BPPTIK – Badan Litbang SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika membahas kerjasama dengan Pemerintah Kota Depok terkait pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk mendukung transformasi digital Indonesia pada tanggal 10 Januari 2022 di Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPPTIK).

Kegiatan ini dihadiri Kepala Badan Litbang SDM Kominfo, Hary Budiarto; Kepala BPPTIK, Nusirwan; Sekretaris Badan Litbang SDM Kominfo, Haryati; Kepala BPSDMP Bandung, Betty; Para Ketua Pokja Akademi DTS Kominfo dan para Subkoordinator serta Perwakilan Staf BPPTIK.

Sedangkan perwakilan dari Pemerintah Kota Depok yakni Asisten Ekonomi dan Pembangunan Kota Depok, Sidik Mulyono,beserta jajaran dari dinas OPD kota Depok.

Rapat yang dipimpin oleh Kepala Badan Litbang SDM Kominfo, Hary Budiarto, membahas Program Digital Talent Scholarship (DTS) yakni program pelatihan pengembangan kompetensi yang  telah diberikan kepada masyarakat sejak tahun 2018. Program DTS di tahun 2021 yang lalu secara garis besar dibagi menjadi delapan akademi, yaitui VSGA, TSA, FGA, PRO-A, GTA, DLA, DEA, dan TA. (digitalent.kominfo.go.id)

Dalam sesi diskusi, dibahas rangkaian rencana kegiatan pelatihan untuk pemerintah Kota Depok, dengan kuota peserta yang diajukan sebanyak 2.000 peserta yang ditujukan untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) dan masyarakat umum.

Asisten Ekonomi dan Pembangunan Kota Depok, Sidik Mulyono, menyampaikan Pemerintah Kota Depok menyambut baik dan tertarik untuk bekerjasama dalam 2 program DTS, yaitu Fresh Graduate Academy (FGA) dan Government Transformation Academy (GTA).  Untuk program FGA Diskominfo akan bekerjasama dengan Dinas Tenaga Kerja Kota Depok.

Sementara itu, Kepala BPPTIK, Nusirwan, menyampaikan berbagai program pengembangan dan kerjasama BPPTIK dalam pengembangan SDM bidang TIK sudah dilakukan dengan berbagai pihak dalam skala nasional bahkan internasional karena peran kolaborasi sangat penting untuk percepatan dan optimalisasi hasil.

 

Pada sesi akhir, Kepala Litbang SDM Kominfo, Hary Budiarto, berharap Memorandum of Understanding (MoU) dan Perjanjian kerjasama ini dapat segera disahkan bersama supaya kolaborasi antar instansi dan pemerintah semakin kuat dan dapat mempercepat akselerasi pengembangan SDM di Bidang Digital. (rf/ars/hp)

Survei

Apakah informasi pada konten ini sesuai dengan tujuan website BPPTIK?
Sangat Tidak SesuaiTidak SesuaiSesuaiSangat Sesuai
(Belum ada yang menilai)
Loading...
 

Tags: , , ,