Cikarang, BPPTIKPeserta pelatihan TIK bagi disabilitas yang mengikuti pendampingan pelatihan TIK di BPPTIK, sukses meraih medali emas dan medali perunggu dalam lomba Global IT Challenge (GITC) for Youth with Disabilities ke-7 tahun 2021 yang pelaksanaanya dilakukan secara daring pada tanggal 20-21 Oktober 2021.

Abiyu Ezar Firdausi, remaja berumur 15 tahun dari Cilacap meraih juara pertama (Best Award) di dalam lomba e-LifeMap. Abiyu, seorang remaja penyandang disabilitas fisik, pintar dan fasih berbahasa Inggris akhirnya meraih gelar bergengsi tersebut..

Selanjutnya, perwakilan Indonesia lainnya yang menjadi juara pada perlomban GITC 2021 adalah Revara Alya Almasya. Revara penyandang disabilitas pendengaran, yang baru berumur 15 tahun. Ia menyabet juara ketiga dalam lomba e-Tool Powerpoint.

 

Capaian dua peserta yang mengikuti GITC 2021 ini tidak lepas dari pendampingan pelatihan TIK bagi disabilitas yang dilaksanakan di BPPTIK pada tanggal 17-18 Oktober 2021. Kegiatan pendampingan pelatihan bidang TIK tersebut adalah hasil kolaborasi antara BPPTIK Kominfo dengan Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Nasional.

Kementerian Kominfo melalui BPPTIK secara penuh mendukung dan selalu memberikan perhatian penuh pada pengembangan SDM bidang TIK bagi siapapun. Selain itu, komitmen BPPTIK  dalam hal ini diwujudkan dalam  keterlibatan BPPTIK rangkaian acara GITC sejak 2018. Dalam lomba GITC 2021 ini BPPTIK melakukan pendampingan pelatihan bagi peserta lomba GITC dari seluruh Indonesia. Peserta yang terlibat dalam pendampingan pelatihan ini berjumlah 12 orang yang berasal dari Jabodetabek secara luring dan 11 orang dari luar Jabodetabek secara daring. Adapun materi yang diperdalam untuk persiapan tahapan final lomba beberapa waktu yang lalu adalah e-tool, Excel, eTool PowerPoint, dan eLifeMap.

Sebagai informasi, BPPTIK pada tahun 2018 juga telah berpartisipasi dalam GITC. Pada tahun tersebut, BPPTIK turut serta mendampingi delegasi Indonesia ke GITC 2018 di India. Pada saat itu, delegasi Indonesia meraih juara umum sebagai Global IT Leader Award. (yhy/ars/hmp)

Pelatihan TIK Bagi Disabilitas di BPPTIK

Pelatihan TIK Bagi Disabilitas di BPPTIK

 

Survei

Apakah informasi pada konten ini sesuai dengan tujuan website BPPTIK?
Sangat Tidak SesuaiTidak SesuaiSesuaiSangat Sesuai
(Belum ada yang menilai)
Loading...