Pembukaan Bimbingan Teknis Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bagi Anak-anak secara Daring (Online)

Pembukaan Bimbingan Teknis Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bagi Anak-anak secara Daring (Online)

BPPTIK – Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (BPPTIK) Menyelenggarakan Kegiatan “Bimbingan Teknis Literasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Bagi Anak-Anak Secara Daring (Online) Tahun 2021”. Kegiatan Bimbingan Teknis dilaksanakan dari tanggal 30 November 2021 secara daring (online). Peserta yang terlibat dalam pelatihan ini berjumlah 76 orang yang merupakan anak-anak usia sekolah yang sudah bisa mengakses alat komunikasi HP/komputer, yang berasal dari seluruh Indonesia.

Kegiatan dibuka oleh Subkoordinator Tata Usaha, dan dihadiri oleh Subkoordinator Penyelenggaraan Pelatihan Umum, serta para narasumber dari relawan TIK.

Subkoordinator Tata Usaha, Ibu Anik Hastutiningsih, menyampaikan Penggunaan Internet di lingkungan masyarakat meningkat sejak pandemi Covid-19, disebabkan rendahnya aktivitas ke luar rumah dan meningkatnya kegiatan mengakses informasi melalui gadget, diantaranya untuk sekolah daring, belanja, berinteraksi sosial, bahkan bekerja di rumah secara daring. Dibutuhkan pengetahuan literasi digital agar masyarakat, khususnya anak-anak, agar dapat melakukan proses saring informasi secara mandiri. Kemampuan mengakses internet mengharuskan penggunanya, khususnya anak-anak, untuk memiliki pengetahuan teknologi, utamanya mengakses Internet yang mumpuni. Literasi digital bagi anak-anak sangat penting agar penggunaan Internet dapat berdampak positif bagi perkembangan dan pendidikan anak. Anak-anak harus melek teknologi dan memiliki wawasan luas, sehingga lebih mampu mengambil sisi positif internet sekaligus melindungi dari sisi negatif. Beliau mengajak peserta untuk menjadi netizen yang cerdas dan terliterasi, karena anak-anak merupakan generasi penerus bangsa.

Materi pertama disampaikan oleh Ibu Komang Tri Werthi dari Relawan TIK Provinsi Bali. Materi yang disampaikan terdiri dari Tantangan dan Peluang di era Revolusi Industri 4.0, 4 langkah strategis menghadapi insdustri 4.0, dan 3 fungsi penggunaan TIK dalam kegiatan pembelajaran.

Ibu Komang Tri Werthi menyampaikan Materi pada Bimtek Literasi TIK bagi Anak-anak

Ibu Komang Tri Werthi menyampaikan Materi pada Bimtek Literasi TIK bagi Anak-anak

Materi kedua disampaikan oleh Bapak I Wayan Adi Karnawa dari Relawan TIK Provinsi Bali. Materi yang disampaikan adalah Fasilitas dan Layanan Pendukung dalam Internet, terutama Macam-macam Layanan di Internet.

Bapak I Wayan Adi Karnawa menyampaikan Materi Fasilitas dan Layanan Pendukung dalam Internet

Bapak I Wayan Adi Karnawa menyampaikan Materi Fasilitas dan Layanan Pendukung dalam Internet

Bimbingan teknis TIK bagi Anak-anak diharapkan dapat memaksimalkan potensi anak dalam memanfaatkan Internet bagi pembelajaran dan bagi aktivitas virtual yang berdampak positif. (bpptik/aw/lpa)

Survei

Apakah informasi pada konten ini sesuai dengan tujuan website BPPTIK?
Sangat Tidak SesuaiTidak SesuaiSesuaiSangat Sesuai
(1 orang telah menilai. Nilai rata-rata: 1,00, dari nilai maksimal 4)
Loading...
 

Tags: , , , ,