BPPTIK – Saat ini negara –negara saling berpacu dalam perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Salahsatunya dalam bidang Internet Of Things (IOT). IOT secara sederhana adalah konsep konektivitas melalui internet antara manusia dengan peralatan atau benda benda yang ada disekitar/dilingkungan dan bisa berkembang menjadi interaksi/koneksitivitas antar benda tersebut yang tujuannya untuk memudahkan aktivitas manusia. Contoh sederhananya adalah lampu yang bisa menyala atau padam secara otomatis berdasarkan sensor pergerakan manusia atau indicator informasi wadah air yang terkoneksi datanya ke smarthpone dan secara otomatis akan berhenti jika air habis atau overload. Penjelasan umum ini dijabarkan secara menarik oleh instruktur Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPPTIK) Muhammad Ikhwan Yoza dalam acara kunjungan Industri SMK Yaspim dan SMK Punawarman pada tanggal 30 Januari 2020 di Aula Kantor BPPTIK Kominfo.

Kunjungan Industri ini diikuti oleh 100 murid dari SMK Yaspim Sukabumi dan 30 murid dari SMK Punawarman Purwakarta yang didampingi oleh beberapa orang guru.

Kunjungan tersebut disambut secara resmi oleh Pelaksana Harian Kepala Seksi Program dan Pelaporan BPPTIK, Asti Rismawati. Dalam sambutannya, Asti Rismawati menjelaskan mengenai profil BPPTIK dan program BPPTIK pada tahun 2020. BPPTIK adalah Unit Pelaksana Teknis (UPT) dibawah Kementrian Komunikasi dan Informatika yang memiliki tugas dan fungsi dalam pengembangan SDM dibidang TIK bagi Aparatur Sipil Negara (ASN), angkatan kerja muda, dan masyarakat secara umum.

Selain itu, terdapat pemaparan tentang dasar dasar standar kompetensi kerja nasional Indonesia dan tips kesiapan bagi angkatan kerja muda dalam menghadapi dunia kerja di bidang TIK di masa depan oleh peneliti BPPTIK, Andry Rivan Sumara.

Sebagai informasi, BPPTIK  adalah UPT Kominfo yang setiap tahunnya melaksanakan program pelatihan dan sertifikasi dalam bidang TIK bagi angkatan kerja muda dan ASN. Program ini terbuka untuk umum dan seluruh informasi pembukaan dan pendaftaran peserta dilaksanakan secara online melalui website bpptik.kominfo.go.id (danfeb/ars)

Survei

Apakah informasi pada konten ini sesuai dengan tujuan website BPPTIK?
Sangat Tidak SesuaiTidak SesuaiSesuaiSangat Sesuai
(1 orang telah menilai. Nilai rata-rata: 4,00, dari nilai maksimal 4)
Loading...