Peserta Consultative Meeting on Data-Driven Governance di Gedung UN-ESCAP, Bangkok, Thailand, Rabu (29/8/2018). (unapcict)

BPPTIK – BPPTIK Kementerian Kominfo turut mengirimkan delegasi dalam kegiatan Consultative Meeting on Data-Driven Governance yang diselenggarakan oleh Asia and Pacific Training Center for Information and Communication Technology for Development (APCICT) di gedung United Nation Economic and Social Commission for Asia and the Pacific (UN-ESCAP), Bangkok, Thailand, pada tanggal 29-31 Agustus 2018. Kegiatan ini diselenggarakan oleh APCICT dalam rangka penyusunan modul pelatihan untuk government-leader yang berjudul Data-Driven Governance. Kegiatan tersebut diselenggarakan bersamaan dengan kegiatan Sidang ke-2 Komite ESCAP tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi, Sains, Teknologi, dan Inovasi (ICTSTI).

APCICT sendiri merupakan instansi regional yang merupakan bagian dari UN-ESCAP. APCICT secara rutin melakukan pengembangan modul pelatihan sebagai bagian dari pengembangan sumber daya manusia (SDM) bidang TIK, khususnya untuk kawasan Asia Pasifik.

Draft modul Data-Driven Governance antara lain memaparkan tentang Revolusi Data dan TIK; Data dan Tata Kelola; Beberapa Sumber Data dalam Data-Driven Governance; Manajemen Data, Keamanan, dan Analitik; Kebijakan untuk Implementasi Data-Driven Governance; serta Intuisi dan Data-Driven Governance. Modul tersebut rencananya ditujukan untuk para pembuat kebijakan di pemerintahan dalam hal peranan data yang akurat, dapat diakses, tepat waktu, dan dapat diandalkan, untuk meningkatkan tata kelola, menerapkan strategi dan program pembangunan, serta memberikan pelayanan publik.

Delegasi dari Indonesia yang turut dalam pertemuan konsultatif tersebut, yaitu Gati Gayatri (Pusat Pengembangan Profesi dan Sertifikasi Balitbang SDM Kementerian Kominfo), Hendratno (BPPTIK Kementerian Kominfo), dan Krismassion Prihationo (Pusat Pengembangan Profesi dan Sertifikasi Balitbang SDM Kementerian Kominfo). Selain itu, penyelenggara juga mengundang narasumber akademisi yang berasal dari Fasilkom Universitas Indonesia, yaitu Yudho Giri Sucahyo.

Pertemuan konsultatif tersebut bertujuan untuk meminta komentar dan umpan balik mengenai draft modul Data-Driven Governance, yang merupakan modul terbaru dalam daftar modul di Akademi APCICT. Selain itu, dalam pertemuan juga diberikan kesempatan untuk bertukar pengalaman dalam hal pengembangan kapasitas untuk mendukung pegawai negeri dalam hal “data untuk pembangunan”. Sebelumnya, APCICT telah menyusun 11 modul pelatihan di bidang TIK yang umumnya ditujukan untuk pimpinan di pemerintahan.

Pada tanggal 31 Agustus 2019, kegiatan dilanjutkan dengan penyelenggaraan Sidang ke-13 Governing Council of APCICT. Sidang Governing Council ini meninjau tentang status administratif dan keuangan, pekerjaan yang dilakukan oleh APCICT sejak Dewan terakhir pada bulan Desember 2017, serta rencana pekerjaan yang diusulkan untuk tahun 2019. Pertemuan tersebut merupakan kesempatan bagi anggota Dewan untuk memberikan rekomendasi dan saran tentang arah masa depan dari pusat pengembangan kapasitas TIK. Negara-negara yang terlibat dalam sidang Dewan ini antara lain Bangladesh, Federasi Rusia, Kamboja, Indonesia, Republik Korea, Sri Lanka, dan Thailand. (bpptik/hdn)

Peserta Sidang ke-13 Governing Council of APCICT di Gedung UN-ESCAP, Bangkok, Thailand, Jumat (31/8/2018). (unapcict).

Survei

Apakah informasi pada konten ini sesuai dengan tujuan website BPPTIK?
Sangat Tidak SesuaiTidak SesuaiSesuaiSangat Sesuai
(1 orang telah menilai. Nilai rata-rata: 4,00, dari nilai maksimal 4)
Loading...
 

Tags: , , ,