Dyah Puspito Dewi Widowati Menerima sertifikat Training of Trainers on Data-Driven Governance dari Director of APCICT, Kiyoung Ko

Dyah Puspito Dewi Widowati Menerima sertifikat Training of Trainers on Data-Driven Governance dari Director of APCICT, Kiyoung Ko

BPPTIK – Indonesia turut mengirimkan delegasi dalam kegiatan Training of Trainers  (ToT) on Data-Driven Governance yang diselenggarakan oleh Asia and Pacific Training Center for Information and Communication Technology for Development (APCICT) – United Nation Economic and Social Commission for Asia and the Pacific (UN-ESCAP) di gedung G-Tower, Incheon, Korea Selatan, pada hari Rabu (5/12/2018) hingga hari Jum’at (7/12/2018). Kegiatan ini diselenggarakan oleh APCICT dalam rangka peluncuran perdana draft modul pelatihan yang berjudul Realizing Data-Driven Governance.

APCICT sendiri merupakan instansi regional yang merupakan bagian dari UN-ESCAP. APCICT secara rutin melakukan pengembangan modul pelatihan sebagai bagian dari pengembangan sumber daya manusia (SDM) bidang TIK, khususnya untuk kawasan Asia Pasifik.

Draft modul Data-Driven Governance antara lain memaparkan tentang Revolusi Data dan TIK; Data dan Tata Kelola; Beberapa Sumber Data dalam Data-Driven Governance; Tata Kelola Data dan Manajemen Data, dan Data Analitik; Kebijakan untuk Implementasi Data-Driven Governance; serta Intuisi dan Data-Driven Governance. Modul tersebut rencananya ditujukan untuk para pembuat kebijakan di pemerintahan dalam hal peranan data yang akurat, dapat diakses, tepat waktu, dan dapat diandalkan, untuk meningkatkan tata kelola, menerapkan strategi dan program pembangunan, serta memberikan pelayanan publik.

Kegiatan ini diikuti oleh 22 orang peserta dari negara-negara anggota APCICT-ESCAP, antara lain: Azerbaijan, Bangladesh, Bhutan, Kamboja, Fiji, India, Indonesia, Kazakstan, Kirgistan, Laos, Mongolia, Myanmar, Nepal, Filipina, Korea Selatan, Rusia, Sri Lanka, Thailand, dan Uzbekistan. Delegasi dari Indonesia yang mengikuti ToT tersebut adalah Dyah Puspito Dewi Widowati, Instruktur BPPTIK Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Melalui ToT ini, peserta memiliki kesempatan untuk memeriksa isu-isu kebijakan yang berkaitan dengan pengembangan dan penerapan tata kelola berbasis data. Peserta diharapkan dapat berkolaborasi dengan APCICT untuk menjadi narasumber dalam penyampaian materi pelatihan Realizing Data-Driven Governance di masa mendatang bagi para pembuat kebijakan di negara mereka masing-masing. (bpptik/dpdw/lpa)

Survei

Apakah informasi pada konten ini sesuai dengan tujuan website BPPTIK?
Sangat Tidak SesuaiTidak SesuaiSesuaiSangat Sesuai
(1 orang telah menilai. Nilai rata-rata: 4,00, dari nilai maksimal 4)
Loading...
 

Tags: , , ,