Sosialisasi BPPTIK Pada Diskusi Pengembangan SDM Bidang TIK di Batam

BPPTIK – Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika (BBPPKI) Medan menyelenggarakan evaluasi sertifikasi SKKNI tahun 2017 dan diskusi pengembangan sumber daya manusia bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada hari Kamis (16/11/2017) di ruang pertemuan Hotel Nagoya Batam.

Pada diskusi dengan topik pengembangan sumber daya manusia (SDM) bidang TIK, kepala Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPPTIK), Nusirwan, menjelaskan bahwa kemampuan dalam bidang TIK bagi angkatan kerja muda dan Aparatur Sipil Negara (ASN) terdapat kesenjangan. Khususnya kesenjangan angkatan kerja muda dan ASN di wilayah kota dan daerah. Oleh sebab itu, diperlukan peningkatan kemampuan dan keterampilan bagi mereka. Tujuan besar dari peningkatan keterampilan bidang TIK adalah perwujudan dan peningkatan sistem e-Government Indonesia.

Khusus bagi ASN yang berada di daerah, untuk peningkatan keterampilan bidang TIK, dapat bekerja sama dengan BPPTIK dengan beragam skema. Skema yang dimaksud adalah skema PNBP atau skema yang lainnya.

Sebagai informasi, BPPTIK yang berada di bawah naungan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia telah terakreditasi oleh Lembaga Administrasi Negara (LAN). Dalam hal ini, salah satu tugas BPPTIK adalah memberikan pelatihan teknis bidang TIK bagi ASN serta mengakreditasi lembaga pelatihan teknis bidang TIK.

Acara dibuka oleh kepala BBPPKI Medan dan dihadiri Kepala BPPTIK, Kepala Pusbang Literasi Komunikasi, Direktur Umum BP3TI, dan Direktur Eksekutif BKSP Kepulauan Riau, serta berbagai perwakilan Dinas Kominfo, perwakilan BPSDM provinsi di wilayah kerja BBPPKI Medan.

Acara ini ditutup dengan sesi diskusi antara peserta dengan nara sumber. Mayoritas peserta mengapresiasi acara ini dan memberikan masukan serta harapannya terhadap Kementerian Kominfo untuk pengembangan SDM di bidang TIK, khususnya SDM TIK di daerah. (bpptik/ars/lpa/hdn)

Survei

Apakah informasi pada konten ini sesuai dengan tujuan website BPPTIK?
Sangat Tidak SesuaiTidak SesuaiSesuaiSangat Sesuai
(3 orang telah menilai. Nilai rata-rata: 2,67, dari nilai maksimal 4)
Loading...