Pembukaan Sertifikasi Kompetensi Bidang TIK berbasis Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Gelombang ke-4

BPPTIK – “Kemajuan teknologi dan informasi saat ini tidak bisa lepas dari sisi inovatif. Dan potensi keinovatifan tersebut ada pada diri anak-anak muda”. Demikian kutipan materi pembekalan yang disampaikan oleh Kepala Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo, Basuki Yusuf Iskandar, dalam acara pembukaan Sertifikasi Kompetensi Bidang TIK berbasis Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Gelombang ke-4 di Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPPTIK) Kominfo, Senin (7/5/2018).

Basuki Yusuf Iskandar menambahkan, saat ini era globalisasi sangat pesat dalam bidang TIK, dan efek dari globalisasi tersebut adalah persaingan bebas, khususnya bagi angkatan kerja muda. Oleh sebab itu, para pekerja khususnya angkatan kerja muda harus mempersiapkan diri mereka dari segi kompetensi.

Selain dihadiri oleh Kepala Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo, acara pembukaan sertifikasi kompetensi Bidang TIK berbasis SKKNI ini dihadiri pula oleh Kepala BPPTIK, Nusirwan; serta para asesor dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Komputer.

Acara sertifikasi kompetensi bidang TIK berbasis SKKNI gelombang ke-4 ini diikuti oleh 170 peserta yang terbagi dalam beberapa skema sertifikasi yakni, Desainer Grafis Muda, Junior Office Operator, Pengembang Web Pratama, dan Teknisi Utama Jaringan Komputer. Acara ini diselenggarakan dari tanggal 7-9 Mei 2018 di BPPTIK Kominfo.

Berdasarkan perencanaan BPPTIK tahun anggaran 2018, kegiatan sertifikasi gelombang ke-4 ini merupakan kegiatan sertifikasi kompetensi yang terakhir. Seluruh pembiayaan dari kegiatan berasal dari APBN 2018, dan seluruh peserta tidak dikenakan biaya apapun. (bpptik/ars/lpa/hdn)

Survei

Apakah informasi pada konten ini sesuai dengan tujuan website BPPTIK?
Sangat Tidak SesuaiTidak SesuaiSesuaiSangat Sesuai
(1 orang telah menilai. Nilai rata-rata: 4,00, dari nilai maksimal 4)
Loading...
 

Tags: