BPPTIKBalai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPPTIK) bekerjasama dengan United Nations – Asian and Pasific Training Centre for Information and Communication Technology/Economic and Social Commission for Asia and the Pasific (UN-APCICT/ESCAP) menyelenggarakan kegiatan webinar data driven governance.

Kegiatan tersebut diselenggarakan pada tanggal 17 November 2020 secara live streaming, melalui aplikasi video conference (zoom meeting) dengan total peserta pada kegiatan ini berjumlah 380 orang dari total target 200 orang yang berasal dari Aparatur Sipil Negara (ASN) seluruh Indonesia.

Narasumber dalam kegiatan ini antara lain: Samuel Abrijani Pangerapan B.SC (Plt. Kabadan Litbang SDM Kominfo) dengan materi “Satu Data Indonesia dan Perlindungan Data Pribadi”, kemudian Dr. Ir. Basuki Yusuf Iskandar, M.A dengan materi “Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Rangka Data – Driven Governance” dan Prof. Yudho Giri Sucahyo dengan materi “Revolusi, Keadilan, Tata Kelola dan Manajemen Data” serta “Analitik, Kebijakan dan Kultur Data”. Kegiatan juga turut dihadiri oleh Prof. Kiyoung Ko (Director UN-APCICT/ESCAP), Dr. Nusirwan S.Ag., M.Si. (Kepala BPPTIK) dan Dyah Puspito Dewi Widowati, M.Kom sebagai Moderator.

Kebutuhan SDM ASN dibidang TIK sangat memegang peranan penting dalam perubahan global saat ini menuju revolusi industri 4.0. Pada hal inilah, Balitbang SDM dan UN-APCICT/ESCAP memiliki tujuan yang sama, untuk meningkatkan kemampuan dan talenta digital terhadap SDM Indonesia khususnya ASN, serta menyediakan seminar dan pelatihan di bidang TIK yang dapat diberikan kepada seluruh ASN. Urusan pengembangan SDM TIK, BPPTIK menyediakan pelatihan-pelatihan baik yang berbasis PNBP maupun Non PNBP, dapat dilihat dengan mengunjungi website BPPTIK.

BPPTIK dapat melakukan pelatihan secara online maupun offline. BPPTIK menyediakan ruang dan kesempatan yang seluas-luasnya untuk pengembangan SDM TIK. Hal yang perlu menjadi hightlight adalah bahwa yang dibutuhkan oleh SDM ASN pada saat ini merupakan perubahan mindset akan kolaborasi, dan sudah bukan saatnya hal yang bersifat ownership itu kita pertahankan. Teknologi tetaplah teknologi, tidak ada masalah diteknologi, yang dibutuhkan adalah mindset kita sendiri. (bpptik/ns/rie)

Survei

Apakah informasi pada konten ini sesuai dengan tujuan website BPPTIK?
Sangat Tidak SesuaiTidak SesuaiSesuaiSangat Sesuai
(Belum ada yang menilai)
Loading...