Apr
8
Sen
Pelatihan Database Development Tingkat Dasar Angkatan I Tahun 2019
Apr 8 – Apr 13 all-day
1.Nama Kegiatan:Pelatihan Database Development Tingkat Dasar Angkatan I Tahun 2019
2.Kode Kegiatan:KEG-2019-002
3.Tanggal:8 – 13 April 2019
4.Tenaga Pengajar:Dyah Puspito Dewi Widowati, MKom.
5.Asisten Tenaga Pengajar:Eddo Fajar Nogroho, MT.
6.Status:Terakreditasi Lembaga Administrasi Negara (LAN) berdasarkan SK Kepala LAN Nomor 489/K.1/PDP.10.4
7.Nama Program Pelatihan:Database Development Tingkat Dasar
8.Kode Program Pelatihan:P-2017-001
9.Jenis Pelatihan Teknis:Pelatihan Teknis Pengelola
10.Jenjang Pelatihan Teknis:Pelaksana
11.Jenjang KKNI:Tidak ada
12.Sub Bidang Pelatihan / Area Fungsi:Sistem Manajemen Data
13.Standar Kompetensi Acuan:Standar Khusus
14.Pengemasan:Klaster
15.Tujuan Pelatihan:Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta dapat meningkatkan kompetensi tingkat dasar dalam membangun dan mengembangkan basis data secara profesional.
16.Sasaran Pelatihan:Terwujudnya SDM yang memiliki kompetensi teknis dalam membuat database development tingkat dasar secara profesional.
17.Unit Kompetensi yang ditempuh:
  1. Memahami Informasi Menyeluruh Mengenai SQL
  2. Menggunakan SQL Server dan Client
  3. Membuat Relasi Antar Tabel
  4. Membuat Desain Database
  5. Menerapkan Tipe Data pada Tabel
  6. Mampu Membuat Database dan Tabel
  7. Menggunakan Query Dasar
  8. Melakukan Pemeliharaan pada Database
  9. Melakukan Manipulasi Data Tabel
  10. Menggunakan Fungsi dari SQL
  11. Melakukan Export dan Import Database
  12. Membuat Join Table
  13. Menggunakan Tabel Subquery
  14. Memahami dan Mengetahui SQL GUI Tools
18.Perkiraan Waktu Pelatihan:40 Jam Pelatihan (6 hari)
19.Lokasi:BPPTIK Kementerian Kominfo, Jl. Sekolah Hijau No. 2 Jababeka, Cikarang, Kab Bekasi, Jawa Barat (https://bpptik.kominfo.go.id/lokasi/)
20.Ruang Kelas/Lab:216
21.Jumlah Peserta:30 orang
22.Penyelenggara:BPPTIK Kementerian Kominfo
23.Sumber Dana:PNBP
24.Pembiayaan:Biaya Pelatihan: Rp. 1.150.000,- / per orang

  1. Biaya Pelatihan, uang harian, biaya perjalanan dinas ditanggung oleh Instansi Pengirim.
  2. Biaya akomodasi dan konsumsi ditanggung oleh BPPTIK Kementerian Kominfo
25.Persyaratan Peserta Pelatihan:Persyaratan Khusus:

  1. Aparatur Sipil Negara (ASN).
  2. Pendidikan: Minimal lulusan SLTA sederajat
  3. Jenis Kelamin: Laki-Laki / Perempuan
  4. Usia: minimal 18 tahun
  5. Kesehatan:
    1. Sehat jasmani dan rohani
    2. Tidak buta warna
  6. Jenjang Jabatan : Minimal Pelaksana atau jenjang Fungsional yang sederajat, dan
  7. Mendapatkan surat penugasan dari atasan langsung
  8. Diutamakan:
    1. pernah mengikuti pelatihan komputer,
    2. dapat mengoperasikan komputer dan aplikasinya pada tingkat dasar

Persyaratan Umum (Administrasi):

