Bahasa Indonesia | English

Badan Litbang SDM Kominfo dan Pemerintah Kota Depok Berkolaborasi Dalam Pengembangan SDM TIK

Teknologi 11 October 2022 46


BPPTIK – Badan Litbang SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPPTIK) Kominfo berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Depok untuk pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) digital di Indonesia. Kolaborasi ini ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara kedua belah pihak yang selanjutnya diwujudkan dalam kegiatan program pelatihan bidang TIK yakni Digital Talent Scholarship (DTS).

Kegiatan penandatanganan perjanjian kerja sama dilaksanakan di Balai Kota Depok (06/04) dan dihadiri Kepala Badan Litbang SDM Kominfo, Hary Budiarto; Wali kota Depok Muhammad Idris, Sekretaris Badan Litbang SDM, Haryati; Sekretaris Daerah Kota Depok, Supian Suri; Subkoordinator Program dan Pelaporan BPPTIK, Hamdani Pratama dan para jajaran sekretariat daerah dan perangkat daerah kota Depok.

Kepala Badan Litbang SDM, Hary Budiarto menyatakan PKS ini adalah salahsatu wujud akselerasi, kolaborasi kementerian negara dan pemerintah daerah dalam pengembangan SDM bidang TIK. Program Digital Talent Scholarship (DTS) adalah Program pengembangan SDM bidang digital dan ini adalah program nasional sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo terkait transformasi digital. Program DTS ini terbuka untuk masyarakat umum dan Aparatur Sipil Negara (ASN). DTS membuka beragam tema pelatihan seperti Digital EntrepreneurshipCyber Security hingga Digital Marketing. Kemampuan digital saat ini menjadi salahsatu kompetensi dasar yang harus dimiliki untuk dapat bertahan dan bangkit setelah era pandemi terutama dibidang e-commerce.

Khusus dalam PKS ini Kementerian Kominfo melalui BPPTIK Kominfo selaku Unit Pelaksana Teknis (UPT) Balitbang Kominfo yang dari awal menginisiasi kerja sama ini, akan memfasilitasi langsung proses kegiatan program pelatihan DTS bagi warga dan ASN Pemkot Depok.

BPPTIK telah membuka 4 akademi di Digital Talent Scholarship sebagai realisasi dari PKS ini, yakni Vocational School Graduate Academy (VSGA), Governmet Transformation Academy (GTA), Thematic Academy (TA) dan Digital Entrepreneurship Academy (DEA). Proses pelatihannya pun dilaksanakan dengan metode luring-daring dan tidak dikenakan biaya apapun. Pada tahap awal, BPPTIK dan Pemkot Depok telah sukses melaksanakan pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) bagi UMKM Kota Depok.

Sementara itu, Wali kota Depok, Muhammad Idris menyambut baik bentuk kerjasama ini dan diharapkan program DTS ini dapat membantu warga Depok khususnya UMKM untuk bangkit di masa sekarang ini. Selain itu, Program DTS ini diharapkan juga dapat meningkatkan kompetensi digital ASN di Pemerintahan Kota Depok.

Sebagai Informasi, Program DTS adalah program pelatihan pengembangan SDM di bidang digital yang dinaungi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika yang telah dilaksanakan sejak tahun 2018. Program DTS membuka beragam tema pelatihan dari tingkat dasar hingga tingkat mahir. Informasi dan pendaftaran bisa mengunjungi Digital Talent Scholarhsip.(ars/hp)