BPPTIK – Dalam rangka menyediakan tenaga pengajar Pelatihan Teknis Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (Pustiknas) bekerja sama dengan Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPPTIK) menyelenggarakan Training Of Trainer (ToT) Pelatihan Teknis Bidang TIK Angkatan I tahun 2018.

Pelatihan yang berdurasi 40 JP ini dilaksanakan sejak hari Senin (9/7/2018) hingga Jumat (13/7/2018) di Pustiknas, Ciputat, Tangerang Selatan. Kegiatan ini diikuti oleh 25 peserta yang berasal dari Pustiknas, BPPTIK, dan Badan Litbang SDM.

Pelatihan dibuka oleh Plt Sekretaris Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo, Sunarno. Hadir pula dalam pembukaan Kabag Keuangan Badan Litbang SDM yang sekaligus Koordinator Pustiknas, Dimas Anindityo.

Pada kesempatan tersebut, Plt Sekretaris Badan Litbang SDM menekankan bahwa kegiatan ini ditujukan untuk mencetak trainer handal di bidang TIK yang bisa menguatkan Balitbang SDM Kemkominfo dalam rangka pengembangan SDM TIK khususnya bagi Aparatur Sipil Negara (ASN). Hal tersebut terkait juga dengan Surat Keputusan Kepala LAN Nomor 489/K.1/PDP.10.4. yang menetapkan Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo sebagai Instansi Pengakreditasi Diklat Teknis di Bidang TIK.

Sesi Materi yang disampaikan pada ToT ini adalah Pre Test, Pengenalan Program ToT Pelatihan Teknis Bidang TIK, Konsep dan Kebijakan TIK, Kebijakan Pelatihan Teknis Bidang TIK, Kurikulum Pelatihan Teknis Bidang TIK, Perencanaan Penyajian Materi Pelatihan, Pelatihan Tatap Muka (face to face), serta Uji Kompetensi. Pengajar yang mengampu dalam ToT ini antara lain DR. Nusirwan (BPPTIK), Hendratno, MTI. (BPPTIK), Luhur Pidekso Arif, MEng. (BPPTIK), dan Ir. Ivonne Pongoh, MSi. (Lembaga Administrasi Negara).

Pada akhir pelatihan, peserta harus melalui uji kompetensi berupa ujian teori dengan metode pertanyaan pilihan ganda secara online, dan ujian praktik dengan metode micro teaching. Evaluator yang bertugas pada ujian micro teaching berasal dari BPPTIK dan Lembaga Administrasi Negara (LAN), yaitu Dea Rachman, MSc. (BPPTIK), Luhur Pidekso Arif, MEng. (BPPTIK), Andry Rivan Sumara, MSc. (BPPTIK), Ir. Ivonne Pongoh, MSi. (LAN), Puji Hastuti, MSi. (LAN), dan Supono, MM. (LAN). (bpptik/ars/hdn)

Survei

Apakah informasi pada konten ini sesuai dengan tujuan website BPPTIK?
Sangat Tidak SesuaiTidak SesuaiSesuaiSangat Sesuai
(3 orang telah menilai. Nilai rata-rata: 3,00, dari nilai maksimal 4)
Loading...
 

Tags: ,