BPPTIK-Sabtu, (20/3/2021), Kepala Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo, Dr. Hary Budiarto, M.Kom dan Kepala BPPTIK Kementerian Kominfo, Dr. Nusirwan, M.Si melakukan Sosialisasi Digital Talent Scholarship (DTS) Tahun 2021 yang berkolaborasi  dengan STMIK Bani Saleh Bekasi. Acara yang dihadiri pula oleh Ketua STMIK Bani Saleh, Taufik Maulana; Ketua APTISI 4A, Assoc Prof. Makmur HS, M.Eng., Sc serta para sivitas STMIK Bani Saleh diselenggarakan secara virtual melalui aplikasi video conference dan disiarkan dengan live streaming melalui kanal youtube digitalent media.

Dalam kesempatan tersebut, Dr. Hary Budiarto menjelaskan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di Indonesia. salahsatu program Pengembangan SDM tersebut ialah Digital Talent Scholarship (DTS).  Program yang sudah berjalan sejak tahun 2018 ini didasari oleh arahan Presiden Republik Indonesia dalam Perencanaan Transformasi Digital, salah satunya yakni “Persiapkan kebutuhan SDM Talenta Digital”. Pada tahun 2021 DTS, membuka 8 Akademi Pelatihan yang terbuka secara gratis.

Tak hanya pelatihan, program DTS memiliki progam lanjutan untuk mempertemukan pencari kerja dengan industri yakni dengan memfasilitasi melalui aplikasi Sistem Informasi Monitoring Alumni Serttifikasi (Simonas). Aplikasi ini bertujuan untuk mempertemukan para alumni Digital Talent Scholarship (DTS) yang telah dinyatakan kompeten dan memiliki sertifikat kompetensi dengan para Perusahaan/Startup yang membuka lowongan

Peran BPPTIK dalam Pengembangan SDM dan Program DTS 2021

Sementara itu, Kepala BPPTIK, Dr. Nusirwan, S.Ag. M.Si, memberikan paparan materi terkait tugas dan fungsi BPPTIK dalam pengembangan SDM Talenta Digital dan peran BPPTIK dalam akademi DTS.

Tahun 2021 BPPTIK akan menjalan beberapa akademi di Digital Talent Scholarship. akademi tersebut antara lain: Vocational Shool Graduate Academy (VSGA), Digital Entrepreneurship Academy (DEA), Thematic Academy (TA) dan Government Transformation Academy (GTA).

Dalam perihal kemitraan dengan BPPTIK Nusirwan menjelaskan “BPPTIK membuka untuk bekerjasama atau kemitraan dengan pihak nasional ataupun internasional untuk meningkatkan sumber daya manusia di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi” tuturnya.

BPPTIK adalah salahsatu UPT Balitbang SDM yang memiliki standar umum dalam pelatihan dan infrastruktur TIK. seperti saat masa pandemic, pelatihan dan sertifikasi di BPPTIK telah menggunakan Learning Management System (B-Learning) sehingga program pengembangan SDM di bidang Digital tidak terhambat.

Untuk Informasi lebih lanjut mengenai BPPTIK, Digital Talent Scholarship dan Simonas silakan untuk mengunjungi website resmi (sm/ars)

BPPTIK

Digital Talent Scholarship 2021

SIMONAS

Survei

Apakah informasi pada konten ini sesuai dengan tujuan website BPPTIK?
Sangat Tidak SesuaiTidak SesuaiSesuaiSangat Sesuai
(Belum ada yang menilai)
Loading...
 

Tags: , , , , ,