  1. Pas foto berwarna berlatar belakang merah ukuran 4×6. Laki-Laki kemeja putih lengan panjang berdasi. Perempuan kemeja/blouse putih lengan panjang, jilbab warna putih (bagi yang memakai jilbab). Scan diunggah pada formulir pendaftaran, dan foto asli harus dibawa pada saat Pelatihan.
  2. Kartu Tanda Penduduk (KTP). Scan diunggah pada formulir pendaftaran dan aslinya harus dibawa pada saat pelatihan.
  3. Surat Izin Instansi (template dapat diunduh di sini: https://bpptik.kominfo.go.id/?wpdmdl=6574), diunggah pada formulir pendaftaran dan aslinya harus  dibawa pada saat pelatihan.
  4. Surat Keterangan Sehat dari dokter Rumah Sakit pemerintah atau puskesmas. Bagi perempuan tidak dalam keadaan hamil. Fotocopy/scan diunggah pada formulir pendaftaran dan aslinya harus dibawa pada saat Pelatihan.
  5. Bagi PNS: SK PNS/CPNS terakhir. Fotocopy/scan diunggah pada formulir pendaftaran.
  6. Bukti pembayaran Biaya Pelatihan (scannya dikirim melalui email bpptik@kominfo.go.id, dan aslinya dibawa pada saat Pelatihan)
  7. Surat Tugas asli dibawa pada saat Pelatihan.
26.Pendaftaran:
  1. Tahap Pendaftaran: Pendaftaran hanya melalui formulir online (klik di sini: https://bpptik.kominfo.go.id/?p=6576), paling lambat tanggal: 15 Maret 2019 pukul 09.00 WIB.
  2. Tahap Pembayaran Biaya Pelatihan: 6/2/2019 s.d 26/3/2019.
  3. Tahap Pemanggilan Peserta: 27/3/2019 (dilakukan melalui surat/email dan situs web BPPTIK).
27.Sarana dan Prasarana:
  1. Ruang Kelas/Laboratorium (1 orang 1 PC)
  2. Software MySQL
  3. Software MS SQL Server Express Edition
  4. Local Area Network (LAN)
  5. Akses Internet
  6. Learning Management System (LMS) / E-Learning
  7. Ruang Kantin
  8. Asrama Penginapan
  9. Ruang Perpustakaan
  10. Mushalla
  11. Area Parkir
  12. Klinik
28.Surat Keterangan Pelatihan:Peserta yang telah selesai mengikuti kegiatan pelatihan akan diberikan “Surat Keterangan Pelatihan” dengan ketentuan sbb:

  1. Surat Tanda Tamat Pelatihan (STTP), bagi peserta yang dinyatakan lulus Pelatihan.
  2. Surat Keterangan, bagi peserta yang dinyatakan tidak lulus Pelatihan.
29.Kontak Keluhan Sarpras:Melalui Aplikasi Pelaporan Infrastruktur (API) via intranet BPPTIK: http://192.168.100.10/api
30.Kontak Sekretariat:Kontak di hari kerja pukul 08.00 – 16.00 WIB

Telepon:

  1. 021-28645000 (Aji Wirawan)
  2. 021-28645055 (Rini Kurniawati)
  3. 021-28645036 (Ramadhan Febri)
  4. 021-28645060 (Naf’a Syarifa)

WA/SMS: 0811-1166-784 (BPPTIK Contact Center)

Email: bpptik [at] kominfo.go.id

Pelatihan Graphic Design Tingkat Dasar Angkatan I Tahun 2019
Apr 8 – Apr 13 all-day
1.Nama Kegiatan:Pelatihan Graphic Design Tingkat Dasar Angkatan I Tahun 2019
2.Kode Kegiatan:KEG-2019-003
3.Tanggal:8 – 13 April 2019
4.Tenaga Pengajar:Andry Rivan Sumara, MSi.
5.Asisten Tenaga Pengajar:Eko Purwanto, AMd.
6.Status:Terakreditasi Lembaga Administrasi Negara (LAN) berdasarkan SK Kepala LAN Nomor 489/K.1/PDP.10.4
7.Nama Program Pelatihan:Graphic Design Tingkat Dasar
8.Kode Program Pelatihan:P-2016-001
9.Jenis Pelatihan Teknis:Pelatihan Teknis Pengguna
10.Jenjang Pelatihan Teknis:Pelaksana
11.Jenjang KKNI:Tidak ada
12.Sub Bidang Pelatihan / Area Fungsi:IT Multimedia
13.Standar Kompetensi Acuan:1. SKKNI
14.Pengemasan:Klaster
15.Tujuan Pelatihan:Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta dapat meningkatkan kualitas dan kompetensi tingkat dasar dalam membuat desain grafis tingkat dasar secara profesional.
16.Sasaran Pelatihan:Terwujudnya SDM yang memiliki kompetensi teknis dalam membuat desain grafis tingkat dasar secara profesional.
17.Unit Kompetensi yang ditempuh:
  1. Menerapkan pengetahuan dasar desain (M.74100.001.02)
  2. Mengoperasikan perangkat lunak desain (M.74100.009.02)
  3. Menerapkan teori dasar desain grafis (TIK.DG01.006.01)
  4. Menyusun dokumentasi lengkap untuk menjaga Hak Atas Kekayaan Intelektual terhadap karya yang dihasilkan (TIK.DG01.007.01)
  5. Menyusun brief teknis spesifikasi cetak (TIK.DG01.008.01)
  6. Membentuk dummy (TIK.DG02.002.01)
  7. Mengerjakan final artwork (TIK.DG02.003.01)
  8. Menentukan material karya desain (TIK.DG02.007.01)
  9. Membuat Dan Memanipulasi Gambar-Gambar Digital (TIK.MM02.053.01)
  10. Mengoperasikan aplikasi multimedia dasar (TIK.PR05.001.01)
18.Perkiraan Waktu Pelatihan:40 Jam Pelatihan (6 hari)
19.Lokasi:BPPTIK Kementerian Kominfo, Jl. Sekolah Hijau No. 2 Jababeka, Cikarang, Kab Bekasi, Jawa Barat (https://bpptik.kominfo.go.id/lokasi/)
20.Ruang Kelas/Lab:217
21.Jumlah Peserta:30 orang
22.Penyelenggara:BPPTIK Kementerian Kominfo
23.Sumber Dana:PNBP
24.Pembiayaan:Biaya Pelatihan: Rp. 1.150.000,- / per orang

