BPPTIK – Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPPTIK) menyelenggarakan Pelatihan Teknis Bidang TIK bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) Angkatan III Tahun 2021 di BPPTIK Kominfo secara Daring.

Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 14 – 25 Juni 2021 secara Daring melalui media B’Learning BPPTIK dan aplikasi video conference Zoom Meeting. Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan kompetensi teknis bidang TIK bagi Aparatur Sipil Negara dan mendukung implementasi e-Government di Indonesia. Pelatihan ini diselenggarakan dengan sumber dana dari Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang terdiri dari tiga bidang pelatihan, yaitu Fundamental Database Development, Fundamental Graphic Design, dan Office Aplication untuk Perkantoran.

Jumlah peserta yang mengikuti pelatihan ini adalah sebanyak 64 orang yang berasal dari Universitas Tidar dan seluruh instansi pemerintahan pusat maupun daerah di seluruh Indonesia. Jumlah tenaga pengajar berjumlah 6 orang yang berasal dari BPPTIK, Akademisi, dan Relawan TIK.

 

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kepala BPPTIK Kementerian Kominfo, Bapak DR. Nusirwan, S.Ag., M.Si. pada hari Senin tanggal 14 Juni 2021 melalui video conference Zoom Meeting. Pembukaan turut dihadiri oleh Subkoordinator Penyelenggara Pelatihan Aparatur BPPTIK, Bapak Hary Yudhanto, para tenaga pengajar, serta para peserta pelatihan.

Pada kesempatan tersebut, Kepala BPPTIK Kementerian Kominfo menyampaikan bahwa perkembangan Teknologi Informasi yang semakin pesat tidak dapat dihindari dan perlunya kesiapan ASN dalam menghadapi perkembangan tersebut. Hal tersebut sesuai dengan yang tertuang pada Peraturan Presiden No. 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). SPBE ditujukan untuk untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya.

Pelaksanaan SPBE tentu dapat terwujud dengan adanya infrastruktur serta SDM TIK yang memadai, terutama bagi ASN. Pelatihan bidang TIK bagi ASN yang diselenggarakan oleh BPPTIK Kementerian Kominfo ini merupakan wujud konkrit untuk mempersiapkan ASN Indonesia dalam mewujudkan e-government. Di samping itu, Kementerian Kominfo pada tahun ini juga membuka Program Digital Talent Scholarship (DTS) sebagai program beasiswa di bidang TIK bagi masyarakat umum dan ASN.

Kepala BPPTIK Kementerian Kominfo juga menyampaikan harapannya agar ASN pusat maupun daerah dapat terus berpartisipasi aktif untuk mengikuti pelatihan bidang TIK yang diselenggarakan BPPTIK baik secara online maupun offline. Diharapkan juga ASN Indonesia dapat terus mengembangkan keterampilan bidang TIK ke jenjang yang lebih tinggi.

Pembukaan pelatihan ini ditutup dengan doa bersama. (bpptik/kat/rie)

Survei

Apakah informasi pada konten ini sesuai dengan tujuan website BPPTIK?
Sangat Tidak SesuaiTidak SesuaiSesuaiSangat Sesuai
(Belum ada yang menilai)
Loading...