Oleh: Dyah Puspito Dewi Widowati, MKom.
Instruktur Pertama di BPPTIK Kementerian Kominfo

BPPTIK – Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) kembali mempublikasikan peringkat EGDI (E-Government Development Index) berdasarkan survei tahun 2018.

Pada tahun ini Indonesia mendapat peringkat ke-107 EGDI, naik 9 peringkat dibandingkan tahun 2016 yang menduduki peringkat ke 116. Indonesia menempati peringkat ke-7 di ASEAN setelah Vietnam, masih sama seperti tahun 2016. Peringkat Indonesia ini masih berada jauh di bawah negara-negara di ASEAN lainnya seperti Singapura (peringkat ke-7 EDGI), Malaysia (peringkat ke-48 EDGI), Brunei Darussalam (peringkat ke-59 EDGI), Thailand (peringkat ke-73 EDGI), Philippines (peringkat ke-75 EDGI), dan Vietnam (peringkat ke-88 EDGI).

Posisi pertama hingga kelima, berturut-turut diraih oleh Denmark, Australia, Republik Korea, United Kingdom, dan Swedia.

Nilai rata-rata EGDI Indonesia juga masih berada di bawah rata-rata di regional Asia Tenggara. Indonesia berada pada angka 0,5258 sedangkan rata-rata EGDI di kawasan Asia Tenggara adalah 0,5555.

Hasil peringkat EGDI ini harus semakin mendorong kita untuk dapat lebih meningkatkan implementasi e-Government di seluruh penjuru negeri. Hal ini tentunya menjadikan suatu tantangan bagi kita untuk dapat lebih meningkatkan kompetensi di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) serta infrastruktur TIK. (bpptik/dpdw/rie/hdn)

Sumber: publicadministration.un.org

Sumber: publicadministration.un.org

Tren Peringkat E-Government Development Index (EGDI) 2003-2018. Klik untuk memperbesar. (Olah Grafik: BPPTIK. Sumber data: publicadministration.un.org)

Tren Skor E-Government Development Index (EGDI) 2003-2018. Klik untuk memperbesar. (Olah Grafik: BPPTIK. Sumber data: publicadministration.un.org)

Referensi:

  • https://publicadministration.un.org/egovkb/en-us/Data/Region-Information/id/17-Asia—South-eastern-Asia
  • https://publicadministration.un.org/egovkb/en-us/Data/Country-Information/id/78

Survei

Apakah informasi pada konten ini sesuai dengan tujuan website BPPTIK?
Sangat Tidak SesuaiTidak SesuaiSesuaiSangat Sesuai
(5 orang telah menilai. Nilai rata-rata: 4,00, dari nilai maksimal 4)
Loading...
 

Tags: ,