Kembali ke Daftar Pelatihan Lihat Jadwal

1.Nama Program Pelatihan:Pelatihan Advance Animation (3D)
2.Kode Program Pelatihan:P-2018-011
3.Jenis Pelatihan Teknis:Pelatihan Teknis Pengguna
4.Jenjang Pelatihan Teknis:Administrator
5.Jenjang KKNI:6
6.Sub Bidang Pelatihan / Area Fungsi:IT Multimedia
7.Standar Kompetensi Acuan:
  1. SKKNI:
    1. SKKNI 2007-115: Sub Bidang Jasa Multimedia
8.Pengemasan:Okupasi Nasional
9.Skema Sertifikasi Terkait:Skema Sertifikasi Okupasi Nasional Animator Utama (Advance Animator) (130603)
10.Tujuan Pelatihan:Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta dapat meningkatkan kompetensi teknis dalam pembuatan animasi tingkat advance (spesialisasi olah animasi 3 dimensi).
11.Sasaran Pelatihan:Terwujudnya SDM yang memiliki kompetensi teknis dalam pembuatan animasi tingkat advance.
12.Unit Kompetensi yang ditempuh:
  1. MM02.011.01 Membuat storyboard untuk animasi
  2. MM02.060.01 Bekerja sama dengan editor untuk finalisasi produksi
  3. MM02.061.01 Membuat keputusan teknis dan kreatif untuk editing (penyuntingan)
  4. MM02.012.01 Membuat tata – letak gambar untuk animasi
  5. MM01.009.01 Menerapkan prinsip – prinsip rancangan instruksional
  6. MM01.008.01 Menerapkan prinsip – prinsip rancangan visual
  7. 74100.002.02 Menerapkan Prinsip Dasar Komunikasi
  8. MM02.045.01 Merancang dan membuat animasi
  9. MM02.046.01 Mengkoordinir produksi animasi
  10. TIK.MM02.047.01 Membuat gambar kunci untuk animasi
13.Perkiraan Waktu Pelatihan:79,5 Jam Pelatihan
14.Persyaratan Peserta Pelatihan:
  1. Pendidikan/Kompetensi :
    1. Minimal D3 sederajat bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, atau
    2. Memiliki kompetensi pada Sub Sektor Pos dan Telekomunikasi Bidang Jaringan Telekomunikasi Sub Bidang Jasa Multimedia dengan jenjang KKNI minimal 5
  2. Profesi :
    1. Aparatur Sipil Negara (ASN), atau
    2. Non Aparatur Sipil Negara (Non-ASN)
  3. Pelatihan : –
  4. Pengalaman Kerja : –
  5. Jenis Kelamin : Laki-Laki / Perempuan
  6. Usia : Minimal 18 tahun
  7. Kesehatan : Sehat jasmani dan rohani
  8. Persyaratan Khusus untuk Aparatur Sipil Negara :
    1. Jenjang Jabatan : Minimal Pelaksana atau jenjang Fungsional yang sederajat, dan
    2. Mendapatkan surat penugasan dari atasan langsung
  9. Diutamakan memiliki kompetensi : –
  10. Diutamakan memiliki pengetahuan tentang :
    1. Pengetahuan dasar tentang visualisasi dan intepretasi konsep kreatif, intepretasi skrip, spesifikasi dan instruksi, intepretasi dan komunikasi spesifikasi produksi, prinsip dan teknik produksi animasi, prinsip dan teknik komunikasi, prinsip dan teknik animasi. komposisi dan pembuatan film, memahami elemen artistic produksi, mengenali metode dan teknik animasi terakhir, memelihara integritas design, teori pewarnaan, garis, dimensi, kedalaman dan aplikasi pada layar, perlakuan berbagai materi, penyelesaian, teknik melukis dan pewarnaan dengan cahaya, kegunaan dan sifat materi yang digunakan dalam animasi.
    2. Pengetahuan dan pemahamaman konvensi dan praktek editing produksi layar lebar, pengetahuan berbagai teknik penceritaan , pengetahuan dan pemahaman aspek perkembangan cerita, Pengetahuan konvensi sinematik dan editing, pengetahuan dan pemahamaman konvensi dan praktek penyutradaraan produksi layar lebar, pengetahuan akan konvensi naratif yang digunakan dalam sejarah pembuatan film, pengetahuan teknik yng digunakan untuk merealisasikan narasi visual dari narasi tulis, pengetahuan dan pemahaman perkembangan karakter, pemahaman akan keahlian screen editor, pembacaan dan penginterpretasian dokumentasi  dan bentuk narasi, pengetahuan teknik komunikasi efektif termasuk mendengar, bertanya dan komunikasi non verbal yang efektif, teori komunikasi.
    3. Pemahaman akan elemen kreatif dan teknis produksi.
    4. Memahami skrip, spesifikasi dan instruksi, memahami dan mengkomunikasikan spesifikasi produksi, prinsip dan teknik produksi animasi, teknik dan prinsip komunikasi, memahami elemen artistik suatu produksi, kenal dengan metode dan teknik animasi dewasa ini, menjaga integritas design, teori warna, garis, dimensi, kedalaman, dan penerapannya di layar.