  1. Biaya Pelatihan, uang harian, biaya perjalanan dinas ditanggung oleh Instansi Pengirim.
  2. Biaya akomodasi dan konsumsi ditanggung oleh BPPTIK Kementerian Kominfo
25.Persyaratan Peserta Pelatihan:Persyaratan Khusus:

  1. Aparatur Sipil Negara (ASN).
  2. Pendidikan: Minimal lulusan SLTA sederajat
  3. Jenis Kelamin: Laki-Laki / Perempuan
  4. Usia: minimal 18 tahun
  5. Kesehatan:
    1. Sehat jasmani dan rohani
    2. Tidak buta warna
  6. Jenjang Jabatan : Minimal Pelaksana atau jenjang Fungsional yang sederajat, dan
  7. Mendapatkan surat penugasan dari atasan langsung
  8. Diutamakan:
    1. pernah mengikuti pelatihan komputer,
    2. dapat mengoperasikan komputer dan aplikasinya pada tingkat dasar

Persyaratan Umum (Administrasi):

  1. Pas foto berwarna berlatar belakang merah ukuran 4×6. Laki-Laki kemeja putih lengan panjang berdasi. Perempuan kemeja/blouse putih lengan panjang, jilbab warna putih (bagi yang memakai jilbab). Scan diunggah pada formulir pendaftaran, dan foto asli harus dibawa pada saat Pelatihan.
  2. Kartu Tanda Penduduk (KTP). Scan diunggah pada formulir pendaftaran dan aslinya harus dibawa pada saat pelatihan.
  3. Surat Izin Instansi (template dapat diunduh di sini: https://bpptik.kominfo.go.id/?wpdmdl=6574), diunggah pada formulir pendaftaran dan aslinya harus  dibawa pada saat pelatihan.
  4. Surat Keterangan Sehat dari dokter Rumah Sakit pemerintah atau puskesmas. Bagi perempuan tidak dalam keadaan hamil. Fotocopy/scan diunggah pada formulir pendaftaran dan aslinya harus dibawa pada saat Pelatihan.
  5. Bagi PNS: SK PNS/CPNS terakhir. Fotocopy/scan diunggah pada formulir pendaftaran.
  6. Bukti pembayaran Biaya Pelatihan (scannya dikirim melalui email bpptik@kominfo.go.id, dan aslinya dibawa pada saat Pelatihan)
  7. Surat Tugas asli dibawa pada saat Pelatihan.
1.Pendaftaran:
  1. Tahap Pendaftaran: Pendaftaran hanya melalui formulir online (klik di sini: https://bpptik.kominfo.go.id/?p=6576), paling lambat tanggal: 15 Maret 2019 pukul 09.00 WIB.
  2. Tahap Pembayaran Biaya Pelatihan: 6/2/2019 s.d 26/3/2019.
  3. Tahap Pemanggilan Peserta: 27/3/2019 (dilakukan melalui surat/email dan situs web BPPTIK).
2.Sarana dan Prasarana:
  1. Ruang Kelas/Laboratorium (1 orang 1 PC)
  2. Software Adobe Photoshop CS6
  3. Software Adobe Illustrator
  4. Software Adobe Premiere
  5. Software CorelDraw X4
  6. Local Area Network (LAN)
  7. Akses Internet
  8. Learning Management System (LMS) / E-Learning
  9. Ruang Kantin
  10. Asrama Penginapan
  11. Ruang Perpustakaan
  12. Mushalla
  13. Area Parkir
  14. Klinik
3.Surat Keterangan Pelatihan:Peserta yang telah selesai mengikuti kegiatan pelatihan akan diberikan “Surat Keterangan Pelatihan” dengan ketentuan sbb:

