BPPTIK Sebagai DTC ITU Menyelenggarakan Pelatihan IT Essentials dan Introduction to Cybersecurity – Cybersecurity Essentials

BPPTIK Sebagai DTC ITU Menyelenggarakan Pelatihan IT Essentials dan Introduction to Cybersecurity – Cybersecurity Essentials

BPPTIK – Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPPTIK) menyelenggarakan pembukaan Pelatihan IT Essentials dan Introduction to Cybersecurity – Cybersecurity Essentials pada hari Senin, tanggal 19 Oktober 2020 secara daring. Kegiatan ini merupakan bagian dari program kerja sama Kementerian Kominfo RI dengan International Telecommunication Union (ITU) dalam kerangka Digital Transformation Center (DTC) Initiative.

Pembukaan dihadiri oleh Regional Director for ITU Regional Office for Asia and the Pacific; Atsuko Okuda; Manager Asia Pacific Japan Corporate Affairs, Cisco Systems, Inc;  Marcella O’Shea, Kepala Pusat Pengembangan Profesi dan Sertifikasi Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo, Hedi M. Idris; Kepala Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPPTIK) Badan Litbang SDM, Nusirwan; beserta jajaran penyelenggara pelatihan BPPTIK.

Kegiatan pelatihan IT Essentials dan Introduction to Cybersecurity – Cybersecurity Essentials diselenggarakan secara online selama 15 hari pada tanggal 19 Oktober – 11 November 2020. Kegiatan ini diikuti oleh peserta dari masyarakat umum sebanyak 100 orang yang terdiri dari 50 orang peserta kelas IT Essentials dan 50 orang kelas Introduction to Cybersecurity – Cybersecurity Essentials. Pengajar pada kegiatan ini berjumlah 9 orang dari Cisco System, Inc.

Pada kesempatan ini, Atsuka Okuda memberikan sambutan dengan menjelaskan tujuan program pelatihan. Program ini bertujuan untuk mendukung pilar penting digital transformasi yaitu pengembangan keahlian digital (digital skills). Teknologi digital merupakan sarana utama dalam mewujudkan UN Sustainable Development Goals (UN SDGs). Sekjen UN meluncurkan roadmap kerjasama digital untuk menciptakan dunia digital yang aman dan berkeadilan. Hal ini tentu meningkatkan kebutuhan terhadap pengembangan kompetensi SDM yang berkelanjutan ter`kait digitalisasi. Seiring dengan hal tersebut, ITU bersama Cisco Systems meresmikan Digital Transformation Center (DTC) Initiative pada kegiatan ITU Telecom World di Budapest, Hungaria bulan September 2019 lalu. Kerja sama tersebut merupakan upaya untuk menciptakan pusat jejaring global guna meningkatkan keahlian digital tingkat dasar (basic) dan menengah (intermediate) bagi masyarakat. Sebanyak 10 lembaga DTC telah diseleksi untuk menyelenggarakan kegiatan selama 21 bulan mulai dari Januari 2020 hingga September 2021. Dari kesepuluh lembaga DTC tersebut, 4 lembaga berasal dari kawasan Afrika, 3 lembaga dari kawasan Amerika, dan 3 lembaga dari kawasan Asia Pasific. Dalam konteks ini, Pelatihan IT Essentials dan Introduction to Cybersecurity – Cybersecurity Essentials melalui BPPTIK Kementerian Kominfo merupakan sebuah milestone bagi Indonesia, maupun ITU secara keseluruhan. Di tengah masa pandemi, kegiatan ini menandai awal beroperasinya DTC di Indonesia. Program DTC diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat Indonesia dalam meningkatkan keahlian digital. ITU berkomitmen mendukung segala upaya pemerintah maupun pihak lain dimanapun untuk mengembangkan SDM bidang TIK.

Atsuko Okuda dari ITU dan Marcella O'shea dari Cisco Systems Memberikan Remarks pada saat Pembukaan Pelatihan

Atsuko Okuda dari ITU dan Marcella O’shea dari Cisco Systems Memberikan Remarks pada saat Pembukaan Pelatihan

Berikutnya, Marcella O’shea turut memberikan sambutan positif atas dibukanya pelatihan IT Essentials dan Introduction to Cybersecurity – Cybersecurity Essentials dengan lingkup kerjasama lintas lembaga dalam taraf internasional. Kegiatan ini menawarkan program pelatihan tingkat dasar dan menengah yang telah diakui oleh dunia industri.

Kegiatan berlanjut dengan pembekalan oleh Bapak Hedi M. Idris tentang Adaptasi di Era New Normal. Di tengah pandemi ini, Pemerintah; baik Pusat maupun Daerah; telah mengembangkan aplikasi digital bertemakan Covid-19 untuk memberikan informasi secara real-time kepada masyarakat luas.

Pembekalan oleh Bapak Hedi M. Idris tentang Adaptasi di Era New Normal

Pembekalan oleh Bapak Hedi M. Idris tentang Adaptasi di Era New Normal

Pembekalan selanjutnya disampaikan oleh Bapak Nusirwan tentang Pengenalan Program Pelatihan dan Sertifikasi di BPPTIK.

Pembekalan oleh Bapak Nusirwan tentang Pengenalan Program Pelatihan dan Sertifikasi di BPPTIK

Pembekalan oleh Bapak Nusirwan tentang Pengenalan Program Pelatihan dan Sertifikasi di BPPTIK

Seluruh pembiayaan program ini dibebankan kepada APBN Tahun 2020, sehingga peserta tidak dibebani biaya apapun. Selain itu, BPPTIK memiliki program pelatihan dan pemanfaatan fasilitas maupun kerjasama lainnya di bidang pelatihan TIK melalui skema pembiayaan PNBP berdasarkan PP 80/2015. (bpptik/fm/lpa)

Survei

Apakah informasi pada konten ini sesuai dengan tujuan website BPPTIK?
Sangat Tidak SesuaiTidak SesuaiSesuaiSangat Sesuai
(1 orang telah menilai. Nilai rata-rata: 4,00, dari nilai maksimal 4)
Loading...
 

Tags: , , , , , , , , , ,