    5. Prinsip pendekatan belajar dan instruksional, perencanaan dan riset, komunikasi efektif, pengetahuan mengnenai lingkup, teknologi dan komponen yang dapat diterapkan pada produk multimedia, pengetahuan dan aplikasi dari sejumlah software instruksional, pengetahuan mengenai prinsip desain dan konstruksi instruksional, pengetahuan mengenai faktor keterbatasan hardware dan software komputer, pengetahuan mengenai strategi untuk menguji produk instruksional, memahami informasi kreatif, skrip dan gambar, memahami kemampuan personil lain yang bekerja bersama, memahami elemen kreatif dari suatu produksi, sumber informasi dan manajemen, undang-undang hak cipta, peraturan dan prosedur penghapusan hak cipta.
    6. Penerapan prinsip komunikasi grafik dan visual, karakteristik dari grafik digital dan grafik tradisional, mengetahui kemampuan sejumlah perkakas dan teknik untuk memproduksi dan memanipulasi gambar-gambar, mampu memeriksa keputusan-keputusan yang berhubungan dengan karakteristik pengguna dan syarat-syarat-syarat-syarat, prinsip belajar dan pendekatan instruksional, perencanaan dan riset, pengetahuan tentang lingkup, teknologi dan  komponen yang dapat diterapkan pada produk multimedia, pengetahuan dan penerapan sejumlah  software desain komputer, pengetahuan faktor keterbatasan  hardware dan  software komputer, pengetahuan mengenai strategi untuk menguji produk instruksional, memahami informasi, naskah dan gambar-gambar kreatif, memahami kemampuan personil lain yang bekerja sama, memahami elemen kreatif dari suatu produksi, mampu untuk memelihara integritas desain, manajemen dan sumber informas, hak cipta, peraturan dan penghapusan hak cipta.
    7. Prinsip dasar ilmu/teori komunikasi.
    8. Pengumpulan dan interpretasi informasi kreatif, skrip dan image, penjadwalan produksi, manajemen sumber meliputi sumber daya manusia, manajemen anggaran, manajemen proyek, penulisan laporan.
    9. Konsep kreatif visualisasi dan intepretasi, memahami skrip, spesifikasi dan instruksi, memahami dan mengkomunikasikan spesifikasi produksi, prinsip dan teknik produksi animasi, pengembangan rencana operasional dan produksi, rekrutmen staf, manajemen sumber meliputi sumber tenaga manusia, manajemen anggaran, manajemen proyek, prinsip negosiasi, pembiayaan, prinsip dan teknik komunikasi, pengawasan stok, jabatan kesehatan yang relevan dan undang-undang keselamatan dan peraturan-peraturan, memahami elemen artistik suatu produksi, mengenali metode dan teknik animasi terakhir, menjaga integritas design, teori warna, garis, dimensi, kedalaman dan penerapannya di layar, perlakuan berbagai materi, finishing, teknik pewarnaan dan warna saat terkena cahaya, penggunaan materi dan sifatnya bila digunakan dalam animasi, kerja dengan materi khusus, memasukkan materi mentah, materi terproses sebagian dan komponen-komponen dari serangkaian sumber dan persediaan dan menegaskan kecocokan materi-materi itu.
    10. Visualisasi dan pemahaman konsep-konsep kreatif, memahami skrip, spesifikasi dan instruksi, prinsip dan teknik produksi animasi, prinsip dan teknik animasi, komposisi dan pembuatan film.
  11. Diutamakan memiliki keterampilan :
    1. Menggambar dengan skala, menulis laporan, bekerja dengan materi khusus, menyajikan infomasi untuk pelanggan dalam dan luar.
    2. Kemampuan merealisasikan ide, kemampuan menentukan bagaimana cerita dapat diangkat dari satu adegan ke adegan berikutnya dan kemampuan melakukan riset dan mendokumentasi informasi.
    3. Bercerita secara visual, visualisasi dan interpretasi konsep kreatif, konvensi editing dan konvensi pembuatan film.
    4. Keterampilan desain dan menggambar, kemampuan untuk memelihara integritas desain.
    5. Keterampilan efektif komunikasi visual, Keterampilan desain dan menggambar.
    6. Pemahaman dalam membaca (literacy skills) untuk menggali, mengolah dan menganalisa informasi/pengetahuan dasar komunikasi untuk dapat diintegrasikan ke dalam pekerjaan, mengkomunikasikan pemahamannya secara jelas.
    7. Memahami elemen-elemen artistik dari suatu produk, berlatih kreasi dengan level tinggi dan asli, menjaga integritas design, persiapan kartu pengambilan gambar dan deskripsinya, perbedaan jenis alat pengukur cahaya dan keguanaanya, penggunaan alat pengukur cahaya, ketrampilan-ketrampilan memimpin tim.
    8. Bertanya dan mendengarkan dengan aktif, keterampilan dasar melayani pelanggan untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan, ketrampilan desain dan menggambar, memahami elemen artistik dari suatu produksi, mengenali metode dan teknik animasi saat ini, menjaga integritas design.

