Pembukaan Sertifikasi Kompetensi Bidang TIK Tahun 2018

Pembukaan Sertifikasi Kompetensi Bidang TIK Tahun 2018

BPPTIK – Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPPTIK) bekerja sama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Komputer menyelenggarakan kegiatan Sertifikasi Kompetensi Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Tahun 2018, pada tanggal 5 hingga 7 November 2018. Sertifikasi dibuka secara resmi oleh Kepala BPPTIK Kementerian Kominfo, Nusirwan, pada hari Senin (5/11/2018). Pembukaan turut dihadiri oleh Kepala Seksi Program dan Pelaporan BPPTIK, Kepala Seksi Penyelenggaran Pelatihan Umum BPPTIK, dan para asesor dari LSP Komputer.

Skema sertifikasi yang diujikan adalah skema sertifikasi okupasi, yakni: Junior Office Operator (JOO), Desainer Grafis Muda (DGM), Pengembang Web Pratama (PWP), dan Teknisi Jaringan Utama Komputer (TUJK). Sertifikasi ini diikuti oleh total 25 peserta yang berasal dari berbagai satuan kerja di internal Kementerian Komunikasi dan Informatika, yang telah mengikuti Pelatihan Asesor Kompetensi di BPPTIK tanggal 17-21 September 2018 yang lalu.

Kepala BPPTIK, Nusirwan, menegaskan bahwa sertifikasi ini penting untuk dilakukan, sebagai komitmen BPPTIK dengan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), bahwa para peserta yang telah mengikuti pelatihan asesor kompetensi harus memiliki sertifikat kompetensi sesuai skema yang diambil. Para peserta tersebut akan disiapkan untuk menjadi asesor LSP BPPTIK pada program sertifikasi tahun depan. Selain itu, ia mengingatkan bahwa pada tahun depan tantangan untuk pengembangan SDM semakin kuat karena fokus pengembangan kompetensi dan SDM di tahun 2019 akan lebih ditingkatkan.

Sertifikasi ini adalah program tahunan BPPTIK yang seluruh pembiayaannya ditanggung oleh APBN 2018.

(bpptik/ars/lpa)

Survei

Apakah informasi pada konten ini sesuai dengan tujuan website BPPTIK?
Sangat Tidak SesuaiTidak SesuaiSesuaiSangat Sesuai
(1 orang telah menilai. Nilai rata-rata: 4,00, dari nilai maksimal 4)
Loading...
 

Tags: