BPPTIK – Untuk merealisasikan rencana pembentukan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi  (TIK), Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPPTIK) menyelenggarakan Workshop Penyusunan Action Plan Pembentukan LSP BPPTIK pada hari Jum’at (22/12/2017) di Millenium Hotel, Jakarta. Kegiatan ini diikuti oleh 25 orang peserta dari BPPTIK Kominfo, Pusat Penelitian dan Pengembangan SDM Informatika Badan Litbang SDM Kominfo, serta Pusat Literasi Profesi Aplikasi Informatika dan Informasi Komunikasi Publik Badan Litbang SDM Kominfo.

Kegiatan ini mengundang Ketua Komisi Sertifikasi LSP Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Bekasi, Kementerian Ketenagakerjaan, M Muzaini, selaku narasumber. Dalam kesempatan tersebut, Muzaini menyampaikan apresiasi terhadap langkah BPPTIK dalam rencana pembentukan LSP Bidang TIK.

Dalam paparannya, Muzaini mengungkapkan bahwa LSP bidang TIK harus terus dikembangkan karena masih banyak tenaga kerja Indonesia yang belum tersertifikasi. Dengan mengemukakan data jumlah angkatan kerja sekitar 110 s.d 118 juta orang, angkatan kerja yang tersertifikasi baru berjumlah 2,3 juta orang; idealnya 15%  atau sekitar 16,5 juta orang yang harus tersertifikasi.

Muzaini juga menyampaikan bahwa salah satu strategi  dalam membentuk sebuah LSP adalah membuat tim kerja yang menyusun masing-masing dokumen persyaratan; mengingat banyaknya dokumen yang dibutuhkan sebagaimana telah diatur dalam Pedoman Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) selaku pemberi lisensi sertifikasi profesi. Muzaini mengelompokkan dokumen persyaratan pendirian LSP tersebut menjadi 5S yaitu, Sistem Manajemen Mutu (SMM), Sumber Daya Manusia (SDM), Skema, Standar, Sarana dan Perangkat.

Selanjutnya, Kepala BPPTIK, Nusirwan, memberikan arahan terkait dengan tim pembentukan LSP BPPTIK, perencanaan, jadwal Action Plan, serta penyusunan dokumen terkait sebagai output, dengan target terbentuknya LSP BPPTIK pada tahun 2018.  (bpptik/fm/rie/hdn)

Survei

Apakah informasi pada konten ini sesuai dengan tujuan website BPPTIK?
Sangat Tidak SesuaiTidak SesuaiSesuaiSangat Sesuai
(2 orang telah menilai. Nilai rata-rata: 4,00, dari nilai maksimal 4)
Loading...