Kurikulum Pelatihan

NOMATA PELATIHANUNIT KOMPETENSI ACUANPERKIRAAN WAKTU PELATIHAN (JP)
UNIT KOMPETENSIKODE UNIT KOMPETENSIPENGETAHUANKETERAMPILANJUMLAH
1Pre Test2
2Pembuatan Storyboard Untuk AnimasiMembuat Storyboard Untuk AnimasiTIK.MM02.011.01123
3Bekerjasama dengan editor untuk finalisasi produksiBekerjasama dengan editor untuk finalisasi produksiTIK.MM02.060.01123
4Pembuatan Keputusan Teknis dan Kreatif untuk Editing (Penyuntingan)Membuat Keputusan Teknis dan Kreatif untuk Editing (Penyuntingan)TIK.MM02.061.01123
5Pembuatan tata – letak gambar untuk animasiMembuat tata – letak gambar untuk animasiTIK.MM02.012.01123
6Penerapan prinsip-prinsip rancangan instruksionalMenerapkan prinsip-prinsip rancangan instruksionalTIK.MM02.009.01133.5
7Penerapaan prinsip – prinsip rancangan visualMenerapkan prinsip – prinsip rancangan visualTIK.MM02.008.01134
8Penerapan prinsip Dasar KomunikasiMenerapkan prinsip Dasar KomunikasiM.74100.002.01134
9Perancangan dan pembuatan animasiMerancang dan pembuatan animasiTIK.MM02.045.0113233
10Pengoordiniran Produksi AnimasiMengkoordinir Produksi AnimasiTIK.MM02.046.01123
11Pembuatan Gambar Kunci Untuk AnimasiMembuat Gambar Kunci Untuk AnimasiTIK.MM02.047.0111516
12Ujian2
JUMLAH106679.5

Kembali ke Daftar Pelatihan Lihat Jadwal

Survei

Apakah informasi pada konten ini sesuai dengan tujuan website BPPTIK?
Sangat Tidak SesuaiTidak SesuaiSesuaiSangat Sesuai
(Belum ada yang menilai)
Loading...