BPPTIK – Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPPTIK) Kementerian Kominfo mengikuti kegiatan Pelatihan Lanjutan Analisis Big Data pada tanggal 13 – 16 Maret dan 20 – 23 Maret 2018 di Pusat TIK Nasional (Pustiknas) Kementerian Kominfo, Ciputat, Tangerang Selatan.

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Sekretariat Badan Litbang SDM Kominfo. Kegiatan ini merupakan lanjutan dari Pelatihan Dasar Analisis Big Data yang dilaksanakan di Gedung Kominfo pada bulan Februari 2018.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kepala Puslitbang Aptika-IKP, Wiryanta. Peserta terdiri dari ASN Kementerian Kominfo yang berasal dari beberapa satuan kerja di Badan Litbang SDM Kominfo dan di Ditjen IKP. Peserta dari BPPTIK yaitu Hendratno dan Hary Yudhanto. Instruktur pelatihan kegiatan ini berasal dari PHI Integration, Felis Thia.

Materi yang diberikan antara lain tentang Big Data, Data Preparation, Data Classification, Data Cleaning, dan Machine Learning. Sedangkan tools yang digunakan antara lain Microsoft SQL Server, Azure Machine Learning, Pentaho, Programming Language R, Hadoop, serta Microsoft Power BI.

Dalam pelatihan ini peserta juga banyak diberi latihan untuk menggunakan sample data, mempersiapkan data, dan memproses data sehingga data tersebut dapat dianalisis. Salah satu latihan yang sangat menarik minat peserta adalah menganalisis sentimen pada Twitter dengan menggunakan Azure Stream Analytics.

Pelatihan ditutup pada hari Jumat 23 Maret 2018, oleh Kabid Aplikasi Informatika Pustlibang Aptika-IKP, Haryati. (bpptik/rie/hdn)

Survei

Apakah informasi pada konten ini sesuai dengan tujuan website BPPTIK?
Sangat Tidak SesuaiTidak SesuaiSesuaiSangat Sesuai
(3 orang telah menilai. Nilai rata-rata: 4,00, dari nilai maksimal 4)
Loading...