BPPTIK – Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPPTIK) menyelenggarakan Pelatihan Teknis Bidang TIK bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) Angkatan I Tahun 2021 di BPPTIK Kominfo secara Daring.

Kegiatan  dilaksanakan pada tanggal 22 Maret – 1 April 2021 secara Daring melalui media B’Learning BPPTIK dan aplikasi video conference Zoom Meeting. Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan kompetensi teknis bidang TIK bagi Aparatur Sipil Negara dan mendukung implementasi e-Government di Indonesia. Pelatihan ini diselenggarakan dengan sumber dana dari Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang terdiri dari dua bidang, yaitu Fundamental Graphic Design dan Office Operator untuk Perkantoran.

Jumlah peserta yang mengikuti pelatihan ini adalah sebanyak 41 orang yang berasal dari seluruh instansi pemerintahan pusat maupun daerah di seluruh Indonesia. Jumlah tenaga pengajar berjumlah 4 orang yang berasal dari BPPTIK dan Relawan TIK.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kepala Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo, Bapak Dr. Hary Budiarto, MKom pada hari Senin tanggal 22 Maret 2021. Pembukaan turut dihadiri oleh Kepala BPPPTIK, Pak Nusirwan, Subkoordinator Penyelenggara Pelatihan Aparatur BPPTIK, para tenaga pengajar, serta para peserta pelatihan. Pada kesempatan tersebut, Kepala Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo, memberikan materi pembekalan Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi secara Nasional.

Beliau berterimakasih dan mengapresiasi terlaksananya kegitan ini sebagai bentuk upaya Transformasi Digital sesuai instruksi Presiden. Materi yang disampaikan terdiri dari 6 poin utama, yaitu Cyberspace dan Eranya, Situasi Pandemi, Transformasi Digital, Kebutuhan Talenta Digital, Peningkatan Profesi Digital, serta Program Digital Talent Scholarship.  Terdapat 5 arahan presiden dalam Perencananaan Transformasi digital untuk menghadapi Revolusi Industri 4.0, yaitu :

  1. Perluas akses dan peningkatan infrastruktur digital;
  2. Persiapkan roadmap tansformasi digital sektor-sektor strategis, baik di pemerintahan, layanan publik, bantuan sosial, sektor pendidikan, sektor kesehatan, perdagangan, sektor industri, sektor penyiaran;
  3. Percepatan Integrasi Pusat Data Nasional;
  4. Persiapkan kebutuhan SDM talenta digital; dan
  5. Presiden meminta yang bekraitan dengan regulasi, berkaitan dengan skema-skema pendanaan dan pembiayaan transformasi digital segera disiapkan secepat-cepatnya.

Kegiatan pelatihan ini masuk ke dalam poin 4 dalam mempersiapkan talenta digital untuk revolusi 4.0 dan menghadapi transformasi digital. Berdasarkan strategi pembangunan transformasi digital 2020-2024, ditargetkan ekonomi kreatif dan ekonomi digital dapat menjadi sumber pertumbuhan.

Pada akhir materi, beliau menyampaikan informasi terkait beasiswa S2 luar negeri tahun 2021 yang diberikan oleh Kominfo dan pelatihan pengembangan kompetensi yang dikemas dalam bentuk kegiatan Digital Talent Scholarship. Diharapkan kita bersama-sama dapat menyukseskan arahan dari Presiden untuk bertransformasi digital.

Pembukaan pelatihan ini ditutup dengan doa bersama. (bpptik/nfm/rie)

Survei

Apakah informasi pada konten ini sesuai dengan tujuan website BPPTIK?
Sangat Tidak SesuaiTidak SesuaiSesuaiSangat Sesuai
(Belum ada yang menilai)
Loading...