Pembukaan Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi Bidang TIK Berbasis SKKNI Gelombang ke-3 Tahun 2021 Secara Online

Pembukaan Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi Bidang TIK Berbasis SKKNI Gelombang ke-3 Tahun 2021 Secara Online

BPPTIK – Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPPTIK) menyelenggarakan kegiatan Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi Berbasis Standar Kompetensi Kerja Nasional (SKKNI) Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Gelombang ke-3 tahun 2021 secara daring (online).

Kegiatan ini diselenggarakan pada tanggal 8 – 26 Maret 2021 secara online, melalui LMS (Learning Management System) BPPTIK yaitu B-Learning dan aplikasi video conference. Peserta yang terlibat dalam kegiatan ini sebanyak 240 orang dari 1.966 pendaftar secara online pada SIPS (Sistem Informasi Pelatihan dan Sertifikasi) BPPTIK. Program Pelatihan yang dibuka merupakan pelatihan dan sertifikasi berbasis okupasi nasional, yaitu Junior Office Operator, Junior Web Developer, Junior Graphic Designer, Teknisi Utama Jaringan Komputer, dan Junior Network Administrator.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kepala Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo, Hary Budiarto, pada hari Senin (08/03/2021) melalui aplikasi Zoom Meeting. Pembukaan turut dihadiri oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bekasi, Suhup; Kepala Bidang Pelatihan Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bekasi, Betty Kusuma Wardani; Kepala BPPTIK, Nusirwan; Para Subkoordinator BPPTIK, serta para tenaga pengajar.

Kepala Balitbang SDM Membuka Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi Bidang TIK Berbasis SKKNI Gelombang ke-3 Tahun 2021 Secara Online

Kepala Balitbang SDM Membuka Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi Bidang TIK Berbasis SKKNI Gelombang ke-3 Tahun 2021 Secara Online

Di Era Revolusi Industri 4.0 ini banyak cabang teknologi digital yang harus kita kuasai, antara lain Big Data, kecerdasan artifisial, robotik, dan sebagainya. Untuk bersaing di pasar global, maka peningkatan SDM itu sangat diperlukan untuk menguasi teknologi, yang dinamakan teknologi revolusi industri 4.0. Untuk itu pemerintah menyelenggarakan program pelatihan dan sertifikasi kompetensi bidang teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) berbasis Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI). Selain itu Kementerian Kominfo membuka juga program Digital Talent Scholarship (DTS) untuk mencapai 4 sasaran yaitu: Mengurangi pengangguran bidang kominfo, Alih kompetensi (reskilling dan upskilling) akibat layoff, Peningkatan daya saing, dan Penguatan kelembagaan.

Materi Dari Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bekasi

Materi Dari Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bekasi

Pada sesi berikutnya, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bekasi, Suhup, menyampaikan secara garis besar kondisi ketenakerjaan di Kabupaten Bekasi. Sesi selanjutnya dilanjutkan dengan pemaparan Kepala Bidang Pelatihan Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bekasi, Betty Kusuma Wardani, mengenai “Kebijakan Pengelolaan SDM Dan Ketenagakerjaan Kabupaten Bekasi”. Beliau mengatakan peluang kerja yang ada di Kabupaten Bekasi, baik sektor Industri maupun sektor-sektor lainnya, membuka peluang untuk menyerap tenaga kerja di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi. Kementerian Ketenagakerjaan menyiapkan aplikasi SISNAKER Layanan untuk registrasi dan informasi Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) yang ada di Kabupaten Bekasi. Ada juga SISNAKER Layanan pelaksanaan sertifikasi profesi. (bpptik/aw/lpa)

Survei

Apakah informasi pada konten ini sesuai dengan tujuan website BPPTIK?
Sangat Tidak SesuaiTidak SesuaiSesuaiSangat Sesuai
(1 orang telah menilai. Nilai rata-rata: 4,00, dari nilai maksimal 4)
Loading...
 

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,