Jakarta – Kepala Badan Litbang SDM Kementerian Kominikasi dan Informatika, Basuki Yusuf Iskandar melantik 68 orang Pejabat Fungsional Tertentu di lingkungan Badan Litbang SDM yang terdiri dari 58 Orang Pejabat Fungsional Tertentu Ahli Muda dan 10 Orang Pejabat Fungsional Tertentu Ahli Madya, Kamis (25/06/2020).

Diantara Jabatan Fungsional tersebut antara lain Jabatan Fungsional Peneliti, Perencana, Analis Anggaran, Analis Kebijakan, Analis Pengelola Keuangan APBN, Analis Kepegawaian, Asesor SDM Aparatur, Arsiparis, Pengelola Pengadaan Barang/Jasa, Pranata Humas, Pengembang Teknologi Pembelajaran, dan Pustakawan.

“Pelantikan Pejabat Fungsional tertentu di lingkungan Badan Litbang SDM ini merupakan rangkaian dari proses Penyederhanaan Birokrasi melalui penyetaraan Jabatan Administrasi ke dalam Jabatan Fungsional, yang bertujuan meningkatkan efektifitas dan efisiensi organisasi untuk mendukung kinerja pelayanan pemerintah kepada publik.” Demikian dituturkan Kepala Badan Litbang SDM dalam sambutannya.

Hal ini merupakan tindak lanjut dari visi dan arahan Presiden Joko Widodo yang disampaikan di depan DPR/MPR ketika pelantikannya sebagai Presiden Republik Indonesia yang menghendaki dilakukan penyederhanaan eselonisasi birokrasi menjadi hanya 2 (dua) level, dan diganti dengan Jabatan Fungsional yang menghargai keahlian dan kompetensi. Reformasi Struktural perlu dilakukan agar lembaga pemerintah semakin sederhana, semakin simple, dan semakin lincah.

“Banyak keuntungan yang bisa didapat dengan menjadi pejabat fungsional, selain yang sudah umum diketahui seperti usia pensiun bagi Jabatan Fungsional yang dapat lebih penjang,” lanjutnya. “Dari sisi prestise, Jabatan Fungsional bukanlah jabatan yang bisa diisi oleh setiap orang, pengisiannya hanya didasarkan pada keahlian dan keterampilan tertentu yang dibuktikan dengan sertifikasi dan/atau penilaian tertentu. Dari sisi keahlian, pejabat fungsional juga tidak perlu diragukan lagi. Semakin tinggi jenjang ASN dalam jabatan sebuah fungsional, maka dapat dipastikan semakin tinggi juga keahlian di bidangnya.”

Di akhir sambutannya, Kepala Badan Litbang SDM mengucapkan selamat kepada para Pejabat Fungsional Tertentu yang baru dilantik, dan berpesan agar senantiasa bertanggung jawab dan melakasanakan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai dengan kompetensi dan bekal pengalaman yang sudah dimiliki.

Pelantikan ini dilaksanakan dan dihadiri oleh peserta secara langsung di kantor pusat Kementerian Komunikasi dan Informatika, dan untuk pelantikan pejabat fungsional tertentu di 9 UPT Badan Litbang SDM dihadiri melalui aplikasi video conference.

Ada 2 orang pejabat di Balai Pelatihan dan Pengembangan TIK Kementerian Komunikasi dan Informatika yang mengikuti pelantikan pejabat fungsional tertentu yaitu Hamdani Pratama, S.H. sebagai Perencana Muda dan Luhur Pidekso Arif, ST. M. Eng. sebagai Peneliti Muda. (RK/AH)

Survei

Apakah informasi pada konten ini sesuai dengan tujuan website BPPTIK?
Sangat Tidak SesuaiTidak SesuaiSesuaiSangat Sesuai
(1 orang telah menilai. Nilai rata-rata: 1,00, dari nilai maksimal 4)
Loading...