Plt. Kepala Balitbang SDM Membuka Kegiatan Pelatihan Digital Entrepreneurship Academy Batch Ke-1 di BPPTIK Kominfo

Plt. Kepala Balitbang SDM Membuka Kegiatan Pelatihan Digital Entrepreneurship Academy Batch Ke-1 di BPPTIK Kominfo

BPPTIK – Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPPTIK) menyelenggarakan Pelatihan Digital Entrepreneurship Academy Batch Ke-1 yang merupakan salah satu program Digital Talent Scholarship. Kegiatan ini diselenggarakan pada tanggal 5 – 6 November 2020 secara offline di BPPTIK Kominfo. Jumlah peserta yang mendaftar 150 orang secara online melalui website bpptik.kominfo.go.id dan yang terseleksi sebagai peserta sejumlah 75 orang. Kegiatan ini merupakan kegiatan offline yang pertama diselenggarakan oleh BPPTIK Kominfo selama pandemi covid-19. Seluruh pelaksanaan kegiatan mengikuti protokol dari Kementerian Kesehatan, seperti seluruh peserta, pengajar, dan panitia melakukan rapid test, jumlah peserta 50% dari kapasitas kelas, menjaga jarak, selalu menggunakan masker, dan menyediakan fasilitas cuci tangan serta hand sanitizer.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Plt. Kepala Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan, pada hari Kamis (05/11/2020) melalui aplikasi Zoom Meeting. Pembukaan turut dihadiri oleh Kepala BPPTIK, Nusirwan, Para Subkoordinator BPPTIK, serta para tenaga pengajar. Pada kesempatan tersebut, Plt. Kepala Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan, juga memberikan materi pembekalan kepada peserta dengan tema “Komitmen Pemerintah Dalam Menyiapkan SDM TIK dan Ekonomi Digital”. Dalam pemaparannya, Beliau menjelaskan bahwa di Era New Normal dan Transformasi Digital Indonesia, Presiden telah menetapkan 5 langkah percepatan transformasi digital, yaitu: percepatan perluasan akses dan peningkatan infrastruktur digital, penyiapan peta jalan (roadmap) transformasi digital di sektor-sektor strategis, percepatan pembangunan dan integrasi pusat data nasional, penyiapan kebutuhan sumber daya manusia talenta digital, serta penyediaan regulasi, skema pendanaan, dan pembiayaan yang mendukung agenda transformasi digital Indonesia.

Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo memproyeksikan lulusan TIK di Indonesia berjumlah 431.899 orang pada tahun 2020, sedangkan kebutuhan industri terhadap SDM TIK mencapai sebanyak 323.662 orang. Dalam rangka mendukung proses transformasi digital, Indonesia membutuhkan talenta digital sebanyak sekitar 9 juta orang selama 15 tahun atau 600.000 orang per tahun. Bentuk stimulus pelatihan yang dilakukan adalah: Siber Kreasi – Skill Digital Dasar, Digital Talent Scholarship – Skill Digital Intermediate, Digital Leadership Academy – Skill Digital Advance. Program pelatihan pengembangan digitalisasi UMKM: Pelatihan kewirausahaan digital (Digital Entrepreneurship Academy), Scaling-Up UMKM, dan Pelatihan pemasaran digital serta kemampuan bahasa Inggris.

Pada sesi berikutnya, Kepala BPPTIK, Nusirwan,menyampaikan materi profil BPPTIK dan memberikan motivasi kepada para peserta dalam menjalani pelatihan di BPPTIK. Program Pelatihan Digital Entrepreneurship Academy akan diselenggarakan sebanyak 4 Batch. BPPTIK memiliki fasilitas ruangan yang lengkap dan memadai untuk menyelenggarakan berbagai kegiatan Pengembangan SDM. BPPTIK menyelenggarakan kerja sama maupun fasilitasi Pelatihan dan Pengembangan SDM Bidang TIK berdasarkan kebutuhan dan permintaan dari Kementerian atau Lembaga, maupun institusi pendidikan lain.

Seluruh kegiatan pembiayaan program ini dibebankan kepada DIPA Badan Litbang SDM tahun 2020, sehingga peserta tidak dibebankan biaya apapun. (bpptik/aw/lpa)

Kegiatan Pelatihan Digital Entrepreneurship Academy Batch Ke-1 di BPPTIK Kominfo

Kegiatan Pelatihan Digital Entrepreneurship Academy Batch Ke-1 di BPPTIK Kominfo

Survei

Apakah informasi pada konten ini sesuai dengan tujuan website BPPTIK?
Sangat Tidak SesuaiTidak SesuaiSesuaiSangat Sesuai
(2 orang telah menilai. Nilai rata-rata: 4,00, dari nilai maksimal 4)
Loading...
 

Tags: , , , , , ,