  1. Surat Tanda Tamat Pelatihan (STTP), bagi peserta yang dinyatakan lulus Pelatihan.
  2. Surat Keterangan, bagi peserta yang dinyatakan tidak lulus Pelatihan.
4.Kontak Keluhan Sarpras:Melalui Aplikasi Pelaporan Infrastruktur (API) via intranet BPPTIK: http://192.168.100.10/api
5.Kontak Sekretariat:Kontak di hari kerja pukul 08.00 – 16.00 WIB

Telepon:

  1. 021-28645000 (Aji Wirawan)
  2. 021-28645055 (Rini Kurniawati)
  3. 021-28645036 (Ramadhan Febri)
  4. 021-28645060 (Naf’a Syarifa)

WA/SMS: 0811-1166-784 (BPPTIK Contact Center)

Email: bpptik [at] kominfo.go.id

Pelatihan Network Administration Tingkat Dasar Angkatan I Tahun 2019
Apr 8 – Apr 13 all-day
1.Nama Kegiatan:Pelatihan Network Administration Tingkat Dasar Angkatan I Tahun 2019
2.Kode Kegiatan:KEG-2019-001
3.Tanggal:8 – 13 April 2019
4.Tenaga Pengajar:Hary Yudhanto, S.Kom.
5.Asisten Tenaga Pengajar:Rama Sanjaya
6.Status:Terakreditasi Lembaga Administrasi Negara (LAN). Berdasarkan SK Kepala LAN Nomor 489/K.1/PDP.10.4
7.Nama Program Pelatihan:Network Administration Tingkat Dasar
8.Kode Program Pelatihan:P-2017-011
9.Jenis Pelatihan Teknis:Pelatihan Teknis Pengelola
10.Jenjang Pelatihan Teknis:Pelaksana
11.Jenjang KKNI:Tidak ada
12.Sub Bidang Pelatihan / Area Fungsi:Jaringan dan Infrastruktur
13.Standar Kompetensi Acuan:1. Standar Khusus
14.Pengemasan:Klaster
15.Tujuan Pelatihan:Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta dapat meningkatkan kompetensi tingkat dasar dalam mengadministrasikan jaringan secara profesional.
16.Sasaran Pelatihan:Terwujudnya SDM yang memiliki kompetensi teknis tingkat dasar dalam mengadministrasikan jaringan.
17.Unit Kompetensi yang ditempuh:
  1. Menggunakan Personal Komputer dan Aplikasi
  2. Menggunakan Sistem Operasi
  3. Mengelola Koneksi Jaringan
  4. Menggunakan ISP untuk Koneksi ke Internet
  5. Mengelola Pengalamatan Jaringan
  6. Menggunakan Layanan Jaringan
  7. Mengaplikasikan Teknologi Nirkabel
  8. Menerapkan Dasar Keamanan Jaringan
  9. Mengelola Troubleshooting Jaringan
18.Perkiraan Waktu Pelatihan:40 Jam Pelatihan (6 hari)
19.Lokasi:BPPTIK Kementerian Kominfo, Jl. Sekolah Hijau No. 2 Jababeka, Cikarang, Kab Bekasi, Jawa Barat (https://bpptik.kominfo.go.id/lokasi/)
20.Ruang Kelas/Lab:107
21.Jumlah Peserta:30 orang
22.Penyelenggara:BPPTIK Kementerian Kominfo
23.Sumber Dana:PNBP
24.Pembiayaan:Biaya Pelatihan: Rp. 1.150.000,- / per orang

  1. Biaya Pelatihan, uang harian, biaya perjalanan dinas ditanggung oleh Instansi Pengirim.
  2. Biaya akomodasi dan konsumsi ditanggung oleh BPPTIK Kementerian Kominfo
25.Persyaratan Peserta Pelatihan:Persyaratan Khusus:

  1. Aparatur Sipil Negara (ASN).
  2. Pendidikan: Minimal lulusan SLTA sederajat
  3. Jenis Kelamin : Laki-Laki / Perempuan
  4. Usia: minimal 18 tahun
  5. Kesehatan :
    1. Sehat jasmani dan rohani
    2. Tidak buta warna
  6. Jenjang Jabatan : Minimal Pelaksana atau jenjang Fungsional yang sederajat, dan
  7. Mendapatkan surat penugasan dari atasan langsung
  8. Diutamakan :
    1. Pernah mengikuti pelatihan komputer,
    2. Dapat mengoperasikan komputer dan aplikasinya pada tingkat dasar

Persyaratan Umum (Administrasi):

