BPPTIK Perkembangan teknologi semakin pesat, aktivitas kehidupan manusia saat ini didukung oleh teknologi di era revolusi industri 4.0, hal ini menjadi tugas besar bagi pemerintah dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia menuju Indonesia Terkoneksi dan Semakin digital. Saat ini pemerintah Indonesia sedang mempersiapkan talenta digital melalui Badan Litbang SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Kepala Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo, Dr. Hary Budiarto, M.Kom dan Kepala BPPTIK Kementerian Kominfo, Dr. Nusirwan, M.Si menghadiri kegiatan Sosialisasi Program Digital Talent Scholarship Tahun 2021 yang berkolaborasi dengan Universitas Pamulang yang diselenggarakan hari Jumat tanggal 09 April 2021 secara daring melalui aplikasi konferensi video dan live streaming melalui kanal youtube digitalent media.

Kegiatan sosialisasi ini dihadiri pula oleh Ketua Yayasan Sasmita Jaya, Dr. Hc. H. Darsono; Rektor Universitas Pamulang, Dr. E. Nurzaman, AM., M.M, M.Si.; Ketua Pelaksana Kegiatan, Ahmad Udin serta seluruh sivitas Universitas Pamulang.

Sasaran Strategis Digital Talent Scholarship 2021

Dalam sesi pertama, Kepala Badan Litbang SDM menyampaikan materi tentang “Program Digital Talent Scholarship Tahun 2021”. Digital Talent Scholarship merupakan salah satu program Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Kominfo yang memiliki sasaran untuk mempersiapkan talenta digital yang dibutuhkan pasar kerja. Program DTS tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, sasaran stategis ini diperuntukkan tidak hanya untuk mahasiswa/lulusan TIK namun dapat diikutsertakan oleh mahasiswa/lulusan non TIK dan diselenggarakan secara gratis.

Menurut Dr. Hary Budiarto menuturkan bahwa “Talenta Digital itu tidak hanya menguasai hard skills namun harus memiliki soft skills dan etchical. Di masa Pandemi Covid-19 ini tidak menghalangi untuk meningkatkan dan mengasah skills yang kita miliki.”

Akademi Digital Talent Scholarship Tahun 2021

Tahun 2021 program Digital Talent Scholarship terdapat beberapa Akademi yaitu :

  1. Vocational School Graduate Academy (VSGA),
  2. Fresh Graduate Academy (FGA),
  3. Thematic Academy (TA),
  4. Profesional Academy (PROA),
  5. Government Transformation Academy (GTA),
  6. Digital Entrepreneurship Academy (DEA),
  7. Talent Scouting Academy (TSA).

Peran BPPTIK dalam Program Digital Talent Scholarship

Sesi kedua, Kepala BPPTIK, menjelaskan materi mengenai tentang pengenalan BPPTIK dan program Digital Talent Scholarship yang diselenggarakan di BPPTIK. BPPTIK Kementerian Kominfo merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) di lingkungan Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo, dan menjadi salah satu tempat pengembangan SDM di bidang TIK bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan masyarakat umum.

Tahun 2021, BPPTIK memiliki target Digital Talent Scholarship sebanyak 11.000 orang yang terdiri dari 4 akademi sebagai berikut:Vocational Shool Graduate Academy (VSGA), Digital Entrepreneurship Academy (DEA), Thematic Academy (TA) dan Government Transformation Academy (GTA).

 

Sebagai Informasi lebih lanjut mengenai pelatihan dan sertifikasi di BPPTIK Kominfo dan program Digital Talent Scholarship silakan untuk mengunjungi website https://bpptik.kominfo.go.id/ dan https://digitalent.kominfo.go.id/. (sm/ars)

Survei

Apakah informasi pada konten ini sesuai dengan tujuan website BPPTIK?
Sangat Tidak SesuaiTidak SesuaiSesuaiSangat Sesuai
(2 orang telah menilai. Nilai rata-rata: 4,00, dari nilai maksimal 4)
Loading...