Diresmikan oleh Menteri Kominfo Tifatul Sembiring pada tanggal 31 Mei 2011. Pada peresmian tersebut, hadir pula Duta Besar Korea untuk Indonesia serta stakeholders lainnya yang telah memberikan kontribusi signifikan selama proses pembangunan BPPTIK, yaitu Bupati Bekasi, Universitas AI-Azhar, PT Jababeka, President University dan lain sebagainya. Acara tersebut dihadiri pula oleh kalangan pemerintah, akademisi, dan dunia usaha. BPPTIK yang berlokasi di Kawasan Industri Jababeka Bekasi tersebut dibangun dari bantuan hibah Pemerintah Republik Korea Selatan melalui pendanaan Proyek Korea International Cooperation Agency (KOICA) sebesar USD 8.900.000.

Peletakan batu pertama dilakukan pada tanggal 7 Mei 2007 oleh Muhammad Nuh yang pada waktu itu menjabat sebagai Menteri Kominfo dan Duta Besar Korea saat itu Mr. Kim Ho-young. Sedangkan serah terima gedung dari KOICA ke Pemerintah Indonesia dilakukan pada Juni 2009.

Timeline

2016
Oktober 31

Peserta Internasional Perdana

Peserta Internasional Perdana
Untuk pertama kalinya BPPTIK melatih peserta dari luar negeri. Peserta internasional perdana tersebut berjumlah 20 orang yang merupakan aparatur pemerintah dari Republik Demokratik Timor Leste. Mereka mengikuti Diklat IT Essential dan Diklat Project Management bersama 40 ASN dari Indonesia selama 5 hari (31/10/2016 - 4/11/2016).
2015
Desember 29

Penetapan Akreditasi dari LAN

Penetapan Akreditasi dari LAN
Penetapan Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo sebagai Instansi Pengakreditasi Diklat Teknis di Bidang TIK melalui SK Kepala LAN Nomor 489/K.1/PDP.10.4. Dengan akreditasi tersebut, maka BPPTIK yang berada di bawah Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo memiliki kewenangan menyelenggarakan Diklat Teknis di Bidang TIK untuk aparatur pemerintah di seluruh Indonesia, dan memiliki kewenangan untuk memberikan dan mencabut Akreditasi Lembaga Diklat di seluruh Indonesia yang menyelenggarakan Diklat Teknis di bidang TIK.
November 5

Penetapan Tarif PNBP

Penetapan tarif Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) untuk layanan pelatihan dan penggunaan sarana prasarana yang tersedia di BPPTIK, yang tertuang dalam PP No. 80 tahun 2015 tentang Jenis dan Tarif PNBP Kementerian Kominfo.
2013
Juli 31

Penandatanganan Kerjasama “IT Capacity Building for Central and Local Government”

Penandatanganan Record of Discussion (RoD) tentang "IT Capacity Building for Central and Local Government" antara Kementerian Kominfo, Lembaga Administrasi Negara (LAN), dan Korea International Cooperation Agency (KOICA) di Hotel ... Dengan ditandatanganinya kerjasama ini, maka akan dilakukan pengembangan SDM untuk 1.470 aparatur pemerintah Republik Indonesia dan 30 aparatur pemerintah Timor Leste di BPPTIK, berupa Pelatihan di bidang TIK, hingga akhir tahun 2016.
2011
Mei 31

Peresmian BPPTIK

Peresmian BPPTIK oleh Menteri Kominfo Tifatul Sembiring. Pada peresmian tersebut, hadir pula Duta Besar Korea untuk Indonesia serta stakeholders lainnya yang telah memberikan kontribusi signifikan selama proses pembangunan BPPTIK, yaitu Bupati Bekasi, Universitas AI-Azhar, PT Jababeka, President University dan lain sebagainya. Acara tersebut dihadiri pula oleh kalangan pemerintah, akademisi, dan dunia usaha.
Maret 16

Penetapan Peraturan Menteri Kominfo tentang BPPTIK

Ditetapkannya Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 09/PER/M.KOMINFO/03/2011 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPPTIK) oleh Menkominfo Tifatul Sembiring. Dengan peraturan ini, BPPTIK resmi menjadi salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) di lingkungan Balitbang SDM Kementerian Kominfo dengan nomenklatur BPPTIK, setelah sebelumnya menggunakan nama KORINA.
2009
Juni 1

Serah Terima Gedung

Serah terima gedung "Korea Indonesia ICT Training Center" (KORINA) dari KOICA ke Pemerintah Republik Indonesia dilakukan pada Juni 2009.
2007
Mei 7

Peletakan Batu Pertama

Peletakan batu pertama oleh Menteri Kominfo, Muhammad Nuh; dan Duta Besar Korea Selatan, Kim Ho-Young.

Survei

Apakah informasi pada konten ini sesuai dengan tujuan website BPPTIK?
Sangat Tidak SesuaiTidak SesuaiSesuaiSangat Sesuai
(1 orang telah menilai. Nilai rata-rata: 4,00, dari nilai maksimal 4)
Loading...