  1. Pas foto berwarna berlatar belakang merah ukuran 4×6. Laki-Laki kemeja putih lengan panjang berdasi. Perempuan kemeja/blouse putih lengan panjang, jilbab warna putih (bagi yang memakai jilbab). Scan diunggah pada formulir pendaftaran, dan foto asli harus dibawa pada saat Pelatihan.
  2. Kartu Tanda Penduduk (KTP). Scan diunggah pada formulir pendaftaran dan aslinya harus dibawa pada saat pelatihan.
  3. Surat Izin Instansi (template dapat diunduh di sini: https://bpptik.kominfo.go.id/?wpdmdl=6574), diunggah pada formulir pendaftaran dan aslinya harus  dibawa pada saat pelatihan.
  4. Surat Keterangan Sehat dari dokter Rumah Sakit pemerintah atau puskesmas. Bagi perempuan tidak dalam keadaan hamil. Fotocopy/scan diunggah pada formulir pendaftaran dan aslinya harus dibawa pada saat Pelatihan.
  5. Bagi PNS: SK PNS/CPNS terakhir. Fotocopy/scan diunggah pada formulir pendaftaran.
  6. Bukti pembayaran Biaya Pelatihan (scannya dikirim melalui email bpptik@kominfo.go.id, dan aslinya dibawa pada saat Pelatihan)
  7. Surat Tugas asli dibawa pada saat Pelatihan.
26.Pendaftaran:
  1. Tahap Pendaftaran: Pendaftaran hanya melalui formulir online (klik di sini: https://bpptik.kominfo.go.id/?p=6576), paling lambat tanggal: 15 Maret 2019 pukul 09.00 WIB.
  2. Tahap Pembayaran Biaya Pelatihan: 6/2/2019 s.d 26/3/2019.
  3. Tahap Pemanggilan Peserta: 27/3/2019 (dilakukan melalui surat/email dan situs web BPPTIK).
27.Sarana dan Prasarana:
  1. Ruang Kelas/Laboratorium (1 orang 1 PC)
  2. OS Ubuntu / Windows
  3. Software Libre Office / Microsoft Office
  4. Software Thunderbird
  5. Software Antivirus free
  6. Software Packet Tracer
  7. Software Virtual Box
  8. Perangkat Crimmping
  9. Perangkat Access Point
  10. Kabel UTP
  11. RJ 45
  12. Switch
  13. Komputer Ujicoba
  14. Fluxe Tester
  15. Local Area Network (LAN)
  16. Akses Internet
  17. Learning Management System (LMS) / E-Learning
  18. Ruang Kantin
  19. Asrama Penginapan
  20. Ruang Perpustakaan
  21. Mushalla
  22. Area Parkir
  23. Klinik
28.Surat Keterangan Pelatihan:Peserta yang telah selesai mengikuti kegiatan pelatihan akan diberikan “Surat Keterangan Pelatihan” dengan ketentuan sbb:

  1. Surat Tanda Tamat Pelatihan (STTP), bagi peserta yang dinyatakan lulus Pelatihan.
  2. Surat Keterangan, bagi peserta yang dinyatakan tidak lulus Pelatihan.
29.Kontak Keluhan Sarpras:Melalui Aplikasi Pelaporan Infrastruktur (API) via intranet BPPTIK: http://192.168.100.10/api
30.Kontak Sekretariat:Kontak di hari kerja pukul 08.00 – 16.00 WIB

Telepon:

  1. 021-28645000 (Aji Wirawan)
  2. 021-28645055 (Rini Kurniawati)
  3. 021-28645036 (Ramadhan Febri)
  4. 021-28645060 (Naf’a Syarifa)

WA/SMS: 0811-1166-784 (BPPTIK Contact Center)

