Pembukaan Pelatihan Digital Entrepreneurship Academy Batch Ke-3 Tahun 2020

Pembukaan Pelatihan Digital Entrepreneurship Academy Batch Ke-3 Tahun 2020

BPPTIK – Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPPTIK) menyelenggarakan Pelatihan Digital Entrepreneurship Academy yang merupakan program dari Digital Talent Scholarship. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 19-20 November 2020 secara offline di BPPTIK Kominfo. Jumlah peserta yang mendaftar sebanyak 137 orang melalui website bpptik.kominfo.go.id dan yang diterima sebagai peserta sejumlah 75 orang.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Sekretaris Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo, Ibu Haryati, pada hari Senin (19/11/2020). Pembukaan turut dihadiri oleh Kepala BPPTIK, Nusirwan, Para Subkoordinator BPPTIK, serta para tenaga pengajar. Pada kesempatan tersebut, Sekretaris Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo, Ibu Haryati, juga memberikan materi pembekalan kepada peserta dengan tema “Kompetensi SDM TIK Untuk Pengembangan Ekonomi digital pada Kondisi Normal Baru”. Dalam pemaparannya, Beliau menjelaskan ada beberapa tantangan pengembangan ekonomi digital atau e-commerce di Indonesia. Yang pertama akses internet, kedua keamanan cyber, ketiga logistik yaitu terbatasnya konektivitas dari desa ke kota, keempat perlindungan konsumen, kelima sumber daya manusia itu sendiri, keenam pajak dimana perlakuan pajak yang tidak sama antara pelaku lokal dengan OTT(Over The Top), dan ketujuh pendanaan (keterbatasan skema pendanaan untuk start-up). Fokus perbaikan dari tantangan tersebut dengan cara, transaksi cepat, aman, dan tercatat. Pengiriman barang cepat dan tepat serta penguatan pelaku usaha (UMKM, start-up sebagai backbone e-commerce).

Pembekalan Pelatihan Digital Entrepreneurship Academy Batch Ke-3 Tahun 2020

Pembekalan Pelatihan Digital Entrepreneurship Academy Batch Ke-3 Tahun 2020

Sejalan dengan Rencana Strategis Kementerian Kominfo 2020-2024 untuk pengembangan SDM, Badan Litbang SDM memfokuskan pada program Digital Talent Scholarship untuk mencapai 4 sasaran yaitu: mengurangi pengangguran bidang Kominfo, alih kompetensi (reskilling dan upskilling), peningkatan daya saing, dan penguatan kelembagaan. Untuk informasi lebih lengkap mengenai Digital Talent Scholarship (DTS) bisa mengakses melalui website digitalent.kominfo.go.id.

Pembukaan Pelatihan Digital Entrepreneurship Academy Batch Ke-3 Tahun 2020 Oleh Ses Balitbang SDM

Pembukaan Pelatihan Digital Entrepreneurship Academy Batch Ke-3 Tahun 2020 Oleh Ses Balitbang SDM

Pada sesi berikutnya, Kepala BPPTIK, Nusirwan, menyampaikan materi profil BPPTIK dan memberikan motivasi kepada para peserta dalam menjalani pelatihan di BPPTIK. Para peserta diharapkan dapat mencontoh pebisnis yang sukses seperti Mark Zuckerberg, Jack Ma, dan Nadiem Makarim. Selain itu, ada juga pelaku usaha yang sukses meskipun memiliki keterbatasan seperti Habibie Afsyah, yang pernah diundang sebagai pembicara di BPPTIK.

(Baca: Pembukaan Sertifikasi Kompetensi Bidang TIK Berbasis SKKNI Gelombang ke-2 Hadirkan Habibie Afsyah)

Program Pelatihan Digital Entrepreneurship Academy Batch 3 ini merupakan yang terakhir diselenggarakan di BPPTIK. Seluruh kegiatan pembiayaan program ini dibebankan kepada DIPA Badan Litbang SDM tahun 2020, sehingga peserta tidak dibebankan biaya apapun. (bpptik/aw/lpa)

Survei

Apakah informasi pada konten ini sesuai dengan tujuan website BPPTIK?
Sangat Tidak SesuaiTidak SesuaiSesuaiSangat Sesuai
(1 orang telah menilai. Nilai rata-rata: 4,00, dari nilai maksimal 4)
Loading...
 

Tags: , , , , , , , ,