BPPTIK – Dalam rangka proses pembentukan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP), Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPPTIK) melaksanakan Pelatihan Penyusunan Skema Sertifikasi Bidang TIK pada hari Senin (18/12/2017) hingga Kamis (21/12/2017) di Millenium Hotel, Jakarta. Pelatihan dibuka secara resmi oleh Kepala BPPTIK, Nusirwan.

Pelatihan yang diikuti oleh 11 orang peserta ini menghadirkan pengajar dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), Hendra Pribadi dan Mulyanto. Para peserta berasal dari BPPTIK Kominfo, Pusat Penelitian dan Pengembangan SDM Informatika Badan Litbang SDM Kominfo, dan Pusat Literasi Profesi Aplikasi Informatika dan Informasi Komunikasi Publik Badan Litbang SDM Kominfo.

Materi yang diberikan pada pelatihan ini meliputi Gambaran Umum Memetakan Dan Mengembangkan Skema Sertifikasi Kompetensi Profesi, Mengintepretasi Persyaratan Pemetaan Skema Sertifikasi, Identifikasi Peta Standarisasi Kompetensi, Menyusun Jastifikasi Skema Sertifikasi Kualifikasi Dan Okupasi, Skema Sertifikasi Kerangka Kualifikasi Dan Okupasi, Menyusun Paket Dan Persyaratan Skema Sertifikasi Kerangka Kulifikasi Dan Okupasi, Menyusun Paket Dan Persyaratan Skema Sertifikasi Kerangka Kulifikasi Dan Okupasi, serta Verifikasi Rancangan Skema Sertifikasi.

Dari pelaksanaan kegiatan ini, BPPTIK telah menyiapkan 13 dokumen draft skema sertifikasi bidang TIK yang mengacu kepada peta okupasi nasional di bidang TIK. Kemudian dari ke-13 skema tersebut rencananya akan dipilih beberapa skema yang akan diajukan ke BNSP untuk memenuhi salah satu syarat pendirian LSP sesuai pedoman dari BNSP. (bpptik/fm/rie/hdn)

Survei

Apakah informasi pada konten ini sesuai dengan tujuan website BPPTIK?
Sangat Tidak SesuaiTidak SesuaiSesuaiSangat Sesuai
(7 orang telah menilai. Nilai rata-rata: 3,57, dari nilai maksimal 4)
Loading...