Email: bpptik [at] kominfo.go.id

Apr
22
Sen
Pelatihan Open Source Office Application Tingkat Dasar Angkatan I Tahun 2019
Apr 22 – Apr 27 all-day
1.Nama Kegiatan:Pelatihan Open Source Office Application Tingkat Dasar Angkatan I Tahun 2019
2.Kode Kegiatan:KEG-2019-005
3.Tanggal:22 – 27 April 2019
4.Tenaga Pengajar:Luhur Pidekso Arif, MEng.
5.Asisten Tenaga Pengajar:Fourida Masruroh, AMd.
6.Status:Terakreditasi Lembaga Administrasi Negara (LAN) berdasarkan SK Kepala LAN Nomor 489/K.1/PDP.10.4
7.Nama Program Pelatihan:Open Source Office Application Tingkat Dasar
8.Kode Program Pelatihan:P-2017-002
9.Jenis Pelatihan Teknis:Pelatihan Teknis Pengguna
10.Jenjang Pelatihan Teknis:Pelaksana
11.Jenjang KKNI:Tidak ada
12.Sub Bidang Pelatihan / Area Fungsi:Operasi dan Peralatan Sistem
13.Standar Kompetensi Acuan:1. SKKNI
14.Pengemasan:Klaster
15.Tujuan Pelatihan:Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta dapat meningkatkan kompetensi tingkat dasar dalam menggunakan aplikasi perkantoran berbasis open source.
16.Sasaran Pelatihan:Terwujudnya SDM yang memiliki kompetensi teknis tingkat dasar dalam menggunakan aplikasi perkantoran berbasis open source.
17.Unit Kompetensi yang ditempuh:
  1. Mengidentifikasi aspek kode etik dan HAKI dalam bidang TIK (TIK.OP01.002.01)
  2. Mengoperasikan sistem operasi (TIK.OP02.003.01)
  3. Mengoperasikan penelusur web (web browser) (TIK.OP02.006.01)
  4. Mengoperasikan piranti lunak pengolah kata (word processor) – tingkat dasar (TIK.OP02.004.01)
  5. Mengoperasikan piranti lunak pengolah kata – tingkat maju (TIK.OP02.012.01)
  6. Mengoperasikan piranti lunak lembar sebar (spreadsheet) – tingkat dasar (TIK.OP02.005.01)
  7. Mengoperasikan piranti lunak lembar sebar – tingkat maju (TIK.OP02.013.01)
  8. Mengoperasikan piranti lunak presentasi (TIK.OP02.011.01)
  9. Mengoperasikan piranti lunak pengolah gambar vektor (TIK.OP02.019.01)
  10. Mengoperasikan printer (TIK.OP02.002.01)
  11. Mempergunakan perangkat keras dan piranti lunak untuk memindai dokumen dan gambar (TIK.OP02.015.01)
18.Perkiraan Waktu Pelatihan:40 Jam Pelatihan (6 hari)
19.Lokasi:BPPTIK Kementerian Kominfo, Jl. Sekolah Hijau No. 2 Jababeka, Cikarang, Kab Bekasi, Jawa Barat (https://bpptik.kominfo.go.id/lokasi/)
20.Ruang Kelas/Lab:110
21.Jumlah Peserta:30 orang
22.Penyelenggara:BPPTIK Kementerian Kominfo
23.Sumber Dana:PNBP
24.Pembiayaan:Biaya Pelatihan: Rp. 1.100.000,- / per orang

  1. Biaya Pelatihan, uang harian, biaya perjalanan dinas ditanggung oleh Instansi Pengirim.
  2. Biaya akomodasi dan konsumsi ditanggung oleh BPPTIK Kementerian Kominfo
25.Persyaratan Peserta Pelatihan:Persyaratan Khusus:

  1. Aparatur Sipil Negara (ASN).
  2. Pendidikan: Minimal SLTA sederajat
  3. Jenis Kelamin: Laki-Laki / Perempuan
  4. Usia: minimal 18 tahun
  5. Kesehatan: Sehat jasmani dan rohani
  6. Jenjang Jabatan: Minimal Pelaksana atau jenjang Fungsional yang sederajat, dan
  7. Mendapatkan surat penugasan dari atasan langsung
  8. Diutamakan:
    1. Pernah mengikuti pelatihan komputer
    2. Dapat mengoperasikan komputer dan aplikasinya pada tingkat dasar

Persyaratan Umum (Administrasi):

