Image Source : http://www.freepik.com”>Designed by yanalya

BPPTIK – Merebaknya wabah Covid-19 (Corona Virus Disease 2019) di Indonesia pada periode semester pertama tahun 2020, memberikan pengaruh yang besar di berbagai sektor kehidupan. Sektor kesehatan, perekonomian, perdagangan, transportasi, pendidikan dan beragam aktivitas sosial terpaksa beradaptasi karena Covid-19.

Sektor pendidikan dan pelatihan serta pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi salah satu yang terdampak. Sistem atau metode yang umumnya dilakukan secara tatap muka, berganti dengan metode sistem daring / online / virtual. Sistem atau metode ini sangat berkaitan erat dengan sektor Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang menjadikan internet sebagai mediumnya.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sebagai kementerian yang bergerak dalam sektor TIK ikut andil dalam menjaga produktivitas dan pengembangan SDM di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Kominfo menghadirkan program Digital Talent Scholarship (DTS) yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia untuk mengasah pengetahuan dan keterampilan bidang digital secara online. Program DTS ini terbuka untuk masyarakat yang telah lulus pendidikan formal. Peserta yang menyelesaikan pelatihan ini akan mendapatkan certificate of completion, dan peserta yang memenuhi kriteria tertentu akan difasilitasi untuk mengikuti tes sertifikasi global.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate, dalam konferensi pers tanggal 18 Mei 2020 menjelaskan Kementerian Kominfo berupaya untuk membantu masyarakat beradaptasi dengan “The New Normal”. Era saat proses digitalisasi di berbagai lini akan berjalan semakin cepat. Untuk itu sudah seharusnya kita bersama-sama mempersiapkan SDM Indonesia dengan keterampilan digital (digital talent) untuk menghadapi perubahan ini.

Sebagai informasi, DTS 2020 adalah beasiswa pelatihan dibidang digital yang terbuka untuk umum. Jumlah kuota total beasiswa yang disediakan hingga 40.000 yang diisi dengan berbagai tema dan kelas pelatihan. Informasi lebih lanjut silahkan kunjungi Digital Talent Scholarship 2020.(sm/ars/hp)

 Online Academy DTS 2020

 

Survei

Apakah informasi pada konten ini sesuai dengan tujuan website BPPTIK?
Sangat Tidak SesuaiTidak SesuaiSesuaiSangat Sesuai
(1 orang telah menilai. Nilai rata-rata: 3,00, dari nilai maksimal 4)
Loading...