BPPTIK – Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPPTIK) Kementerian Kominfo mengikuti kegiatan Digital Transformation Centres (DTC) Initiative Onboarding Workshop di Jenewa, Swiss pada tanggal 11 – 13 Februari 2020.

Kegiatan ini merupakan inisiasi International Telecommunication Union (ITU) yang bermarkas di Jenewa, Swiss untuk mengembangkan keahlian digital (digital skill) yang ditujukan bagi masyarakat atau komunitas, utamanya masyarakat/komunitas yang memiliki keterbatasan dalam mendapatkan pelatihan TIK ataupun mengakses TIK. BPPTIK hadir sebagai perwakilan dari DTC Indonesia bersama dengan 9 DTC negara lainnya, diantaranya Brasil, Republik Dominika, Filipina, Rwanda, Ghana, Papua Nugini, Paraguay, Zambia, dan Pantai Gading.

Kegiatan DTC Initiative ini dibuka secara resmi oleh Direktur ITU Bureau of Telecommunication Development (BTD), Ms. Doreen Bogdan-Martin. DTC Initiative ini merupakan Fase 1 yang akan berlangsung selama 18 bulan dengan bekerja sama dengan CISCO dan Hewlett-Packard (HP) selaku pemilik program-program pelatihan di bidang TIK.

Selain menyelenggarakan pelatihan TIK di tingkat Basic dan Intermediate, BPPTIK sebagai DTC akan memiliki tugas tambahan untuk mengembangkan jaringan community training centers, serta bekerjasama dengan ITU, CISCO, HP, dan DTC Negara lain dalam mengembangkan konsep program-program pelatihan di bidang TIK. Hal ini tentunya berdampak positif bagi pengembangan SDM TIK di Indonesia secara umum, dan peningkatan portofolio kerjasama internasional di bidang pengembangan SDM bagi BPPTIK khususnya.

Sebagai informasi tambahan, BPPTIK membuka peluang untuk bekerjasama dengan berbagai pihak dalam rangka pengembangan Sumber Daya Manusia di Indonesia, khususnya di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi. (sm/hmd)

 Perwakilan BPPTIK hadiri DTC, Swiss

 

Survei

Apakah informasi pada konten ini sesuai dengan tujuan website BPPTIK?
Sangat Tidak SesuaiTidak SesuaiSesuaiSangat Sesuai
(Belum ada yang menilai)
Loading...
 

Tags: , , , ,