  1. Pas foto berwarna berlatar belakang merah ukuran 4×6. Laki-Laki kemeja putih lengan panjang berdasi. Perempuan kemeja/blouse putih lengan panjang, jilbab warna putih (bagi yang memakai jilbab). Scan diunggah pada formulir pendaftaran, dan foto asli harus dibawa pada saat Pelatihan.
  2. Kartu Tanda Penduduk (KTP). Scan diunggah pada formulir pendaftaran dan aslinya harus dibawa pada saat pelatihan.
  3. Surat Izin Instansi (template dapat diunduh di sini: https://bpptik.kominfo.go.id/?wpdmdl=6574), diunggah pada formulir pendaftaran dan aslinya harus  dibawa pada saat pelatihan.
  4. Surat Keterangan Sehat dari dokter Rumah Sakit pemerintah atau puskesmas. Bagi perempuan tidak dalam keadaan hamil. Fotocopy/scan diunggah pada formulir pendaftaran dan aslinya harus dibawa pada saat Pelatihan.
  5. Bagi PNS: SK PNS/CPNS terakhir. Fotocopy/scan diunggah pada formulir pendaftaran.
  6. Bukti pembayaran Biaya Pelatihan (scannya dikirim melalui email bpptik@kominfo.go.id, dan aslinya dibawa pada saat Pelatihan)
  7. Surat Tugas asli dibawa pada saat Pelatihan.
26.Pendaftaran:
  1. Tahap Pendaftaran: Pendaftaran hanya melalui formulir online (klik di sini: https://bpptik.kominfo.go.id/?p=6576), paling lambat tanggal: 29 Maret 2019 pukul 09.00 WIB.
  2. Tahap Pembayaran Biaya Pelatihan: 6/2/2019 s.d 9/4/2019.
  3. Tahap Pemanggilan Peserta: 10/4/2019 (dilakukan melalui surat/email dan situs web BPPTIK).
27.Sarana dan Prasarana:
  1. Ruang Kelas/Laboratorium (1 orang 1 PC)
  2. OS Ubuntu
  3. Software Libre Office
  4. Software Thunderbird
  5. Software Antivirus free
  6. Printer dan scanner
  7. Local Area Network (LAN)
  8. Akses Internet
  9. Learning Management System (LMS) / E-Learning
  10. Ruang Kantin
  11. Asrama Penginapan
  12. Ruang Perpustakaan
  13. Mushalla
  14. Area Parkir
  15. Klinik
28.Surat Keterangan Pelatihan:Peserta yang telah selesai mengikuti kegiatan pelatihan akan diberikan “Surat Keterangan Pelatihan” dengan ketentuan sbb:

  1. Surat Tanda Tamat Pelatihan (STTP), bagi peserta yang dinyatakan lulus Pelatihan.
  2. Surat Keterangan, bagi peserta yang dinyatakan tidak lulus Pelatihan.
29.Kontak Keluhan Sarpras:Melalui Aplikasi Pelaporan Infrastruktur (API) via intranet BPPTIK: http://192.168.100.10/api
30.Kontak Sekretariat:Kontak di hari kerja pukul 08.00 – 16.00 WIB

Telepon:

  1. 021-28645000 (Aji Wirawan)
  2. 021-28645055 (Rini Kurniawati)
  3. 021-28645036 (Ramadhan Febri)
  4. 021-28645060 (Naf’a Syarifa)

WA/SMS: 0811-1166-784 (BPPTIK Contact Center)

Email: bpptik [at] kominfo.go.id

Pelatihan Web Design Angkatan I Tahun 2019
Apr 22 – Apr 27 all-day
1.Nama Kegiatan:Pelatihan Web Design Angkatan I Tahun 2019
2.Kode Kegiatan:KEG-2019-004
3.Tanggal:22 – 27 April 2019
4.Tenaga Pengajar:Dea Rachman, M.Sc
5.Asisten Tenaga Pengajar:M. Fahri
6.Status:Terakreditasi Lembaga Administrasi Negara (LAN) berdasarkan SK Kepala LAN Nomor 489/K.1/PDP.10.4
7.Nama Program Pelatihan:Web Design
8.Kode Program Pelatihan:P-2017-003
9.Jenis Pelatihan Teknis:Pelatihan Teknis Pengelola
10.Jenjang Pelatihan Teknis:Pelaksana
11.Jenjang KKNI:Tidak ada
12.Sub Bidang Pelatihan / Area Fungsi:IT Mobility dan IoT
13.Standar Kompetensi Acuan:SKKNI
14.Pengemasan:Klaster
15.Tujuan Pelatihan:Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta dapat meningkatkan kualitas dan kompetensinya dalam mendesain antarmuka web secara profesional.
16.Sasaran Pelatihan:Terwujudnya SDM yang memiliki kompetensi teknis dalam membuat desain web secara profesional.
17.Unit Kompetensi yang ditempuh:
  1. Menerapkan Project Brief (M.74100.004.02)
  2. Menerapkan teknologi pada perancangan web
  3. Mengimplementasikan User Interface  (J.620100.005.02)
18.Perkiraan Waktu Pelatihan:40 Jam Pelatihan (6 hari)
19.Lokasi:BPPTIK Kementerian Kominfo, Jl. Sekolah Hijau No. 2 Jababeka, Cikarang, Kab Bekasi, Jawa Barat (https://bpptik.kominfo.go.id/lokasi/)
20.Ruang Kelas/Lab:215
21.Jumlah Peserta:30 orang
22.Penyelenggara:BPPTIK Kementerian Kominfo
23.Sumber Dana:PNBP
24.Pembiayaan:Biaya Pelatihan: Rp. 1.150.000,- / per orang

  1. Biaya Pelatihan, uang harian, biaya perjalanan dinas ditanggung oleh Instansi Pengirim.
  2. Biaya akomodasi dan konsumsi ditanggung oleh BPPTIK Kementerian Kominfo
25.Persyaratan Peserta Pelatihan:Persyaratan Khusus:

