Pembukaan Pelatihan dan Sertifikasi Bidang TIK Berbasis SKKNI Gelombang ke-1 2019 di ruang Auditorium BPPTIK, Senin (11/3/2019). (bpptik/ist)

BPPTIK – Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPPTIK) menyelenggarakan program pelatihan dan sertifikasi kompetensi bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) berbasis Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Gelombang ke-1 tahun 2019

Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 11-15 Maret 2019 di BPPTIK ini diikuti oleh 210 orang peserta. Peserta tersebut terbagi menjadi 4 Program Pelatihan yang mengacu ke skema Sertifikasi Okupasi Nasional, yaitu Junior Graphic Designer, Junior Office Application, Junior Web Programming, dan Teknisi Muda Jaringan Komputer. Seluruhnya terbagi ke dalam 7 kelas.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kepala Badan Litbang SDM Kemenkominfo, Basuki Yusuf Iskandar pada hari Senin (11/3/2019) di ruang Auditorium BPPTIK. Pembukaan turut dihadiri oleh Kepala Pusat Pengembangan Profesi dan Sertifikasi, Hedi M. Idris; Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Aptika dan IKP, Sunarno; Kepala BPPTIK, Nusirwan; Kepala BPSDMP Jakarta, Parulian Sitompul; dan Direktur Eksekutif LSP Komputer, Besar Agung Martono.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Badan Litbang SDM Kemenkominfo, Basuki Yusuf Iskandar juga memberikan pembekalan kepada peserta dengan tema “SKKNI  dan Persiapan Sumber Daya Manusia Nasional dalam Revolusi Industri 4.0”. Dalam pemaparannya, dijelaskan tentang pentingnya SKKNI dalam mempermudah jenjang karir dan memperluas kesempatan kerja. Selain itu, Basuki Yusuf Iskandar juga memberikan pengarahan tentang bagaimana sikap kerja di era digital, di mana seseorang harus mampu berpikir secara kreatif dan inovatif, menjadi fast learner, percaya diri, mampu berkolaborasi, dan mempunyai kemampuan komunikasi yang baik,

Kegiatan Pelatihan dan Sertifikasi bidang TIK ini adalah program tahunan BPPTIK bagi angkatan kerja muda. Seluruh pembiayaan program ini dibebankan kepada APBN tahun 2019, sehingga peserta tidak dibebankan biaya apapun.

Penyelenggaraan kegiatan ini juga merupakan momen pertama kalinya BPPTIK menggunakan Sistem Informasi Pelatihan dan Sertifikasi (SIPS) BPPTIK versi 1.0. Dengan SIPS BPPTIK 1.0 ini, proses pendaftaran, seleksi, dan konfirmasi calon peserta mulai dikelola secara online. (bpptik/rk/hdn)

Pembukaan Pelatihan dan Sertifikasi Bidang TIK Berbasis SKKNI Gelombang ke-1 2019 di ruang Auditorium BPPTIK, Senin (11/3/2019). (bpptik/ist)

Survei

Apakah informasi pada konten ini sesuai dengan tujuan website BPPTIK?
Sangat Tidak SesuaiTidak SesuaiSesuaiSangat Sesuai
(6 orang telah menilai. Nilai rata-rata: 3,17, dari nilai maksimal 4)
Loading...
 

Tags: ,