BPPTIK – Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPPTIK) menyelenggarakan kegiatan Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi Teknis Associate Data Scientist (ADS) dan Data Scientist (DS) bagi Asesor dan Calon Asesor secara Offline Tahun 2022 selama 5 hari (7-11 Maret) yang diselenggarakan secara offline di Royal Hotel Bogor.

Peserta yang hadir dalam kegiatan ini sebanyak 12 orang yang berasal dari internal BPPTIK Kominfo, IPB University, Politeknik Negeri Jakarta, Universitas Mercu Buana, BBPSDMP Kominfo Makassar, dan Universitas Indonesia. Kegiatan ini terdiri dari dua program pelatihan dan sertifikasi yang mengacu pada skema Sertifikasi Okupasi Nasional, yaitu Associate Data Scientist (ADS) dengan lima orang peserta dan Data Scientist (DS) dengan tujuh orang peserta. Pelatihan dilaksanakan selama 40 JP dengan pengajar dari Ikatan Ahli Informatika Indonesia (IAII), Ir. Siswanto, M.M., M.Kom untuk pelatihan Associate Data Scientist dan pengajar dari, Institut Teknologi Bandung (ITB), Ir. Windy Gambetta untuk pelatihan Data Scientist.

Kepala Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPPTIK) Kementerian Kominfo, Dr.Nusirwan, S.Ag., M.Si menegaskan bawah kegiatan ini untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia khususnya untuk bidang teknologi digital yang saat ini dibatasi dengan kondisi pandemik. Dengan pelatihan ini diharapkan dapat menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas dan tetap terpelihara kompetensinya dalam melakukan proses asesmen yang bermutu bagi peserta pelatihan.

Selanjutnya, untuk kegiatan sertifikasi dilaksanakan pada hari kelima pada kegiatan sertifikasi ini dimulai dengan proses verifikasi data asesi oleh Admin LSP dan dilanjutkan dengan metode tertulis dan wawancara. Hasil rekomendasi sertifikasi adalah seluruh Asesi yang berjumlah 12 orang dinyatakan kompeten. (bpptik/nfm/ars)

Survei

Apakah informasi pada konten ini sesuai dengan tujuan website BPPTIK?
Sangat Tidak SesuaiTidak SesuaiSesuaiSangat Sesuai
(Belum ada yang menilai)
Loading...