https://pixabay.com/photos/painter-paint-cans-brush-paintbrush-1246619/

 https://pixabay.com/photos/painter-paint-cans-brush-paintbrush-1246619/

Hallo sobat BPPTIK! Mengetahui arti sebuah warna pada sebuah logo atau bentuk desain adalah salahsatu hal yang penting karena dengan mengetahui makna warna atau psikologi warna bisa memberikan pengaruh positif atau negatif atau secara emosional terhadap penikmat visual.

Artikel ini akan menjelaskan secara umum pentingnya arti warna dalam logo atau sebuah karya desain agar tujuan dan makna pesannya dapat tersampaikan dengan baik.

Berikut makna warna dan penggunaannya dalam sebuah logo:

  • Biru

Biru  merupakan warna yang membawa kepercayaan dan profesionalisme. Warna ini sangat populer digunakan pada perusahaan keuangan, keamanan dan teknologi. Oleh sebab itu jika kamu melihat bahwa sebagian besar logo aplikasi di smartphone kamu ada kombinasi warna biru, mungkin karena warna biru terkait maknanya dengan dunia teknologi.

  • Orange

Orange adalah warna sekunder hasil dari penggabungan warna merah dan warna kuning.  Orange membawa kesan kreatif, bahagia, kebebasan dan kepercayaan diri. Umumnya perusahaan yang mempunyai budaya kerja atau semangat kerja kreativitas dan kebebasan akan memilih warna ini sebagai salahsatu warna identitas perusahaannya.

  • Merah

Merah membawa kesan semangat, menarik, energi, dan kemarahan. Warna merah juga melambang emosi yang kuat seperti romantisme cinta dan dapat pula menggambarkan atau memicu nafsu makan, warna ini sering digunakan pada perusahaan/  penyedia makanan cepat saji.

  • Kuning

Kuning merupakan warna yang membawa kesan bahagia dan optimis. Pengunaan warna kuning mudah menarik perhatian karena menyolok jika dibandingkan dengan warna primer lainnya. Warna kuning sering dipergunakan oleh perusahaan perusahaan yang berjiwa muda, kreativitas.

  • Ungu

Ungu membawa kesan kemakmuran. Selain itu jika warna ungu digabungkan warna emas dapat menampilkan unsur kemewahan dan kekayaan.

  • Hijau

Hijau sering dikatikan dengan alam. Warna hijau merupakan warna yang membawa kesan sehat dan alami/natural. Umumnya warna ini menjadi pilihan untuk menggambarkan kesan alami atau kesan yang ramah lingkungan.

  • Hitam

Hitam membawa kesan elegan, klasik, kepuasan, kekuatan. Merek mereka fashion ternama international sering menggunakan warna hitam yang membuat produknya semakin eksklusif. Namun warna hitam dapat memiliki konotasi negatif karena mengisyaratkan kematian, ketakutan, dan duka.

  • Putih

Putih membawa kesan kemurnian, kepolosan dan menciptakan estetika minimalis. Putih juga merupakan warna paling netral dari semua dan bisa dideskripsikan sebagai dasar untuk warna lain yang lebih menarik. Putih biasa digunakan pada merek kesehatan dan kecantikan untuk menyampaikan sesuatu yang murni.

Nah, sobat BPPTIK, Itu dia arti sebagian kecil makna  warna dan penggunaannya.  Semoga dari pembahasan singkat ini dapat menambah wawasan kita tentang Desain Grafis. (danfeb/ars)

Sumber:

Sumber Bacaan 1

Sumber Bacaan 2

Sumber Bacaan 3

Sumber Bacaan 4

Survei

Apakah informasi pada konten ini sesuai dengan tujuan website BPPTIK?
Sangat Tidak SesuaiTidak SesuaiSesuaiSangat Sesuai
(2 orang telah menilai. Nilai rata-rata: 4,00, dari nilai maksimal 4)
Loading...