  1. Aparatur Sipil Negara (ASN).
  2. Pendidikan: Minimal lulusan SLTA sederajat
  3. Jenis Kelamin: Laki-Laki / Perempuan
  4. Usia: minimal 18 tahun
  5. Kesehatan:
    1. Sehat jasmani dan rohani
    2. Tidak buta warna
  6. Jenjang Jabatan : Minimal Pelaksana atau jenjang Fungsional yang sederajat, dan
  7. Mendapatkan surat penugasan dari atasan langsung
  8. Diutamakan:
    1. pernah mengikuti pelatihan komputer,
    2. dapat mengoperasikan komputer dan aplikasinya pada tingkat dasar

Persyaratan Umum (Administrasi):

  1. Pas foto berwarna berlatar belakang merah ukuran 4×6. Laki-Laki kemeja putih lengan panjang berdasi. Perempuan kemeja/blouse putih lengan panjang, jilbab warna putih (bagi yang memakai jilbab). Scan diunggah pada formulir pendaftaran, dan foto asli harus dibawa pada saat Pelatihan.
  2. Kartu Tanda Penduduk (KTP). Scan diunggah pada formulir pendaftaran dan aslinya harus dibawa pada saat pelatihan.
  3. Surat Izin Instansi (template dapat diunduh di sini: https://bpptik.kominfo.go.id/?wpdmdl=6574), diunggah pada formulir pendaftaran dan aslinya harus  dibawa pada saat pelatihan.
  4. Surat Keterangan Sehat dari dokter Rumah Sakit pemerintah atau puskesmas. Bagi perempuan tidak dalam keadaan hamil. Fotocopy/scan diunggah pada formulir pendaftaran dan aslinya harus dibawa pada saat Pelatihan.
  5. Bagi PNS: SK PNS/CPNS terakhir. Fotocopy/scan diunggah pada formulir pendaftaran.
  6. Bukti pembayaran Biaya Pelatihan (scannya dikirim melalui email bpptik@kominfo.go.id, dan aslinya dibawa pada saat Pelatihan)
  7. Surat Tugas asli dibawa pada saat Pelatihan.
26.Pendaftaran:
  1. Tahap Pendaftaran: Pendaftaran hanya melalui formulir online (klik di sini: https://bpptik.kominfo.go.id/?p=6576), paling lambat tanggal: 29 Maret 2019 pukul 09.00 WIB.
  2. Tahap Pembayaran Biaya Pelatihan: 6/2/2019 s.d 9/4/2019.
  3. Tahap Pemanggilan Peserta: 10/4/2019 (dilakukan melalui surat/email dan situs web BPPTIK).
27.Sarana dan Prasarana:
  1. Ruang Kelas/Laboratorium (1 orang 1 PC)
  2. Software Photoshop CS4
  3. Software CorelDraw X4
  4. Software Flash CS4
  5. Software GIMP
  6. Software Inkscape
  7. Software Adobe Illustrator
  8. Software Adobe Premier
  9. Sublime Text
  10. Adobe Muse
  11. Local Area Network (LAN)
  12. Akses Internet
  13. Learning Management System (LMS) / E-Learning
  14. Ruang Kantin
  15. Asrama Penginapan
  16. Ruang Perpustakaan
  17. Mushalla
  18. Area Parkir
  19. Klinik
28.Surat Keterangan Pelatihan:Peserta yang telah selesai mengikuti kegiatan pelatihan akan diberikan “Surat Keterangan Pelatihan” dengan ketentuan sbb:

  1. Surat Tanda Tamat Pelatihan (STTP), bagi peserta yang dinyatakan lulus Pelatihan.
  2. Surat Keterangan, bagi peserta yang dinyatakan tidak lulus Pelatihan.
29.Kontak Keluhan Sarpras:Melalui Aplikasi Pelaporan Infrastruktur (API) via intranet BPPTIK: http://192.168.100.10/api
30.Kontak Sekretariat:Kontak di hari kerja pukul 08.00 – 16.00 WIB

Telepon:

  1. 021-28645000 (Aji Wirawan)
  2. 021-28645055 (Rini Kurniawati)
  3. 021-28645036 (Ramadhan Febri)
  4. 021-28645060 (Naf’a Syarifa)

WA/SMS: 0811-1166-784 (BPPTIK Contact Center)

Email: bpptik [at] kominfo.go.id

Survei

Apakah informasi pada konten ini sesuai dengan tujuan website BPPTIK?
Sangat Tidak SesuaiTidak SesuaiSesuaiSangat Sesuai
(152 orang telah menilai. Nilai rata-rata: 3,44, dari nilai maksimal 4)
Loading...