BPPTIK Menyelenggarakan Pelatihan dan Sertifikasi Online Bidang TIK Berbasis SKKNI Tahun 2020 Gelombang ke-6 Untuk Angkatan Kerja Muda

BPPTIK Menyelenggarakan Pelatihan dan Sertifikasi Online Bidang TIK Berbasis SKKNI Tahun 2020 Gelombang ke-6 Untuk Angkatan Kerja Muda

BPPTIK – Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPPTIK) menyelenggarakan kegiatan Pelatihan dan Sertifikasi Online Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Berbasis Standar Kompetensi Kerja Nasional (SKKNI) Tahun 2020 Gelombang ke-6 untuk Angkatan Kerja Muda.

Kegiatan Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi Online Bidang TIK Berbasis SKKNI Tahun 2020 Gelombang ke-6 untuk Angkatan Kerja Muda diselenggarakan secara online pada tanggal 19 Oktober 2020 – 6 November 2020. Peserta Angkatan Kerja Muda berjumlah 150 orang. Kegiatan untuk Angkatan Kerja Muda ini terdiri dari 4 (empat) program pelatihan dan sertifikasi yang mengacu pada skema Sertifikasi Okupasi Nasional, yaitu Junior Graphic Designer, Junior Office Operator, Junior Web Developer, dan Junior Network Administrator.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Sekretaris Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo, Ibu Haryati, pada hari Senin (19/10/2020) melalui aplikasi video conference zoom. Pembukaan turut dihadiri oleh Kepala BPPTIK, Nusirwan; Para Subkoordinator di BPPTIK, tenaga pengajar, serta perwakilan dari LSP BPPTIK.

Pada kesempatan tersebut, Sekretaris Badan Litbang SDM juga memberikan materi pembekalan kepada peserta dengan tema “Membentuk SDM TIK yang Produktif di Era New Normal”.  Beliau menyampaikan bahwa pandemi yang tengah melanda ini memaksa manusia menjalani sebagian besar aktivitas sehari-hari dengan menggunakan TIK. Belajar, berbelanja, dan sebagainya dilakukan daring. Beliau pun mengingatkan pola hidup dengan kebiasaan baru yang perlu dilakukan untuk menjaga diri dari virus penyebab pandemi. Pola hidup baru tersebut antara lain sering mencuci tangan dengan sabun selama minimal 10 menit, sering menggunakan hand sanitizer dan menjaga jarak saat beraktivitas di luar. Sejalan dengan kebutuhan tersebut, Ibu Haryati memaparkan upaya pemerintah untuk membangun infrastruktur TIK dengan mengutamakan masyarakat di daerah yang mengalami kesulitan akses internet.

Sekretaris Badan Litbang SDM juga memberikan materi pembekalan kepada peserta

Sekretaris Badan Litbang SDM juga memberikan materi pembekalan kepada peserta

Pada sesi pemaparan berikutnya, Kepala BPPTIK, Nusirwan, memberikan materi mengenai fungsi dan peran BPPTIK sebagai unit pelaksana teknis di bawah Balitbang SDM Kominfo. Kepala BPPTIK juga memberikan arahan kepada para peserta agar memanfaatkan kesempatan dalam mengikuti pelatihan dan sertifikasi ini dengan baik.

Kepala BPPTIK memberikan materi mengenai fungsi dan peran BPPTIK

Kepala BPPTIK memberikan materi mengenai fungsi dan peran BPPTIK

Kegiatan Pelatihan dan Sertifikasi bidang TIK ini adalah program tahunan BPPTIK bagi angkatan kerja muda. Seluruh pembiayaan program ini dibebankan kepada APBN Tahun 2020, sehingga peserta tidak dibebani biaya apapun. Selain itu, BPPTIK memiliki program pelatihan dan pemanfaatan fasilitas maupun kerjasama lainnya di bidang pelatihan TIK melalui skema pembiayaan PNBP berdasarkan PP 80/2015. (bpptik/fm/lpa)

Survei

Apakah informasi pada konten ini sesuai dengan tujuan website BPPTIK?
Sangat Tidak SesuaiTidak SesuaiSesuaiSangat Sesuai
(1 orang telah menilai. Nilai rata-rata: 4,00, dari nilai maksimal 4)
Loading...
 

Tags: , , , , ,