Pelatihan dan Sertifikasi Online Bidang TIK Gelombang ke-4 serta Pelatihan Teknis dan Sertifikasi Bidang TIK Untuk ASN Tahun 2020

Pelatihan dan Sertifikasi Online Bidang TIK Gelombang ke-4 serta Pelatihan Teknis dan Sertifikasi Bidang TIK Untuk ASN Tahun 2020

BPPTIK – Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPPTIK) menyelenggarakan kegiatan Pelatihan dan Sertifikasi Online Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Berbasis Standar Kompetensi Kerja Nasional (SKKNI) Tahun 2020 Gelombang ke-4 Untuk Angkatan Kerja Muda serta Pelatihan Teknis dan Sertifikasi Bidang TIK Untuk ASN Tahun 2020.

Kegiatan Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi Online Bidang TIK Berbasis SKKNI Tahun 2020 Gelombang ke-4 Untuk Angkatan Kerja Muda diselenggarakan secara online pada tanggal 31 Agustus 2020 – 22 September 2020. Peserta Angkatan Kerja Muda berjumlah 200 orang. Kegiatan untuk Angkatan Kerja Muda ini terdiri dari 4 (empat) program pelatihan dan sertifikasi yang mengacu pada skema Sertifikasi Okupasi Nasional, yaitu Junior Graphic Designer, Junior Office Operator, Junior Web Developer, dan Junior Network Administrator.

Sedangkan kegiatan Pelatihan Teknis dan Sertifikasi Bidang TIK Untuk ASN Tahun 2020 dilaksanakan dalam 2 tahap yaitu Pelatihan Teknis secara online pada tanggal 31 Agustus – 9 September 2020 dan Sertifikasi secara offline di BPPTIK pada tanggal 10 – 11 September 2020 (tentatif). Peserta ASN berjumlah 51 orang. Pelatihan Teknis dan Sertifikasi Bidang TIK Untuk ASN Tahun 2020 ini terdiri dari 3 (tiga) program pelatihan dan sertifikasi yang mengacu pada skema Sertifikasi Okupasi Nasional, yaitu Animator Madya (Intermediate Animator), Pemrogram Mobil Pratama (Junior Mobile Programmer), dan Network Administrator Muda (Junior Network Administrator).

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kepala Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo, Basuki Yusuf Iskandar, pada hari Senin (31/08/2020) secara online. Pembukaan turut dihadiri oleh Kepala BPPTIK, Nusirwan; Pejabat Struktural BPPTIK; dan tenaga pengajar BPPTIK serta perwakilan dari LSP BPPTIK.

Kepala Balitbang SDM Membuka Pelatihan dan Sertifikasi Gelombang ke-4 serta Pelatihan Teknis dan Sertifikasi Bidang TIK Untuk ASN Tahun 2020

Kepala Balitbang SDM Membuka Pelatihan dan Sertifikasi Gelombang ke-4 serta Pelatihan Teknis dan Sertifikasi Bidang TIK Untuk ASN Tahun 2020

Pada kesempatan tersebut, Kepala Badan Litbang SDM juga memberikan materi pembekalan kepada peserta dengan tema “Membentuk SDM TIK yang Produktif di Era New Normal”. Beliau membuka pemaparan dengan renungan fenomena  Covid-19 yang membuka peluang terciptanya 10.000 pekerjaan baru di Singapura; dimana salah satunya datang dari sektor TIK. Era New Normal akibat Covid-19 memberikan pelajaran ke depan bahwa ketidakpastian itu semakin besar; baik dari segi lingkungan maupun perkembangan teknologi. Perkembangan teknologi mempengaruhi perubahan yang cukup besar yang disebut Revolusi Industri 4.0. Sebelum siap dengan kedatangan Era Revolusi Industri 4.0 tersebut, Bangsa Indonesia harus memasuki era transformasi digital terlebih dahulu. Teknologi digital akan menjadi core technology yang akan digunakan oleh seluruh manusia. Di masa pandemi Covid-19 ini, tingkat literasi digital masyarakat Indonesia semakin meningkat. Hal ini seiring dengan hadirnya New Normal atau keseimbangan baru yang harus dilakukan oleh manusia untuk bisa bertahan menghadapi era ke depan. Sektor industri yang diharapkan dapat terus tumbuh dengan ketidakpastian tersebut diantaranya adalah sektor TIK; khususnya Ekonomi Digital. Ada 3 elemen dalam tahap transformasi digital yaitu Akses (prasarana dan sarana), Ekosistem (regulasi dan faktor pendukung), dan SDM (karakter dan kompetensi). Disini, Kepala Badan Litbang SDM menekankan keutamaan pembenahan karakter dalam menguasai teknologi agar membawa perbaikan bagi bangsa.

Pada sesi pemaparan berikutnya, Kepala BPPTIK, Nusirwan, memberikan materi mengenai fungsi dan peran BPPTIK sebagai unit pelaksana teknis di bawah Balitbang SDM Kominfo. Kepala BPPTIK juga memberikan arahan kepada para peserta agar memanfaatkan kesempatan dalam mengikuti pelatihan dan sertifikasi ini dengan baik.

Kegiatan Pelatihan dan Sertifikasi bidang TIK ini adalah program tahunan BPPTIK bagi ASN dan angkatan kerja muda. Seluruh pembiayaan program ini dibebankan kepada APBN tahun 2020, sehingga peserta tidak dibebani biaya apapun. Selain itu, BPPTIK memiliki program pelatihan dan pemanfaatan fasilitas maupun kerjasama lainnya di bidang pelatihan TIK melalui skema pembiayaan PNBP berdasarkan PP 80/2015. (bpptik/fm/lpa)

Survei

Apakah informasi pada konten ini sesuai dengan tujuan website BPPTIK?
Sangat Tidak SesuaiTidak SesuaiSesuaiSangat Sesuai
(2 orang telah menilai. Nilai rata-rata: 4,00, dari nilai maksimal 4)
Loading...
 

Tags: , , , , , , ,