pernah mengikuti pelatihan komputer,

b.      dapat mengoperasikan komputer dan aplikasinya pada tingkat dasar

Persyaratan Umum (Administrasi):

1.        Pas foto berwarna berlatar belakang merah ukuran 4x6. Laki-Laki kemeja putih lengan panjang berdasi. Perempuan kemeja/blouse putih lengan panjang, jilbab warna putih (bagi yang memakai jilbab). Scan diunggah pada formulir pendaftaran, dan foto asli harus dibawa pada saat Pelatihan.

2.        Kartu Tanda Penduduk (KTP). Scan diunggah pada formulir pendaftaran dan aslinya harus dibawa pada saat pelatihan.

3.        Surat Izin Instansi (template dapat diunduh di sini: https://bpptik.kominfo.go.id/?wpdmdl=6574), diunggah pada formulir pendaftaran dan aslinya harus  dibawa pada saat pelatihan.

4.        Surat Keterangan Sehat dari dokter Rumah Sakit pemerintah atau puskesmas. Bagi perempuan tidak dalam keadaan hamil. Fotocopy/scan diunggah pada formulir pendaftaran dan aslinya harus dibawa pada saat Pelatihan.

5.        Bagi PNS: SK PNS/CPNS terakhir. Fotocopy/scan diunggah pada formulir pendaftaran.

6.        Bukti pembayaran Biaya Pelatihan (scannya dikirim melalui email bpptik@kominfo.go.id, dan aslinya dibawa pada saat Pelatihan)

7.        Surat Tugas asli dibawa pada saat Pelatihan.

 

1.         

Pendaftaran

:

1.        Tahap Pendaftaran: Pendaftaran hanya melalui formulir online (klik di sini: https://bpptik.kominfo.go.id/?p=6576), paling lambat tanggal: 13 Januari 2020 pukul 09.00 WIB.

2.        Tahap Pembayaran Biaya Pelatihan: 06/01/2020 s.d 03/02/2020.

3.        Tahap Pemanggilan Peserta: 04/02/2020 (dilakukan melalui surat/email dan situs web BPPTIK).

1.         

2.         

Sarana dan Prasarana

:

1.        Ruang Kelas/Laboratorium (1 orang 1 PC)

2.        Software Adobe Photoshop CS6

3.        Software Adobe Illustrator

4.        Software Adobe Premiere

5.        Software CorelDraw X4

6.        Local Area Network (LAN)

7.        Akses Internet

8.        Learning Management System (LMS) / E-Learning

9.        Ruang Kantin

10.    Asrama Penginapan

11.    Ruang Perpustakaan

12.    Mushalla

13.    Area Parkir

14.    Klinik

3.         

Surat Keterangan Pelatihan

:

Peserta yang telah selesai mengikuti kegiatan pelatihan akan diberikan “Surat Keterangan Pelatihan” dengan ketentuan sbb:

1.        Surat Tanda Tamat Pelatihan (STTP), bagi peserta yang dinyatakan lulus Pelatihan.

2.        Surat Keterangan, bagi peserta yang dinyatakan tidak lulus Pelatihan.

4.         

Kontak Keluhan Sarpras

:

Melalui Aplikasi Pelaporan Infrastruktur (API) via intranet BPPTIK: http://192.168.100.10/api

5.         

Kontak Sekretariat

:

Kontak di hari kerja pukul 08.00 – 16.00 WIB

Telepon:

1.        021-28645000 (Aji Wirawan)

2.        021-28645055 (Rini Kurniawati)

3.        021-28645036 (Ramadhan Febri)

4.        021-28645060 (Naf’a Syarifa)

WA/SMS: 0811-1166-784 (BPPTIK Contact Center)

Email: bpptik [at] kominfo.go.id