Pembekalan Sertifikasi Kompetensi Bidang TIK Berbasis SKKNI Tahun 2020 Gelombang ke-2 Secara Online

Pembekalan Sertifikasi Kompetensi Bidang TIK Berbasis SKKNI Tahun 2020 Gelombang ke-2 Secara Online

BPPTIK – Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPPTIK) menyelenggarakan Pembekalan Sertifikasi Kompetensi Bidang TIK Berbasis SKKNI Tahun 2020 Gelombang ke-2 secara online pada hari senin, tanggal 20 Juli 2020. Narasumber pembekalan ini adalah Anggota Komisi I DPR RI, Bapak H. Syaifullah Tamliha, S.P., M.S. dengan tema “Pengembangan Sumber Daya Manusia Teknologi Informasi dan Komunikasi Berbasis Online”, yang disampaikan secara daring dari ruang kantor Komisi I DPR RI.

H. Syaifullah Tamliha, SP. MS Memberikan Pembekalan Secara Online

H. Syaifullah Tamliha, SP. MS Memberikan Pembekalan Secara Online

Beliau menyampaikan bahwa perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah mengubah dunia dan cara manusia bekerja. “Saat ini kita sudah memasuki Revolusi Industri Generasi Keempat, ketika teknologi disruptif hadir sebegitu cepat dan mengancam keberadaan perusahaan-perusahaan incumbent, sebagai contoh Uber yang mengancam industri transportasi, AirBnb yang mengancam pemain besar di industri pariwisata, Alibaba Group yang mengancam pemain di industri ritel, dan seterusnya”, ujar Beliau. Revolusi Industri 4.0 menjadi tantangan sekaligus menjadi peluang Sumber Daya Manusia di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (SDM TIK) di Indonesia.

H. Syaifullah Tamliha, SP. MS Memberikan Pembekalan Secara Online (2)

H. Syaifullah Tamliha, SP. MS Memberikan Pembekalan Secara Online (2)

Bapak Syaifullah Tamliha juga menyampaikan tentang strategi pengembangan sumber daya manusia TIK berbasis online, yaitu meningkatkan kapasitas SDM TIK dari segi keahlian, misalnya dengan cara meningkatkan penyediaan beasiswa di bidang TIK, mengembangkan pendidikan dan pelatihan di pusat-pusat diklat, serta meningkatkan sertifikasi dan kompetensi TIK. Selain itu, juga dengan membentuk SDM yang kreatif, inovatif, serta berpandangan ke depan, mengembangkan kerja sama dengan Centre of Excellence di bidang TIK, baik di dalam maupun di luar negeri, meningkatkan literasi TIK, serta mengembangkan kemampuan teknis yang beragam pada komunitas TIK di industri, pemerintah, dan akademisi.

Pembekalan tersebut juga dihadiri oleh Kepala Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo, Kepala BPPTIK, Pejabat Struktural BPPTIK, serta Direktur LSP BPPTIK. Pada kesempatan tersebut, Kepala Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo, Basuki Yusuf Iskandar, juga memberikan materi pembekalan kepada peserta dengan tema “Pengenalan Digital Talent Scholarship”. Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo menyelenggarakan Digital Talent Scholarship (DTS) untuk mencapai 4 sasaran, yaitu mengurangi pengangguran bidang Kominfo, alih kompetensi (reskilling dan upskilling), peningkatan daya saing, dan penguatan kelembagaan. Dalam fase Normal Baru sampai selesainya PSBB, Program DTS dilaksanakan secara online.

Pada sesi berikutnya, Kepala BPPTIK, Nusirwan, menyampaikan materi profil BPPTIK dan memberikan motivasi kepada para peserta dalam menjalani pelatihan dan sertifikasi di BPPTIK. BPPTIK menyelenggarakan pelatihan dan sertifikasi kompetensi berbasis SKKNI di bidang TIK dengan beragam kurikulum, pengajar yang kompeten, sertifikasi oleh LSP BPPTIK atau kerja sama dengan berbagai Lembaga Sertifikasi Profesi lainnya. BPPTIK memiliki fasilitas ruangan yang lengkap dan memadai untuk menyelenggarakan berbagai kegiatan Pengembangan SDM. BPPTIK menyelenggarakan kerja sama maupun fasilitasi Pelatihan dan Pengembangan SDM Bidang TIK berdasarkan kebutuhan dan permintaan dari Kementerian atau Lembaga, maupun institusi pendidikan lain. (bpptik/aw/lpa)

Pembekalan Sertifikasi Kompetensi Bidang TIK Berbasis SKKNI Tahun 2020 Gelombang ke-2 Secara Online oleh BPPTIK Kominfo

Pembekalan Sertifikasi Kompetensi Bidang TIK Berbasis SKKNI Tahun 2020 Gelombang ke-2 Secara Online oleh BPPTIK Kominfo

Survei

Apakah informasi pada konten ini sesuai dengan tujuan website BPPTIK?
Sangat Tidak SesuaiTidak SesuaiSesuaiSangat Sesuai
(1 orang telah menilai. Nilai rata-rata: 4,00, dari nilai maksimal 4)
Loading...
 

Tags: , , , , , , ,