Image Source: https://onthedot.ie/portfolio/2018/05/02/how-to-have-the-best-vacation/

Ada pepatah yang mengatakan, saat anda gagal berencana, maka anda merencanakan sebuah kegagalan. Pepatah itu mungkin bisa menggambarkan proses pembuatan sebuah desain.

Dalam membuat desain, seorang desainer sebaiknya sudah memiliki ide, visi, pesan dan rancangan terkait desain yang akan dibuatnya. Tak jarang proses awal inilah yang sebagian besar para desainer anggap, proses yang paling sulit dan mahal.

Berikut ini adalah proses awal dalam perancangan sebuah desain grafis:

  1. Mencari Informasi Kebutuhan

Jika anda ingin membuat sebuah desain maka perlu mengumpulkan informasi terkait klien dan produk serta tujuan dalam pembuatan desain tersebut. Jangan pula informasi tentang kebutuhan, sasaran audiens serta goal dari sebuah proyek desain tersebut.

  1. Membuat Kerangka Kerja

Setelah informasi dikumpulkan maka selanjutnya adalah menyusun kerangka kerja agar tidak ada kemunduran atau pengulangan konsep dan sesuai dengan kesepakatan antara desainer dan klien. Susunan kerja minimal terdapat beberapa informasi seperti di bawah ini:

  • Kebutuhan Desain
  • Tema
  • Data Yang Dibutuhkan
  • Batas Waktu
  1. Mencari Ide Kreatif

Mencari dan menetapkan ide kreatif merupakan salah satu tahap penting karena tahapan ini dapat menjadi salah satu indikator nilai jual seorang desainer.

Proses pencarian dan penetapan sebuah ide dapat muncul dari berbagai sumber dan cara. Beberapa sumber dan cara dalam penggalian atau pencarian ide kreatif dapat ditempuh melalui penyusunan sketsa-sketsa ide, brainstorming / tukar pikiran atau melihat dan memodifikasi karya desain yang sudah ada.

  1. Visualisasi

Setelah ide didapatkan maka proses selanjutnya adalah penetapan visualisasi dengan pemilihan atau fokus pada hal – hal  teknis desain seperti layout, background, pemilihan jenis huruf/font, warna atau elemen desain lainnya.

Nah, sobat BPPTIK, Itu dia proses awal atau proses dasar dalam perancangan sebuah desain. Buat kamu yang penasaran ingin mengetahui lebih lanjut mengenai desain grafis, tunggu di artikel selanjutnya ya! (danfeb/ars/hp)

Sumber/Rujukan:

Rujukan 1

Rujukan 2

Rujukan 3

Rujukan 4

 

Survei

Apakah informasi pada konten ini sesuai dengan tujuan website BPPTIK?
Sangat Tidak SesuaiTidak SesuaiSesuaiSangat Sesuai
(Belum ada yang menilai)
Loading...
 

Tags: ,