BPPTIK – Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPPTIK) menyelenggarakan Pelatihan Teknis Bidang TIK bagi ASN Angkatan V Tahun 2021 di BPPTIK Kominfo secara Daring.

Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 23 Agustus – 03 September 2021 secara Daring melalui media B’Learning BPPTIK dan aplikasi video conference Zoom Meeting. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kerjasama antara Kementerian Kominfo, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), dan Kementerian Ketenagakerjaan. Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan kompetensi teknis bidang TIK bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di seluruh Indonesia dalam menggunakan dan/atau mengelola TIK secara professional dalam melaksanakan tugas dan fungsinya. Selain itu, peserta diharapkan dapat mendukung e-Governmentdan pelayanan public berbasis online kepada masyarakat luas. Acuan dari Pelatihan Teknik Bidang TIK ini adalah PP PNBP No. 80 tahun 2015 dan bersertifikasi SKKNI.

Pembukaan diawali dengan laporan ketua panitia penyelenggara, oleh Sub Koordinator Penyelenggara Pelatihan Aparatur BPPTIK Kementerian Kominfo. Pembukaan turut dihadiri oleh Kepala BPPTIK, Kepala Pusdiklat BRIN, Para pejabat di lingkungan BRIN, para tenaga pengajar, serta para peserta pelatihan. Total peserta pada kegiatan ini berjumlah 175 orang peserta, yang terbagi atas 51 peserta Pelatihan Fundamental Graphic Design, 75 peserta pelatihan Office Operator untuk Perkantoran, 22 peserta pelatihan Fundamental Database Development, 15 peserta pelatihan Fundamental Networking dan 12 peserta Pelatihan Fundamental Web Design. Jumlah tenaga pengajar berjumlah 11 orang yang berasal dari BPPTIK, Akademisi, dan Relawan TIK.

Sambutan dari Kepala Pusdiklat BRIN

Sambutan dari Kepala Pusdiklat BRIN

Kepala Pusdiklat BRIN memberikan sambutan pada kegiatan pembukaan tersebut. Kegiatan ini bukan pertama kali BRIN melaksanakan kerjasama dengan BPPTIK Kominfo. Beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk pemenuhan hak bagi ASN di lingkungan BRIN, yaitu mendapatkan pelatihan minimal 20 Jam Pelajaran (JP) dalam setahun. Diharapkan para peserta mengikuti pelatihan dengan baik karena pelatihan ini merupakan bentuk investasi kompetensi dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai pejabat fungsional. Di akhir sambutan, beliau berpesan agar tetap menjaga kesehatan dalam kegiatan pelatihan secara daring ini.

Para Peserta Kegiatan Pembukaan Pelatihan Teknis Bagi ASN Angkatan V tahun 2021

Para Peserta Kegiatan Pembukaan Pelatihan Teknis Bagi ASN Angkatan V tahun 2021

Kemudian dilanjutkan oleh, Kepala BPPTIK Kementerian Kominfo untuk memberikan sambutan serta membuka kegiatan ini secara resmi. Dalam sambutannya, Kepala BPPTIK menyampaikan bahwa peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam kompetensi TIK merupakan suatu keharusan berdasarkan Instruksi Presiden. Beliau berharap di masa yang akan datang, dapat dilaksanakan pelatihan pada tingkat yang lebih tinggi dan spesifik lagi. Jadi, kegiatan ini dapat menjadi awal dan dasar dalam peningkatan kompetensi ASN yang lebih optimal lagi. Pembukaan pelatihan ini ditutup dengan doa bersama. (bpptik/nfm/rie)

Survei

Apakah informasi pada konten ini sesuai dengan tujuan website BPPTIK?
Sangat Tidak SesuaiTidak SesuaiSesuaiSangat Sesuai
(1 orang telah menilai. Nilai rata-rata: 4,00, dari nilai maksimal 4)
Loading...