Pembukaan Kegiatan Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi Bidang TIK Berbasis SKKNI Gelombang ke-8 Tahun 2020

Pembukaan Kegiatan Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi Bidang TIK Berbasis SKKNI Gelombang ke-8 Tahun 2020

BPPTIK – Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPPTIK) menyelenggarakan kegiatan Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) berbasis Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Gelombang ke-8 tahun 2020 secara offline.

Kegiatan ini diselenggarakan pada tanggal 30 November – 4 Desember 2020. Peserta yang terlibat dalam kegiatan ini sebanyak 75 orang dari 894 pendaftar secara online pada SIPS (Sistem Informasi Pelatihan dan Sertifikasi) BPPTIK. Program Pelatihan yang dibuka merupakan pelatihan dan sertifikasi berbasis okupasi nasional, yaitu Junior Office Operator dan Junior Network Administrator. Seluruh pelaksanaan kegiatan berpedoman pada protokol dari Kementerian Kesehatan, antara lain seluruh peserta, pengajar, asesor, dan panitia melakukan rapid test, jumlah peserta dalam satu ruangan maksimal 50% dari kapasitas kelas, menjaga jarak, selalu menggunakan masker, dan menyediakan fasilitas cuci tangan serta hand sanitizer.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Sekretaris Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo, Ibu Haryati, pada hari Senin (30/11/2020). Pembukaan turut dihadiri oleh Para Widyaiswara Utama Pusdiklat Kominfo, Ibu Farida Dwi Cahyarini dan Ibu Sri Cahaya Khoironi; perwakilan LSP Komputer, Ibu Titing Widiyastuti; Kepala BPPTIK, Nusirwan; para Subkoordinator BPPTIK, serta para tenaga pengajar. Pada kesempatan tersebut Sekretaris Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo, Ibu Haryati juga memberikan materi pembekalan kepada peserta dengan tema “Komitmen Pemerintah Dalam Menyiapkan SDM TIK dan Ekonomi Digital”. Dalam pemaparannya, Beliau menjelaskan pada saat pandemi seperti ini semua masyarakat diminta untuk lebih banyak berkegiatan di rumah. Untuk melakukan aktivitas di rumah tersebut masyarakat banyak menggunakan media teknologi. Di Era Revolusi Industri 4.0 aspek yang sangat penting adalah sumber daya manusia, yang sangat mendesak untuk disiapkan. Di Era Digital kita semakin dituntut memiliki sikap, kreatif, inovatif, fast learner, percaya diri, kolaborasi, dan komunikasi. Sejalan dengan Rencana Strategis Kementerian Kominfo 2020-2024 untuk pengembangan SDM, Badan Litbang SDM memfokuskan pada program Digital Talent Scholarship untuk mencapai 4 sasaran yaitu: mengurangi pengangguran bidang Kominfo, alih kompetensi (reskilling dan upskilling), peningkatan daya saing, dan penguatan kelembagaan. Untuk informasi lebih lengkap mengenai Digital Talent Scholarship (DTS) bisa mengakses melalui website digitalent.kominfo.go.id.

Pembukaan Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi Bidang TIK Berbasis SKKNI Gelombang ke-8 Tahun 2020

Pembukaan Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi Bidang TIK Berbasis SKKNI Gelombang ke-8 Tahun 2020

Pada sesi berikutnya, Ibu Farida Dwi Cahyarini, Widyaiswara Utama Pusdiklat Kominfo, memberikan sosialisasi “Survei Eksternal Reformasi Birokrasi Kementerian PANRB”. Beliau menjelaskan tujuan melakukan survei untuk mengetahui persepsi pengguna layanan terhadap pelayanan publik dan budaya anti korupsi pada instansi pemerintah. Kegiatan sosialisasi ini juga diikuti secara online oleh para peserta Digital Entrepreneurship Academy yang sebelumnya telah mengikuti pelatihan di BPPTIK.

Kegiatan Pelatihan dan Sertifikasi bidang TIK ini adalah program tahunan BPPTIK bagi angkatan kerja muda. Seluruh pembiayaan program ini dibebankan kepada APBN tahun 2020, sehingga peserta tidak dibebankan biaya apapun. (bpptik/aw/lpa)

Survei

Apakah informasi pada konten ini sesuai dengan tujuan website BPPTIK?
Sangat Tidak SesuaiTidak SesuaiSesuaiSangat Sesuai
(3 orang telah menilai. Nilai rata-rata: 4,00, dari nilai maksimal 4)
Loading...
 

Tags: , , , , , , , , , ,